Depresi adalah suatu kondisi mental yang dapat terjadi pada siapa saja. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit mental ini, tak terkecuali public figure atau artis yang dikenal masyarakat luas.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengungkapkan peningkatan angka depresi sebesar 18% di tahun 2017.  Bahkan, WHO memprediksi depresi dapat menjadi penyakit yang paling mematikan nomor dua di dunia pada 2020.

Beberapa deretan selebriti dekat dengan depresi, bahkan diantaranya ada yang memilih untuk mengakhiri hidupnya. Sebut saja Robin Williams, Audrey Hepburn, dan beberapa lainnya. Walaupun begitu, ada sederet artis yang berhasil untuk melawan dan bertahan dengan kondisi yang dialaminya. Siapa saja?

Kirsten Dunst

Aktris 39 tahun ini mengungkapkan bahwa ketika dia berusia 20-an, dia memasuki pusat rehabilitasi untuk membantu mengatasi depresi. Dunst mengatakan dia berjuang dengan kondisi itu selama bertahun-tahun dan menyadari bahwa dia menyimpan banyak kemarahan. “Percayalah bahwa pengobatan adalah hal yang hebat dan benar-benar dapat membantumu keluar dari sesuatu yang mengganggumu,” katanya. “Awalnya aku takut untuk mengambil Tindakan pengobatan ini, jadi aku larut dalam depresi terlalu lama. Sebaiknya segera cari bantuan saat kamu membutuhkannya.”

Dwayne Johnson

Dwayne menjadi salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood, tetapi “The Rock” baru-baru ini membuka tentang depresi yang dialaminya  kepada Express, sebuah surat kabar Inggris. “Perjuangan melawan depresi dan rasa sakit itu nyata,” kata Johnson, yang menyelamatkan ibunya dari upaya bunuh diri ketika dia berusia 15 tahun. “Depresi tidak pernah membeda-bedakan,” tweetnya kemudian. “Butuh waktu lama bagiku untuk menyadarinya, tetapi kuncinya adalah jangan takut untuk membuka diri. Terutama para pria, yang memiliki kecenderungan untuk menyimpannya karena malu. Kamu ngga sendirian.”

Katty Perry

Bintang pop itu berbagi perjuangannya melawan depresi selama streaming langsung 96 jam di YouTube. Dalam sesi emosional dengan Siri Sat Nam Singh, pembawa acara The Therapist dari saluran Viceland, Perry mengatakan dia terbuka karena dia ingin para penggemarnya melihat dirinya yang sebenarnya. “Jika orang dapat melihat bahwa aku sama seperti mereka, mereka juga dapat bermimpi sama besarnya seperti aku.”

Gwyneth Paltrow

Aktris pemenang Academy Award ini mengungkapkan depresi pascapersalinan yang dialaminya selama 5 bulan setelah kelahiran anak keduanya, Moses. “Aku merasa seperti zombie,” katanya kepada Good Housekeeping pada tahun 2011. “Aku tidak dapat mengontrol hati dan emosiku. Aku juga tidak bisa terhubung.” Paltrow juga berjuang dengan depresi klinis yang dialaminya, setelah ayahnya meninggal pada tahun 2002.

Lady Gaga

Bintang pop dengan hitsnya “Paparazzi” dan “Poker Face,” ini mengatakan dia berurusan dengan depresi dan kecemasan sepanjang hidupnya. Gaga tidak malu mengakui bahwa dia minum obat untuk depresi. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Billboard, dia berkata dia pikir penting bagi orang untuk berbicara tentang kesehatan mental mereka. Gaga meyakini, “Jika kita mau berbagi cerita dan tetap bersatu, kita bisa lebih kuat.”

J.K Rowling

Siapa yang tak kenal Rowling. Novelnya Harry Potter sangat dikenal dan membawa kebahagiaan bagi banyak orang, namun siapa sangka Rowling mengakui bahwa ia merasa putus asa saat menuliskan novelnya. Suasana hatinya yang gelap bahkan menjadikan inspirasi untuk menciptakan tokoh makhluk penghisap nyawa yang dikenal sebagai Dementor dalam novelnya. “Sangat sulit untuk menggambarkan depresi kepada seseorang yang belum pernah mengalaminya, karena ini bukan kesedihan, namun adalah dinginnya perasaan”, ungkapnya kepada Oprah Winfrey di tahun 2010

Baca Juga :

Cara Menolong Seseorang Yang Depresi (Bagian II)

Cara Menolong Seseorang Yang Depresi (Bagian I)

6 Tanda Orang Sedang Depresi dan Bagaimana Cara Menanggapinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah