Menjadi posesif dapat merusak hubungan romantis. Jika Anda berpikir Anda mencekik pasangan Anda, inilah saatnya untuk belajar bagaimana berhenti bersikap posesif sebelum terlambat. Merasa cemburu dapat disebabkan oleh banyak faktor – trauma masa lalu, rasa tidak aman, dan terluka dalam hubungan romantis. Bisa juga karena trauma masa kecil atau pengabaian orang tua. Tapi bersikap posesif hanya akan menyakiti hubungan Anda dan pasangan. Perilaku cemburu, terus-menerus memeriksa keberadaan mereka, pertanyaan tanpa akhir, dan meragukan kesetiaan mereka dapat melemahkan hubungan. Itu menghabiskan kepercayaan, rasa hormat, dan cinta. Baca terus untuk mengetahui cara berhenti bersikap posesif dan menyelamatkan hubungan Anda. 

1. Berhenti Membuat Masalah Besar Tentang Masa Lalu

Mungkin Anda pernah ditipu atau dibohongi sebelumnya – tetapi ini adalah hubungan baru. Jangan pernah biarkan masa lalu merusak apa yang kamu miliki sekarang. Pasangan Anda bukan orang yang sama dengan mantan Anda, dan Anda berdua layak mendapatkan awal yang baru. Percayalah pada kami, Anda akan merasa jauh lebih baik jika Anda melepaskan masa lalu. Anda benar-benar tidak dapat mengubah apa pun yang telah terjadi, jadi lepaskan luka masa lalu apa pun yang Anda pegang dan fokus pada hubungan indah yang Anda jalani sekarang.

2. Jalani Hidupmu Sendiri

Jika Anda memiliki hobi Anda sendiri, pekerjaan Anda sendiri, dan kehidupan sosial Anda sendiri, Anda akan menjadi orang yang jauh lebih menarik bagi pacar Anda. Tentu saja penting untuk menghabiskan waktu bersama, tetapi juga merupakan hal yang baik untuk menghabiskan waktu terpisah dan memiliki hal-hal berbeda untuk dibicarakan dan dibagikan ketika Anda bersama.

3. Jangan Berlebihan

Semakin Anda terobsesi bahwa pasangan Anda tidak jujur ​​​​dengan Anda atau tidak mencintai Anda, semakin Anda akan menakut-nakuti mereka. Tidak ada yang ingin terikat dengan orang yang membutuhkan, jadi jangan memaksakan semua kekhawatiran dan ketakutan yang berasal dari masalah Anda sendiri pada pasangan Anda. Percayalah bahwa mereka mencintaimu karena mereka memilih untuk menjalin hubungan denganmu. Jika Anda membuat pasangan Anda merasa seperti mereka telah melakukan sesuatu yang jahat bahkan ketika mereka tidak melakukannya, mereka mungkin mulai bertanya-tanya apakah hubungan itu sepadan.

4. Jangan Biarkan Kecemburuanmu Memakanmu Hidup-hidup

Kecemburuan tidak hanya membunuh suatu hubungan tetapi juga membuat Anda merasa benci dan pahit dalam kehidupan sehari-hari Anda. Monster bermata hijau dalam diri Anda akan membuat Anda merasa tidak berharga dan menjatuhkan Anda. Ubah sikap negatif itu menjadi perasaan positif dengan mengakui bahwa pasangan Anda memilih untuk bersama Anda karena Anda sendiri adalah orang yang baik. Anda tidak perlu cemburu pada orang lain yang mungkin pasangan Anda akan menghabiskan waktu dengan. Ketahui harga diri Anda sendiri dan percaya bahwa orang penting Anda beruntung bisa bersama Anda.

5. Temukan Cara untuk Menenangkan Kecemasan Anda

Ada banyak cara untuk menenangkan kecemasan Anda. Berlatih perhatian dan latihan pernapasan. Hal-hal ini memungkinkan kita untuk duduk dengan nyaman dengan perasaan dan pikiran kita tanpa membiarkan mereka mengendalikan perilaku kita atau dikuasai oleh mereka.

6. Mengenal Teman Satu Sama Lain

Cara yang bagus untuk berhenti merasa cemburu yang tidak perlu adalah dengan mengenal teman dan lingkaran sosial satu sama lain. Jika Anda mengetahui dengan siapa pasangan Anda menghabiskan waktu, Anda akan tahu pasti bahwa tidak ada alasan untuk khawatir. Bahkan, Anda mungkin menyukai teman mereka dan ingin bergaul dengan mereka juga!

7. Coba Cari Akar Masalah

Mengapa Anda merasa sangat posesif dalam hubungan Anda? Apakah itu karena pengalaman dari hubungan masa lalu atau sesuatu yang mungkin terjadi di masa kecil Anda, Anda perlu mencari tahu apa yang membuat Anda merasa dan bertindak dengan cara yang memalukan ini. Ini pasti akan membantu Anda mengatasi masalah ketidakamanan Anda dan menaklukkannya, yang, pada gilirannya, akan membuat Anda merasa lebih percaya diri dan membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik di masa depan.

8. Jangan Mencoba Mengganti Pasangan Anda

Anda tahu apa yang Anda hadapi dan siapa pasangan Anda sebelum Anda memutuskan untuk terlibat dalam hubungan itu. Jadi, mengapa Anda merasa perlu untuk mengubahnya sekarang? Meyakinkan diri sendiri bahwa pasangan Anda perlu berubah bisa menjadi jawaban yang mudah dan tidak adil untuk masalah yang mungkin Anda alami dalam hubungan ini.

9. Percayai Pasangan Anda Dan Diri Anda Sendiri

Kepercayaan adalah kunci untuk hubungan yang sehat, aman, bahagia, dan sukses (1). Tetapi orang sering merasa sangat tidak aman tentang pasangan mereka karena mereka memproyeksikan masalah mereka sendiri kepada mereka. Ketika Anda mulai merasa cemburu dan tidak aman, Anda perlu melakukan refleksi diri untuk mencari tahu apakah masalahnya benar-benar sesuatu yang mereka lakukan atau apakah masalahnya adalah Anda.

10. Jangan Paranoid

Ada banyak orang yang menjadi sangat paranoid ketika mereka tidak menyadari apa yang dilakukan pasangannya setiap saat. Mereka mungkin khawatir bahwa orang penting mereka menggoda orang lain saat bekerja, atau mereka bergaul dengan orang yang salah. Paranoia semacam ini bisa sangat berbahaya. Itu tidak hanya membuat Anda meragukan pasangan Anda, tetapi juga memengaruhi ketenangan pikiran dan kesejahteraan Anda. Sebaliknya, biarkan saja pasangan Anda. Belajarlah untuk percaya bahwa mereka akan menghargai Anda di atas orang lain.

11. Jangan Memata-matai Pasangan Anda

Akui saja — setiap orang telah melakukannya setidaknya sekali! Menelusuri email dari akun yang dibiarkan terbuka, mengintip riwayat browser, menggulir pesan teks… Ini mungkin tampak tidak berbahaya dan normal bagi Anda, tetapi itu menciptakan keretakan dalam hubungan Anda. Anda mungkin berpikir ada sesuatu untuk ditemukan, dan pikiran itu melukai kepercayaan yang Anda berdua miliki – atau, lebih tepatnya, seharusnya. Juga, itu akan menjadi sangat canggung jika mereka memergoki Anda melakukannya! Belajarlah untuk menyibukkan diri dengan pikiran dan tindakan yang sehat.

12. Terbuka Tentang Masalah Anda

Beri tahu pacar Anda bagaimana perasaan Anda tanpa menjadikannya permainan menyalahkan. Beri tahu mereka tentang masalah Anda dari hubungan masa lalu yang membuat Anda sulit untuk mempercayai orang lain. Bicaralah dengan mereka tentang bagaimana perasaan Anda ketika mereka bertindak dengan cara tertentu. Pastikan Anda menyajikan hal-hal bukan sebagai pertarungan, tetapi sebagai dialog terbuka. Jika Anda jujur ​​dan terbuka tentang hal-hal yang membuat Anda khawatir, pasangan Anda akan lebih mungkin untuk mendengar dari sisi Anda. Jika Anda berdua berada di halaman yang sama, itu pasti akan membantu Anda berhenti menjadi posesif yang gila-gilaan. Setelah semuanya terbuka, Anda berdua dapat mulai mengatasinya —bersama-sama sebagai sebuah tim!

Baca Juga :

Kamu Terlalu Posesif? Berikut Cara Memerangi Kecemburuan dalam Hubungan Asmara

Supaya Hubungan Langgeng, Stop Over Posesif Pada Pasangan !!!

Ciri-ciri Pria Yang Control Freak dan Posesif, Jika Dia Seperti Ini Lebih Baik Segera Akhiri Hubungan Kalian!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Hadiah Yang Sempurna Untuk Teman Foodie Anda

Kita semua memiliki satu teman yang selalu lapar