Setiap hubungan beracun memiliki bendera merah besar yang menyala – tanda-tanda pasangan Anda mengendalikan Anda. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan sederhana. Apakah pasangan Anda terlalu posesif? Apakah mereka terus-menerus memeriksa dengan siapa Anda berbicara dan bergaul? Apakah mereka meremehkan Anda hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan? Ini adalah tanda bahaya besar yang tidak boleh Anda abaikan. Jika Anda tetap berada dalam hubungan yang beracun, itu bahkan bisa menjadi kekerasan. Jika Anda masih tidak yakin bahwa pasangan Anda mengendalikan, teruslah membaca. Kami menjelaskan berbagai tanda hubungan beracun yang harus diwaspadai dan bagaimana Anda dapat menyelamatkan diri darinya.

Apa Itu Hubungan Mengontrol?

Hubungan di mana salah satu pasangan memegang kendali secara konstan dan agresif disebut hubungan pengendalian. Mitra pengendali cenderung selalu mencari kesalahan dengan pasangannya. Mitra yang mengendalikan rasa bersalah membuat mitra lain mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka mungkin mengabaikan pendapat atau perasaan pasangan lain secara konsisten. Hubungan sering kali terasa menguras tenaga.

Usia, jenis kelamin, dan orientasi seksual tidak berperan dalam menentukan siapa pasangan pengendali. Mitra pengendali dapat menjadi kasar ketika mitra lain tidak mendengarkan mereka. Ini jelas hubungan yang beracun.

Mitra pengendali memanipulasi emosi mitra lainnya. Mereka melakukan ini dengan mulus, sering menggunakan rasa bersalah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka juga mungkin mengejek pasangan lain ketika yang terakhir tidak setuju dengan mereka.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda mungkin berada dalam hubungan yang mengendalikan.

Tanda-tanda Hubungan Mengontrol

1. Mereka Membuat Anda Terisolasi

Salah satu tanda paling menonjol dari pasangan yang mengendalikan adalah bahwa mereka berusaha menjaga Anda untuk diri mereka sendiri. Mereka akan membuat Anda terisolasi dari keluarga dan teman-teman Anda. Meskipun ini mungkin tidak dilakukan dengan benar, ada beberapa petunjuk halus. Jika pasangan Anda terus mengeluh ketika Anda berbicara dengan teman atau keluarga Anda, itu bisa menjadi tanda bahaya. Tanda lainnya adalah jika mereka secara terang-terangan meminta Anda untuk berhenti berbicara dengan teman dekat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketergantungan Anda pada mereka dan mengisolasi Anda dari teman dan keluarga Anda.

2. Mereka Terus Mengawasi Anda

Jika pasangan Anda sangat khusus tentang ke mana Anda pergi dan kapan Anda kembali, itu adalah tanda bahwa mereka mengendalikan. Mereka mengawasi kapan Anda pergi keluar dan berapa lama Anda menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga Anda. Mereka menegur Anda karena menghabiskan waktu berkualitas dengan orang lain. Rasanya seperti Anda memiliki jam malam yang harus Anda patuhi.

3. Mereka Menyimpan Rekam Jejak

Mitra pengendali melacak semua kesalahan Anda. Mereka menegur Anda terus-menerus untuk mereka. Tetapi di sisi lain, mereka memuji diri mereka sendiri untuk semua hal yang mereka lakukan untuk Anda. Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan saling mendorong dan memaafkan dan tidak menganggap serius pertengkaran kecil.

4. Mereka Melanggar Batas Anda

Mitra pengendali cenderung mengawasi Anda sampai-sampai memata-matai aktivitas sehari-hari Anda. Mereka tidak melihat kesalahan dalam memeriksa ponsel Anda tanpa izin atau meretas akun email Anda. Mereka mungkin mengintai barang-barang Anda dan bahkan mengikuti Anda saat Anda keluar. Mereka akan membuat Anda percaya bahwa Anda harus berbagi segalanya dengan mereka sejak awal.

5. Mereka Mengabaikan Pendapat Anda

Tanda lain dari pasangan yang mengendalikan adalah mereka membuat Anda percaya bahwa pendapat Anda tidak diperhitungkan. Mereka meremehkan dan bahkan bercanda tentang pendapat Anda. Ini terutama benar ketika pendapat Anda tidak sejalan dengan pendapat mereka.

6. Mereka Mengkritik Semua yang Anda Lakukan

Jika pasangan Anda terus-menerus mengkritik Anda atas semua yang Anda lakukan, itu adalah tanda pasangan yang mengendalikan. Mereka mungkin menganggapnya sebagai kritik yang valid, tetapi masuk akal jika mereka menemukan kesalahan dengan semua yang Anda lakukan, itu masalah.

7. Pelecehan Verbal

Kebanyakan orang menganggap ancaman fisik sebagai tanda bahaya, tetapi pelecehan verbal sama buruknya. Jika pasangan Anda terus-menerus mengancam untuk meninggalkan Anda atau menyakiti diri sendiri untuk mendapatkan keinginannya sendiri, itu pertanda buruk. Pelecehan verbal dapat menguras mental dan emosional. Tanda lainnya adalah pasangan Anda terus-menerus menggunakan bahasa kotor yang ditujukan kepada Anda.

8. Penerimaan Secara Bersyarat

Jika pasangan Anda hanya menghargai Anda ketika Anda melakukan sesuatu untuk mereka, itu adalah tanda bahaya. Cinta harus diberikan secara cuma-cuma, tanpa pamrih. Jika pasangan Anda terus-menerus mengirimi Anda pesan yang perlu Anda ubah untuk memenangkan hati mereka, itu salah.

9. Mereka Mengirim Anda Dalam Perjalanan Rasa Bersalah Secara Reguler

Jika pasangan Anda membuat Anda merasa seperti Anda memperlakukan mereka dengan buruk, itu adalah tanda hubungan yang mengendalikan. Mereka melacak aktivitas harian Anda dan menggunakannya untuk membuat Anda merasa bersalah. Ini adalah cara untuk membungkam Anda saat mendapatkan apa yang mereka inginkan.

10. Mereka Cemburu Dan Paranoid

Jika pasangan Anda iri dengan semua orang yang bergaul dengan Anda, itu adalah masalah. Jika mereka berpikir bahwa setiap interaksi Anda dengan orang lain adalah promiscuous, itu adalah tanda bahaya besar. Mereka mungkin juga pergi cukup jauh untuk mengikuti Anda, menyerah pada paranoia mereka.

11. Mereka Mengabaikan Kebutuhan Anda Akan Ruang Pribadi

Setiap kali Anda mencoba meluangkan waktu untuk diri sendiri, pasangan Anda bertindak seperti itu adalah masalah. Melucuti Anda dari waktu saya adalah cara manipulatif untuk menguras Anda dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ini juga dapat dilihat sebagai metode untuk meningkatkan ketergantungan Anda pada mereka, sehingga Anda cenderung tidak pergi.

12. Pertemuan Seksual yang Dipaksa

Jika pasangan Anda menuntut seks dari Anda, bahkan ketika Anda tidak merasa sanggup melakukannya, itu adalah tanda bahaya besar. Ini juga dapat dilihat sebagai pertemuan seksual yang tidak nyaman. Jika Anda merasa kesal setelah sebagian besar interaksi seksual Anda, bisa jadi karena pasangan Anda mengendalikan bahkan aktivitas di kamar tidur.

13. Ketidakamanan Profesional

Jika pasangan Anda merasa tidak aman tentang karier Anda yang sukses, itu pertanda buruk. Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan saling membangun secara profesional. Dalam hubungan pengendalian sepihak, pasangan bahkan mungkin mencoba membuat Anda berhenti dari pekerjaan Anda untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

Untuk membuat segalanya lebih jelas, berikut adalah kuesioner yang dapat Anda jawab ya atau tidak. Ini akan membantu Anda menentukan apakah pasangan Anda mengendalikan.

Baca Juga :

Awas, 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Pasangan Kamu Toxic

7 Cara Mengontrol Kecanduan Makanan Saat Diet

7 Tanda Ini Menunjukkan Kamu dan Pasangan Memiliki Kepercayaan yang Kuat Satu Sama Lain

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Hadiah Yang Sempurna Untuk Teman Foodie Anda

Kita semua memiliki satu teman yang selalu lapar