Hampir semua wanita memiliki produk perawatan kulit. Entah itu produk pembersih wajah, produk pelembab, vitamin, masker, dan lain-lain.

Terkadang muncul godaan untuk mencoba merek produk perawatan kulit baru, ketika kita melihat iklan yang begitu menarik di televisi atau di sosial media. Padahal, tanpa kita ketahui, banyak hal-hal yang salah di dalam iklan tersebut.

Contohnya adalah beberapa produk di bawah ini:

  1. Clay mask

Di dalam iklan atau bahkan di dalam beberapa buku manual produk clay mask, mengatakan bahwa masker harus dipakai sampai akhir, sampai benar-benar kering, dan bahkan sampai permukaannya mulai retak. Tapi, hal ini adalah SALAH.

Membiarkan clay mask sampai benar-benar kering bahkan retak, dapat membahayakan kulit kamu. 

Clay mask memang akan menyerap kelebihan lemak dan menghilangkan kotoran, tetapi jika kamu membiarkannya terlalu lama, itu akan menyerap kelembaban dari kulit dan membuat kulit menjadi sangat kering. Selain itu, clay mask yang mengering juga dapat menarik kulit kamu, sehingga akan menyebabkan munculnya kerutan baru. 

Nah, cara memakai clay mask yang benar adalah mengoleskannya selama 10 menit, tutup, dan lepaskan sebelum mengering.

  1. Sheet mask

Alasan utama mengapa sheet mask menjadi produk skincare yang sangat efektif adalah karena mereka menempel pada kulit dengan sangat erat. Caranya pun sangat praktis, karena kamu hanya perlu membiarkan sheet mask menempel di wajah untuk untuk menghilangkan kerutan dan melembapkan kulit. 

Namun, terdapat kesalahan umum yang kerap dilakukan orang dalam memakai sheet mask. Kesalahan itu adalah memakai sheet mask tanpa membersihkan kulit terlebih dahulu. 

Coba kamu perhatian, di dalam iklan, kamu bisa melihat bahwa model iklan memakai sheet mask saat wajah mereka masih memakai make up. Tentu saja make up memang kebutuhan produksi dalam pengambilan gambar, agar model terlihat sempurna di layar. Tapi, di kehidupan nyata, tentu saja cara ini salah.

Jika kamu tidak mencuci muka sebelum memakai sheet mask, maka bahan aktif dalam masker tidak akan masuk ke dalam kulit. 

Dan ingat, kamu harus membaca aturan pakai sheet mask dengan seksama! Karena, terdapat beberapa produk sheet mask yang tidak boleh dipakai setiap hari. Ada juga beberapa produk yang tidak boleh digunakan lebih dari 20 menit. 

  1. Cleansing 

Scrub dengan partikel agresif nyatanya justru lebih merusak kulit daripada menghilangkan sel kulit mati. Jika kamu ingin menghilangkan sel-sel kulit mati, lebih baik menggunakan produk yang mengandung asam. 

Kesalahpahaman yang marak terjadi adalah kulit berminyak sangat membutuhkan penggunaan scrub. Padahal, semakin sering kamu menggunakan scrub, kulit justru  akan semakin berminyak. Jadi jangan gunakan scrub lebih dari 2 – 3 kali seminggu.

Jika kamu menggunakan produk yang mengandung asam, selalu gunakan sun screen sebelum pergi ke luar rumah. Tidak peduli apakah cuaca sedang mendung atau panas, kamu tetap harus melindungi diri dari sinar UV. Sun screen akan membantu kamu menghindari pigmentasi dan penuaan dini. 

Baca Juga :

Himbauan WHO Tentang Kewajiban Penggunaan Masker di Tengah Pandemi COVID-19

5 Hair Mask yang Bisa Kamu Buat Dari Bahan-bahan di Dapur

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sebenarnya Perlu Mandi Berapa Kali Sih Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan