Jika Anda ingin mengetahui cara mengecilkan pakaian, maka halaman ini tepat untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa kiat luar biasa yang akan membantumu mengecilkan pakaian dengan berbagai cara. Meskipun mengecilkan pakaian baru mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita, kadang-kadang, hal itu menjadi penting karena kita sering terjebak dengan atasan atau kemeja yang kelimannya memanjang atau terlalu besar. Dalam kasus seperti itu, menjelaskan apa yang Anda inginkan kepada penjahit menjadi lebih rumit. Tapi jangan khawatir, yang perlu Anda lakukan hanyalah scroll ke bawah dan memeriksanya. 

1. Cara Menyusut Pakaian Dengan Air Mendidih

  • Didihkan air dalam panci besar.
  • Masukkan pakaian yang ingin Anda susutkan, dan matikan api. Gunakan sendok kayu untuk memastikan pakaian terendam seluruhnya.
  • Biarkan pakaian selama sekitar 5-7 menit, tergantung bahannya.
  • Biarkan dingin sebelum Anda mengeluarkannya dan peras untuk memeriksa seberapa banyak penyusutannya.
  • Masukkan ke dalam pengering atau gantung hingga kering di tali jemuran.

Hal-hal untuk diingat

Kapas – Katun mudah menyusut dan terkadang juga luntur warnanya jika dibandingkan dengan kain lainnya. Jadi, pastikan Anda menyimpannya secara terpisah, terutama jika Anda memiliki pakaian putih di dalamnya.

Poliester – Menyusut poliester relatif rumit karena tidak cepat menyusut seperti kapas. Namun, prosedurnya tetap sama. Anda mungkin harus mengulangi proses ini beberapa kali karena perlu waktu untuk menyusut.

Denim – Denim membutuhkan waktu lebih lama dari kapas untuk menyusut. Jadi, gulung jeans, jaket denim, dll. dan buang ke dalam panci berisi air mendidih. Biarkan pakaian mendidih selama 20-30 menit sebelum Anda mematikan api. Biarkan dingin, peras, lalu gantung hingga kering.

Sutra – Sutra adalah serat protein dan menyusut begitu terkena panas yang lebih tinggi dalam bentuk apa pun, yang berarti butuh waktu lebih sedikit untuk berkontraksi. Masukkan pakaian ke dalam air mendidih, dan segera matikan api. Biarkan dingin sebelum Anda menggantungnya hingga kering.

2. Cara Mengecilkan Pakaian Menggunakan Mesin Cuci Dan Pengering

  • Masukkan pakaian yang ingin Anda susutkan ke dalam mesin cuci.
  • Masukkan ke dalam pengaturan air panas.
  • Atur program untuk siklus terpanjang.
  • Keluarkan dan masukkan ke dalam pengering.
  • Pilih juga pengaturan panas tertinggi untuk pengering.

Hal-hal untuk diingat

Sutra – Kain sutera mudah menyusut dan kehilangan kilau jika terus-menerus terkena panas tinggi. Jadi, selalu gunakan jaring dan nyalakan dengan pengaturan panas sedang saat mencuci. Mereka dapat menyusut dengan cepat, jadi gunakan pengaturan panas yang lembut saat mengeringkan juga. Hindari penggunaan detergen berbahan dasar klorin atau pemutih saat mencuci pakaian sutra karena dapat menghilangkan kilau.

Denim – Denim bisa tahan panas tinggi, jadi Anda bisa menggunakan setelan tertinggi. Lebih baik lagi jika mesin cuci Anda memiliki setelan denim. Anda mungkin harus mengulanginya beberapa kali untuk melihat hasil yang terlihat.

Poliester – Pakaian poliester juga dapat diatur ke suhu tertinggi, tetapi pastikan terlebih dahulu tentang kualitas kainnya karena panas yang tinggi dapat membuat pakaian tersebut terlihat cepat usang.

Kapas – Jika ini adalah pakaian halus yang ingin Anda susutkan, gunakan pengaturan yang lebih rendah terlebih dahulu, lalu ulangi jika diperlukan.

3. Cara Menyusut Pakaian Tanpa Pengering

  • Masukkan pakaian yang ingin Anda susutkan ke dalam mesin cuci.
  • Masukkan ke dalam pengaturan air panas.
  • Atur program untuk siklus terpanjang.
  • Keluarkan, peras, dan gantung hingga kering. Anda tidak membutuhkan pengering untuk menyusutkan pakaian selama Anda mencucinya dengan suhu tinggi.

Hal-hal untuk diingat

Kapas – Hindari meletakkan pakaian katun berwarna di bawah sinar matahari langsung, tetapi gantunglah di tempat yang cukup sinar matahari dan panas. Anda tidak akan memiliki masalah ini untuk orang kulit putih.

Poliester – Poliester adalah yang paling mudah dirawat, dan dicuci juga. Biarkan saja mengering di garis pakaian dan Anda disortir. Ulangi prosedur jika perlu.

Denim – Karena Anda tidak akan menggunakan pengering, jalankan mesin cuci dengan pengaturan panas tertinggi.

Sutra – Sebaiknya hindari mengeringkan pakaian sutra di pengering. Jadi, keluarkan dari mesin cuci dan hindari memerasnya terlalu banyak. Biarkan kelebihan air menetes secara alami. Taruh di gantungan dan biarkan mengering.

4. Cara Mengecilkan Pakaian Dengan Hair Dryer

  • Masukkan pakaian yang ingin Anda susutkan ke dalam mesin cuci.
  • Masukkan ke dalam pengaturan air panas.
  • Atur program untuk siklus terpanjang.
  • Keluarkan, dan peras untuk menghilangkan kelebihan air.
  • Terkadang, Anda mungkin mengalami krisis waktu atau cuaca mungkin tidak mendukung. Jangan khawatir, kami juga punya solusi untuk itu.
  • Keluarkan pengering rambut Anda, dan gunakan pengaturan panas setinggi mungkin. Sebarkan garmen pada permukaan yang rata atau papan setrika.
  • Fokus pada satu bagian pada satu waktu dan biarkan mengering.
  • Ini sedikit lebih memakan waktu daripada metode lain, tetapi efektif karena udara panas dari pengering.

Hal-hal untuk diingat

Kapas – Katun, linen, dan bahan halus lainnya paling mudah menyusut dan paling cepat dengan pengering rambut.

Poliester – Jangan letakkan pengering terlalu dekat dengan pakaian untuk menghindari listrik statis.

Denim – Denim membutuhkan waktu lebih lama dari pakaian biasa Anda, tetapi ini pilihan terbaik Anda.

Sutra – Sutra menyusut dan bereaksi lebih cepat terhadap panas, jadi seperti yang telah kita bahas, yang terbaik adalah mengeringkan pakaian sutra Anda dengan udara.

Baca Juga :

6 Cara Cepat Mengecilkan Lingkar Pinggang

Ini 6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Minyak Kelapa + Jus Lemon – Kombinasi Terbaik untuk Mengecilkan Pori-Pori

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Kombinasi Warna Yang Cocok Dengan Pakaian Merah

Meskipun ini adalah salah satu warna yang paling