Tahukah kamu? Bahkan jenis gula yang kamu gunakan sehari-hari ternyata dapat mempengaruhi penampilan wajah. Jenis gula tertentu terbukti dapat membuat pori-pori kulit wajah membesar dan mudah tersumbat dengan minyak. Selain itu, menyembunyikan pori-pori besar dengan make up tebal juga bukan solusi untuk mengecilkannya.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar pori-pori kulit wajahmu bisa mengecil, sehingga kulit terlihat lembut dan kencang. 

  1. Hentian konsumsi gorengan dan gula rafinasi 

Makan gula halus dan makanan yang digoreng dalam jumlah banyak dapat menyumbat pori-pori kulit kamu, loh. Hal ini terjadi karena produksi sebum meningkat saat kamu terlalu banyak makan gula dan gorengan. Untuk mengatasi hal ini, hilangkan jenis gula rafinasi dari makanan harian kamu dan ganti dengan gula merah atau madu. Selain itu, gorengan juga harus dihilangkan dari menu makanan kamu, atau setidaknya kurangi jumlah konsumsi gorengan harian. 

  1. Jangan terlalu sering menggunakan kertas minyak

Kertas minyak adalah cara cepat favorit orang-orang yang sering terganggu dengan minyak berlebih pada wajah. Namun, para ahli mengatakan bahwa kertas minyak sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kulit kamu. Dengan menggunakan kertas minyak, kamu hanya akan mengobati gejala pori-pori besar dan berminyak, tapi kamu tidak mengatasi penyebab utamanya. 

Selain itu, kertas minyak juga bisa membuat minyak yang diperlukan kulit jadi hilang. Akibatnya, kulit jadi lebih kering dan memicu produksi lebih banyak minyak. 

  1. Minimalkan penggunaan produk yang mengandung ekstrak teh hijau

Produk perawatan kulit dengan ekstrak teh hijau memang mampu menenangkan dan melindungi kuli kamu. Selain itu, produk yang mengandung ekstrak teh hijau juga mampu mengurangi produksi sebum dan memperlambat penuaan. 

Dengan manfaat tersebut, tentu kamu akan senang dan nyaman memakai produk-produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau. Namun, meskipun membawa banyak manfaat, kamu tetap hari berhati-hati saat mengoleskan ekstrak teh hijau murni pada kulit, terlebih jika kamu memakainya setiap hari. Penggunaan produk berlebihan juga tidak akan baik untuk kulitmu.

  1. Jangan terlalu banyak touch up 

Demu meminimalkan penyumbatan pori-pori kulit akibat penggunaan make up, para ahli menyarankan agar kamu mengaplikasikan make up dengan kuas atau brush daripada spons bedak. 

Selain itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan make upa sepanjang hari atau menambahkan produk make up dengan touch up. Sebab, melapisi make up atau memakainya terlalu lama bisa membuat pori-pori kulit semakin tersumbat. Tak hanya itu, penggunaan make up yang terlalu lama juga bisa mengiritasi mata dan hidung kamu. 

  1. Pakai pembersih wajah berbahan asam salisilat

Salah satu masalah kulit yang menyumbat pori-pori adalah jerawat. Saat wajah berjerawat, pori-pori wajah akan semakin terlihat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dapat membantu membuka pori-pori kamu. 

Beberapa pembersih yang mengandung asam salisilat cukup lembut untuk digunakan setiap hari, namun ada juga yang tidak disarankan untuk dipakai setiap hari. Jadi, sebelum memakainya, pastikan dulu instruksi yang ada pada produk, ya. 

  1. Gunakan pembersih wajah yang berbasis gel

Ada satu tips lagi yang disarankan para ahli untuk memilih pembersih wajah, yaitu memilih pembersih wajah yang berbasis gel. Produk pembersih berbasis gel daat membersihkan sebum berlebih pada kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar di wajah.

Baca Juga :

4 Fakta Tentang Pori-pori Kulit Ini Ternyata Mitos

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

6 Kesalahan Skincare yang Membuat Pori-pori Kamu Terlihat Lebih Besar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 5 Rahasia Skincare Dakota Johnson, Kamu Harus Coba!

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aktris