Hidung tersumbat adalah gejala pilek yang paling mengganggu. Bagaimana tidak? Kamu mengalami kesulitan bernapas dan nada suaramu pun akan berbeda saat hidung tersumbat. Hal ini tentu akan sangat tak nyaman, entah itu saat beraktivitas harian, atau istirahat di malam hari.

Namun, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba agar gejala hidung tersumbat dapat mereda. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Tidur dengan posisi miring

Saat hidung tersumbat, artinya ada banyak lendir yang terperangkap di dalam sinus. Lendir ini membuatmu tidak bisa bernapas dengan benar. Jadi, sebaiknya kamu menambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Selain itu, kamu perli tidur dengan posisi miring untuk membantu meredakan penyumbatan. Dengan cara ini, hidung tersumbat akan segera plong. 

  1. Makan sup dan minum teh hangat 

Makanan berkuah dan minuman panas mungkin tidak akan membantu mengobati flu, tetapi mereka bisa meredakan gejala flu termasuk hidung tersumbat. Para peneliti menemukan bahwa minum minuman panas akan membuat gejala flu membaik. Saat hidungmu mulai tersumbat, coba konsumsi teh hangat dan sup segar untuk meredakan gejalanya. 

  1. Makan makanan pedas

Kamu suka makanan pedas? Jika iya, kamu pasti tahu bahwa setiap makan makanan pedas, hidung bisa berair karena kamu kepedasan. Nah, saat hidung tersumbat, makanan pedas bisa jadi solusinya.

Coba konsumsi makanan pedas yang mengandung aneka rempah seperti cabai merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Dari beberapa bahan tersebut, kunyit mungkin memang tidak akan membuka sumbatan hidung kamu, tetapi kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk membantu kamu mengatasi pilek.

  1. Gunakan kompres hangat pada sinus

Kompres hangat berfungsi mengurangi peradangan pada sinus dan membuka sesuatu yang memblokir saluran udara pada hidung. Cara mengompresnya mudah. Ambil saja kain bersih, celupkan ke dalam air hangat (hangat ya, bukan panas), lalu letakkan pada bagian atas hidung dan bagian bawah dahi. Kompres hangat ini dapat membuat lubang hidung kamu terbuka dan memudahkanmu untuk bernafas. 

  1. Hirup uap dari rebusan bawang putih

Bawang putih dikenal karena sifat anti-jamur dan anti-bakterinya, dan bahan dapur yang satu ini bisa membantumu saat sedang pilek. Caranya, rebus irisan bawang putih dalam air yang cukup banyak, lalu tuangkan air rebusan bawang putih pada wadah besar dan hirup uapnya. Metode ini akan meredakan gejala hidung tersumbat dan membuatmu merasa lebih nyaman. 

  1. Pakai alat pelembap udara

Udara dingin dan kering di dalam ruangan bisa membuat hidung tersumbat. Untuk itu, kamu butuh alat pelembap udara yang berguna melepaskan kelembapan yang sangat dibutuhkan di kamar tidur. Kamu memang bisa mengaktifkan alat pelembap udara pada siang dan malam hari, tetapi cara paling efektif adalah mengaktifkannya saat malam hari agar kamu bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Mengaktifkan pelembap udara pada malam hari bisa membantumu masalah hidung tersumbat dengan lebih cepat. 

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat. Jadi, jangan terburu-buru mencari obat, ya. 

Baca Juga :

Kenapa Ya Komedo Mudah Sekali Muncul Di Hidung? Cari Tahu Yuk!

3 Cara Jenius Minyak Esensial Bisa Meredakan Hidung Buntu dan Batuk

5 Makanan Sehat Ini Bisa Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik