Data Nolo di tahun 2019 menyebutkan bahwa rata-rata perceraian di Amerika membutuhkan biaya hampir $13.000  dengan proses panjang hingga satu tahun penuh. Angka ini dapat menjadi lebih besar kala pasangan memiliki perselisihan yang membutuhkan biaya hukum tidak terduga. Walaupun Anda kaya dan memiliki finansial yang memadai, namun perceraian dapat menghancurkan masa depan keuangan Anda jika tidak segera bertindak untuk melindungi uang tunai, aset, hingga real estate Anda.

Pasangan yang akan bercerai umumnya harus mengecek aturan pembagian harta perkawinan, karena masing-masing negara memiliki kebijakan yang berbeda untuk mengatur hal ini. Kebanyakan orang akan angung menyewa pengacara utuk mengurus perceraian ini diandingkan menggunakan ahli keuangan. Ada 4 kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pasangan yang akan bercerai, diantaranya :

Kesalahan 1:  Terlalu Lama Membentuk Tim Pendukung Perceraian.

Dori Shwirtz, seorang pengacara yang juga mengelola website untuk media perkawinan dan perceraian mengungkapkan bahwa ia berusaha membuat kliennya untuk menghindari perceraian di pengadilan dan jika memang perceraian adalah keputusan akhirnya, Dori akan berusaha untuk menggunakan jalur tercepat dan termudah.

Dori meyarankan agar kliennya tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. “Bukan ide yang baik untuk mengambil keputusan yang merubah hidup Anda secara terburu-buru. Anda harus berfikir jernih”, ungkap Dori. Ia menambahkan kliennya harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya tentang perceraian dan belajarlah bersama pasangan karena perceraian juga harus diselesaikan dengan kerja tim.

Dori menyarankan untuk membentuk tim pendukung perceraian yang terdiri dari pakar keuangan, pengacara, hingga psikolog untuk menghemat waktu dan uang. Tim ini dapat dibentuk jauh sebelum dokumen diajukan. Jika keberadaan tim pendukung dapat membantu Anda memberi pertimbangan-pertimbangan . selain itu, keberadaan tim ini dapat menjadi support system Anda untuk melalui proses yang panjang dan sulit.

Para ahli mengatakan bahwa banyak pasangan yang lelah menunggu proses perceraian hingga putus asa dan lupa untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan maupun akuntan pajak yang dapat membantu mereka menjaga agar keuangan tetap stabil pasca perceraian.

Kesalahan 2: Menyimpan Rahasia Dari Pengacara Anda.

Pendiri Divide and Thrive Divorce Divorce Organizer, Alex Beattie juga menyarankan agar Anda tidak lambat dalam dalam memberikan informasi yang dibutuhkan seorang pengacara untuk membela Anda dengan baik dan benar.

“Seorang pengacara hanya dapat membantu Anda menyusun aset perkawinan apa saja yang dimiliki karena Anda memberitahunya, ungkap Beattie. Beattie menyarankan untuk mencatat barang apa saja yang dibeli bersama dan catat juga juga barang apa saja yang dibeli sebelum pernikahan. Jadi, sebaiknya hindari untuk menyembunyikan dan merahasiakan sesuatu dari pengacara Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat Anda dan pasangan memutuskan untuk bercerai. Perceraian mungkin bukan keinginan setiap pasangan, namun siapapun bisa saja membuat kesalahan. Daripada dilanjutkan tidak menemui titik temu tak ada salahnya berpisah dengan baik-baik. Masih ada beberapa kesalahan yang harus dihindari di bagian kedua. Lanjut yuk

Baca Juga :

5 Hal Tak Terduga Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Akan Bercerai

5 Alasan Mengapa Suami yang Selingkuh Menolak Untuk Bercerai

5 Hal yang Perlu Diketahui Setiap Wanita Tentang Kehidupan Setelah Bercerai

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Kelelahan dan Kesehatan Fisik Jadi Penghambat Anda Melakukan Hubungan Seks? Temukan Solusinya

Kelelahan tidak masuk ke daftar afrodisiak terkenal karena