Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan kulit kamu, tanda-tandanya sering kali terlihat jelas. Kamu dapat merasakan dan melihatnya secara langsung. Misalnya, kamu merasakan sesuatu pada wajah kamu ketika jerawat akan muncul. Nah, ternyata kuku kita juga menyimpan petunjuk tentang kesehatan tubuh, loh.  

Kuku terbuat dari keratin, yang merupakan bahan yang sama yang terkandung dalam kulit dan rambut. Keratin yang terdapat di dalam kuku lebih padat dan memiliki banyak lapisan, yang membuat permukaannya menjadi keras. Kuku memberikan perlindungan pada bantalan kuku. Kemiripan struktur ini menjadi penting karena seperti kulit yang dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan kamu, kuku pun bisa menunjukkan masalah kesehatan yang sedang kamu derita.

Berikut adalah lima tanda yang harus diperhatikan terkait kesehatan kuku :

  • Terdapat bulan separuh berwarna putih di pangkal kuku kamu
Bulan Sabit' di Pangkal Kuku Tunjukkan Kondisi Kesehatan | Dream.co.id

Istilah teknis untuk kondisi ini adalah lunula. Lunula dianggap normal jika ia memiliki bentuk bulan kecil yang hanya mengintip dari kutikula kamu. Jika kamu memiliki sedikit semburat putih, itu sama sekali tidak perlu dikhawatirkan. Pada kuku yang sehat, warnanya akan keputihan dan menempati sebagian kecil bagian bawah kuku.

Namun, jika bagian putih berbentuk bulan separuh itu tumbuh dan mulai memenuhi separuh kuku kamu atau bahkan lebih, maka ceritanya akan berbeda. Ini disebut kuku Terry, dan merupakan indikasi penyakit sistemik dari penyakit hati hingga gagal jantung. Kamu perlu mewaspadai kondisi ini dan memeriksakan diri ke dokter.

  • Kuku rapuh dan lemah
Kenali Beragam Penyebab Kuku Rapuh dan Mudah Patah Halaman all - Kompas.com

Kuku yang sangat rapuh dan lemah dapat disebabkan oleh berbagai hal berbeda – mulai dari stres, konsumsi alkohol berlebihan, penuaan, dan kekurangan vitamin. Namun, hal ini paling sering terjadi pada pasien dengan gizi buruk.

Kekurangan vitamin vitamin B (termasuk biotin), vitamin D, dan zat besi dapat menjadi penyebab dari kuku rapuh dan lemah. Sementara tanda utama kekurangan zat besi selain kuku rapuh adalah rasa dan kuku bisa berbentuk menyerupai sendok.

Penyebab paling umum dari kondisi ini, selain kekurangan vitamin adalah stres. Ketika tubuh kamu sedang stres, ia memiliki persediaan nutrisi yang terbatas untuk dikirim ke organ-organ vital, seperti otak dan jantung, dan nutrisi ini diambil dari tempat-tempat yang “kurang penting”, seperti rambut dan kuku.

  • Goresan hitam atau coklat pada kuku
Jika Melihat Tanda Garis Hitam di Kuku Anda Seperti Ini, Segeralah Hubungi  Dokter

Dari semua tanda kuku abnormal yang harus diperhatikan, ini mungkin yang paling penting. Keadaan darurat kesehatan kuku yang paling penting adalah garis coklat yang dimulai pada kutikula. Kondisi ini disebut melanonychia, yang secara teknis didefinisikan sebagai garis pigmen hitam atau coklat pada alas kuku.

Dalam kebanyakan kasus, ini mungkin tidak akan berdampak besar. Tapi, ada juga sebagian kasus yang bisa menjadi tanda melanoma, yaitu bentuk paling mematikan dari kanker kulit. Jika kamu melihat garis coklat terbentuk di bantalan kuku kamu (biasanya muncul secara vertikal) maka sebaiknya buatlah janji untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit kamu.

  • Punggung kuku horizontal
Bentuk Kuku Menandakan Kesehatan Seseorang | FEED - MERDEKA.COM

Deretan horizontal dari tonjolan kuku dapat disebabkan oleh trauma pada kuku itu sendiri. Tapi pada beberapa kasus, hal ini bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius.

Selain trauma fisik pada bantalan kuku (seperti kuku terjepit, misanya), tonjolan horizontal juga dapat mengindikasikan malnutrisi, psoriasis, atau masalah tiroid.  Periksakan diri ke dokter jika kamu melihat tonjolan horizontal pada kuku kamu, karena ini mungkin mengindikasikan masalah yang lebih serius. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/masalah-kuku-yang-sering-terjadi-dan-yang-harus-kamu-tahu/

https://www.tampilcantik.com/3-masalah-kuku-yang-mengganggu-dan-cara-memperbaikinya/

https://www.tampilcantik.com/cara-memperbaiki-kuku-yang-rusak-menurut-para-ahli/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Rambut Kamu Beruban di Usia Muda?

Jika kamu mengira kamu satu-satunya orang yang rambutnya