Apakah kamu pernah mengalami masalah kuku yang rusak? Sebenarnya bagaimana kuku dapat dikatakan rusak?

Dana Stern, seorang ahli dermatologi menjelaskan bahwa kuku yang rapuh dan lemah adalah kuku yang paling mungkin untuk mengelupas, pecah, dan mudah sekali patah. Kuku rapuh memiliki kecenderungan patah seperti halnya rambut yang terlalu sering berganti gaya hingga menjadi rambut kusut dan bercabang.

Untuk menghindari masalah kuku yang rapuh dan mudah patah di masa depan, kamu perlu merawat kuku kamu dengan baik. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa yang membuat kuku mudah patah?

Kuku terbuat dari keratin, yaitu protein yang sama seperti protein bertugas membentuk kulit dan rambut kamu. Dan seperti halnya kulit dan rambut yang bisa menjadi kering dan rapuh, demikian juga kuku kamu.  

Terlalu sering mencuci tangan (seperti yang direkomendasikan WHO untuk mencegah penyebaran Virus COVID-19) ternyata dapat berkontribusi dalam melemahkan kuku. Kuku sangat mudah menyerap air, bahkan kuku dapat menyerap air lebih mudah daripada kulit. Jadi ketika air bergerak keluar-masuk kuku secara konstan, itu akan mengakibatkan ketegangan yang luar biasa pada sel-sel kuku dan dapat menyebabkan kuku kamu melemah, melunak, dan pecah.

Mungkin ada penyebab yang lebih dalam tentang mengapa kuku mudah pecah, contohnya kondisi medis seperti hipotiroidisme, sindrom Raynaud, dan kekurangan protein yang parah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh. Bahkan penuaan juga dapat berkontribusi terhadap kerusakan kuku. Selain itu, bahan kimia tertentu juga dapat berkontribusi terhadap kerusakan kuku, contohnya penggunaan pembersih yang keras atau penggunaan bahan kimia pembersih tangan. Bahan kimia seperti aseton untuk menghapus cat kuku juga dapat menyebabkan kondisi kerusakan kuku makin parah.

Apa yang dapat kamu lakukan jika kuku kamu rusak?

Jika kuku kamu sangat rapuh tapi kamu masih ingin menerapkan nail art, maka kamu perlu beberapa tips untuk melindungi kuku kamu. Untuk memperbaiki kuku yang rapuh, kamu bisa menerapkan teknik “bungkus sutra” dengan menggunakan kantong teh. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kosongkan kantong teh atau kamu juga dapat menggunakan filter kopi kertas
  2. Potong dengan ukuran patch kecil yang dapat menutupi celah di kuku kamu
  3. Cat kuku yang rusak dengan lapisan dasar yang berkualitas atau gunakan lem kuku
  4. Sementara lapisan dasar atau lem lengket, letakkan kantong teh dengan hati-hati di atas bagian kuku yang patah.
  5. Biarkan kering, lalu tutupi kuku dengan satu atau dua lapis cat dasar atau lem kuku
  6. Setelah kering, kamu bisa memolesnya dengan warna pilihan kamu untuk menyamarkan kantong teh

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kerusakan kuku di masa depan?

Terdapat beberapa hal yang mungkin dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah menjaga agar kuku kamu tetap pendek dan rapi agar tidak patah. Hal itu juga akan membantu menjaga kuku kamu tetap pada bentuk bulat atau oval, karena bentuk kuku yang persegi lebih cenderung mudah patah karena bersentuhan atau berbenturan dengan banyak benda.

Selain itu, kamu juga bisa menghindari manikur gel dan akrilik, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kuku yang mendasarinya, karena itu bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk bisa diperbaiki. Jika memungkinkan, kamu harus puasa dari berbagai macam manikur untuk mengembalikan kesehatan kuku kamu. Beristirahatlah sebulan sekali dari cat kuku dan biarkan kuku kamu sembuh.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/2-trik-rahasia-mengecat-kuku-di-tangan-dominan/

https://www.tampilcantik.com/inspirasi-warna-cat-kuku-cantik-yang-wajib-kamu-coba/

https://www.tampilcantik.com/7-perawatan-kuku-alami-yang-bisa-kamu-lakukan-di-rumah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Mencerahkan Warna Rambut dengan Bahan Alami (Tanpa Bleaching!)

Gaya rambut sudah bukan lagi kebutuhan sekunder apalagi