Seorang ibu yang memiliki anak gadis kerap menghabiskan malam di tempat tidur putrinya, menghibur putrinya kapan pun dia merasa sedih dan mendukungnya dalam apa pun yang dia lakukan. Ada banyak hal manis yang penuh kasih yang dilakukan seorang ibu untuk putri kecilnya. Salah satu misi paling penting yang dimiliki ibu adalah mengajarkan putrinya pelajaran hidup yang bermakna, sehingga dapat membantu putrinya menjadi orang dewasa yang lebih kuat dan lebih bahagia.

Berikut ini adalah daftar pelajaran hidup yang harus diajarkan seorang ibu kepada gadis kecilnya :

  • Bantu Putrimu Menyadari Bahwa Kata “Tidak” Merupakan Jawaban Yang Selalu Bisa Diterima.

Kebanyakan orang tua mengajar anak-anak mereka untuk bersikap sopan dan menghormati orang lain, sambil memilih kata-kata terbaik untuk mengekspresikan perasaan supaya tidak menyinggung orang lain. Tentu saja ini adalah hal yang benar, tetapi kita juga perlu mengajarkan pada anak-anak kita untuk mengatakan “tidak” dengan jelas ketika mereka sungguh-sungguh menolak sesuatu untuk alasan yang benar.

Para ahli percaya bahwa mengajarkan pada anak untuk mengatakan “tidak” sangat penting untuk memastikan keselamatan mereka. Banyak anak yang menjadi korban pelecehan mulai dari pelecehan psikologis hingga fisik. Oleh karena itu, suatu saat nanti, mungkin gadis kecilmu perlu menyatakan “tidak” dengan jelas dan tegas. Bantu putrimu untuk menunjukkan secara jelas kapan kita bisa mengatakan “tidak” tanpa harus memberikan penjelasan.

  • Ajari Putrimu Untuk Menghargai Kecantikan Dirinya, Jadilah Teladan untuk Putrimu

Menurut para ahli, salah satu alasan mengapa gadis kecil bisa menjadi tidak puas dengan tubuh dan penampilan mereka adalah karena mereka memiliki seorang ibu yang terlalu peduli dengan berat badannya sendiri. Sebagai akibatnya, anak-anak perempuan ini mungkin mulai merasa malu dengan tubuh mereka. Inilah yang dapat menyebabkan rendah diri bahkan depresi. Alih-alih, khawatir dan selalu mengeluh tentang berat badan atau penampilan, cobalah mencari sesuatu untuk memuji tubuh kamu dan berikan teladan yang baik untuk diikuti oleh putri kamu.

  • Katakan Padanya Putrimu “Tidak Apa-apa Untuk Meminta Bantuan”

Citra positif dari seorang wanita kuat yang bisa melakukan apa saja sudah ada selama bertahun-tahun. Beberapa anak mudah frustrasi dan mereka cenderung terlalu cepat menyerah, berpikir bahwa mereka tidak bisa berbuat lebih baik. Tapi beberapa anak justru sebaliknya. Mereka menjadi perfeksionis sejati dan tidak mau meminta bantuan dari orang dewasa, sehingga ketika mereka mencoba dan gagal, mereka menderita (yang sebenarnya tidak perlu).

Oleh karena itu, coba jelaskan kepada putri kamu bahwa meminta bantuan bukanlah pertanda lemah atau tidak kompeten. Meminta pertolongan adalah pertanda bahwa seseorang merupakan manusia yang memiliki kekurangan dan membutuhkan bantuan di saat-saat tertentu.

  • Ajari Putrimu Untuk Menciptakan Kebahagiaannya Sendiri, Bukan Mencarinya.

Rasa rendah diri dapat menyebabkan seseorang terus mencari cinta dan penerimaan dari orang lain untuk merasa bahagia. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengarah pada hubungan yang saling ketergantungan dan ini berbahaya, di mana satu pasangan menjadi sepenuhnya bergantung pada kebutuhan yang lain dan menjadi orang yang terus berkorban.

Cobalah untuk membantu putri kamu menyadari bahwa dirinya sudah cukup dan dapat dia dapat menciptakan kebahagiaannya sendiri. Ajarilah putrimu untuk mengerti bahwa sumber kepercayaan dan harga diri ada di dalam dirinya, bukan dari  dunia luar. Para pakar parenting merekomendasikan agar para ibu mencoba mendorong gadis kecilnya untuk tetap berpegang pada kebiasaan dan tindakan berikut :

  • Berpikir positif
  • Berlatih syukur dan menghargai hal-hal yang kita lakukan untuk orang lain
  • Bersenang-senang
  • Menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil sehari-hari
  • Olahraga teratur dan makan makanan sehat

Apa pun pelajaran yang kamu coba ajarkan kepada anak-anak kamu, ingatlah bahwa mereka akan mencontoh sikap dan perilaku kamu.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-tips-work-from-home-bekerja-dari-rumah-bagi-kamu-yang-memiliki-anak/

https://www.tampilcantik.com/belajar-di-rumah-membuat-anak-jadi-malas-bangun-pagi-simak-tips-membangunkan-anak-berikut-ini/

https://www.tampilcantik.com/4-alasan-mengapa-orang-tua-harus-membiasakan-anak-mengucapkan-terima-kasih-dan-tolong/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun