Setiap orang memiliki rutinitas makan masing-masing. Ada yang sedang berdiet dan mencoba meminum air putih sebelum makan, ada pula yang harus minum teh setelah makan, ada pula perokok yang selalu merokok setelah selesai makan sambil menunggu makanan turun dan tercerna organ pencernaan.

Tapi, tahukah kamu? Ternyata ada beberapa rutinitas yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kamu. Berikut adalah daftar aktivitas yang sebaiknya dihindari setelah makan beserta alasan dan dampaknya bagi tubuh :

  1. Mandi

Mandi tidak dianjurkan setelah kamu makan. Mengapa? Karen saat kita mandi, suhu tubuh kita akan sedikit meningkat. Untuk mengatasinya, tubuh mengirimkan lebih banyak darah ke kulit, lebih banyak dari biasanya. Nah, hal ini bisa mengganggu proses pencernaan dan memperlambat metabolisme.

Waktu terbaik untuk mandi adalah sebelum makan atau setidaknya 30 menit setelah makan.

  1. Minum teh

Apakah kamu suka minum teh setelah makan?

Bagi sebagian besar orang Indonesia, secangkir teh hangat atau segelas es teh setelah makan merupakan bagian yang penting dari makan besar. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa minuman favorit semua orang ini mengganggu asimilasi zat besi, mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh manusia. 

Oleh karena itu, anak-anak, wanita hamil, dan orang yang menderita kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh dalam waktu 1 jam setelah makan. Bagi orang dewasa, daripada teh, minuman alternatif yang bisa dikonsumsi setelah makan adalah kopi. Tapi ingat, kamu tidak boleh meminum kopi dalam kondisi perut kosong.

  1. Tidur

Mitos yang menyatakan bahwa makan sebelum tidur adalah penyebab kelebihan berat badan memang tidak terbukti. Tetapi, meskipun demikian, kita jelas tidak boleh mengabaikan efek samping dari makan sebelum tidur. Mengapa? Karena  jika kita tidur dengan perut yang kenyang, kita bisa mengalami berbagai ketidaknyamanan seperti mulas, bersendawa, dan masalah asam lambung. 

Selain itu, telah terbukti bahwa tidur segera setelah makan siang atau makan malam dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Para ahli setuju bahwa sebaiknya kamu  tidur setidaknya dalam jarak waktu 2 jam setelah makan.

  1. Bekerja keras atau berolahraga

Para ahli tidak menyarankan kamu untuk berolahraga atau melakukan pekerjaan berat setelah makan. Beban yang ditanggung ketika perut kenyang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan, mual, serta konsekuensi yang lebih serius yaitu peningkatan risiko trauma dan kejang.

Jika kamu masih tidak sabar untuk segera bekerja atau berolahraga, lebih baik batasi diri kamu dengan berjalan-jalan santai dengan tenang dan mulailah beraktivitas berat minimal 2 jam setelah makan.

  1. Merokok

Tahukah kamu? Ternyata hampir semua sistem dalam tubuh kita terlibat selama proses pencernaan aktif. Saat inilah, nikotin akan diserap dengan kekuatan ganda, sehingga merokok setelah makan akan meningkatkan semua efek bahaya dari rokok.

Selain itu, terbukti bahwa tembakau dapat menghalangi penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C dan vitamin D. Tentu saja jika kamu merokok setelah makan, kamu akan menghilangkan nutrisi yang baru saja kamu masukkan ke dalam tubuh..

Tentu saja, lebih baik kamu segera berhenti merokok sepenuhnya. Tetapi, jika memang kamu masih ketergantungan dengan rokok, setidaknya hindari merokok setelah makan. 

Baca Juga :

Sering Mengantuk Setelah Makan? Inilah yang Terjadi Saat Kamu Tidur Setelah Makan

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Setelah Makan Mie Instan?

Bahaya Minum Air Es Setelah Makan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Olahraga

Tahukah kamu? Kebiasaan yang kamu lakukan sebelum berolahraga