Di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, mi instan adalah makanan favorit yang sangat terjangkau dan juga lezat. Semua orang pasti pernah menyantap mie instan setidaknya jika itu hanya sekali dalam seumur hidup. Makanan yang satu ini sangat terjangkau, mudah dan cepat dimasak dan juga rasanya tidak pernah mengecewakan.

Tetapi, di balik semua kemudahan dan kenikmatan itu, ada beberapa hal negatif yang akan terjadi pada tubuh kita ketika kita makan mie instan. Meskipun mie Instan tidak begitu berbahaya seperti yang mungkin kamu pikirkan sebelumnya, tetap saja, mie instan sering menyebabkan masalah kesehatan. 

Berikut adalah beberapa daftar efek samping yang ditimbulkan setelah kamu mengonsumsi mie instan : 

  1. Kuota natrium harian kamu akan langsung habis hanya dalam satu kali makan

Sebagian besar mie instan mengandung garam dan karbohidrat, yang hanya baik untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Jika dalam satu kali makan, kamu mencapai kuota natrium harian, kemungkinan besar kamu akan mengonsumsi terlalu banyak natrium pada hari itu.

  1. mi instan bisa membuat kamu kembung

Setelah makan mi instan, kamu tidak hanya akan merasa kembung, tapi juga lesu. Ini karena banyak air yang tersimpan dalam tubuh kamu setelah kamu memakan mie instan. 

  1. Berat badan kamu bisa bertambah sementara

Mie instan bisa tinggal di perut kamu untuk waktu yang lama. Karena jenis mie ini  merupakan mie olahan, maka ia bisa bertahan di perut lebih lama. Mie segar biasa bisa dicerna sampai habis hanya dalam waktu 2 jam setelah tertelan, sedangkan dalam jangka waktu 2 jam, mie instan baru saja mulai dioyak/rusak.

  1. Kamu bisa meningkatkan risiko sakit

Efek samping mie instan juga sampai pada meningkatnya risiko gangguan kesehatan. Studi menunjukkan bahwa wanita yang makan mi instan setidaknya dua kali seminggu, memiliki risiko lebih besar terhadap gangguan kesehatan daripada mereka yang tidak mengonsumsi mie instan. Kondisi kesehatan ini bisa termasuk diabetes dan penyakit jantung. MSG yang merupakan zat aditif dalam mi instan, juga bisa membuat kamu sakit kepala dan mual.

  1. Kamu mungkin memiliki penglihatan yang kabur karena mengonsumsi terlalu banyak zat pengawet

Pangan sejenis mie instan dibuat untuk bertahan dalam waktu yang sangat lama. Itu artinya, ia mengandung zat aditif beracun untuk menjaganya tetap awet sebelum kadaluwarsa. Salah satu zat aditif beracun ini bisa berbahaya bagi manusia, karena dapat menyebabkan penglihatan kabur jika dikonsumsi terlalu banyak.

Cara Menghindari Efek Samping mi instan

  1. Buang bumbu mie instan dan buatlah bumbu sendiri

Salah satu cara agar kamu tetap dapat menikmati mi instan dan membuatnya lebih sehat adalah dengan membumbui sendiri. Tambahkan sayuran dan bahan-bahan sehat, lalu buang bumbu mie instan. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengontrol jumlah natrium dan menambahkan serat serta protein. Dengan demikian, kamu tidak harus menelan zat aditif yang buruk bagi kesehatan kamu seperti MSG yang terkandung dalam bumbu mie.

  1. Bagaimanapun, makanan sehat selalu lebih baik daripada mie Instan.

Makan mie instan sesekali saja, mungkin tidak akan membahayakan kesehatan kamu. Tapi, jika kamu mengonsumsi secara rutin, maka tentu itu akan berbahaya bagi kesehatan kamu. Rekomendasi untuk kamu adalah, kamu perlu membatasi konsumsi mie instan dan menggantinya dengan makanan sehat. 

Baca Juga :

Ternyata Ini Loh Barang Bawaan Wajib Traveler Saat Ke luar Negeri

Trik Jitu Supaya Berhenti Ngemil

Ternyata Depresi Juga Bisa Disebabkan Karena Hal yang Tidak Kamu Sadari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Banyak Orang Tahu, Inilah 5 Manfaat dari Lompat Tali

Ingatkah kamu kapan terakhir kali kamu melakukan lompat