Setiap fenomena alam memiliki ciri khasnya dan tanda tersendiri. Tanda-tanda atau peringatan dari alam bisa sangat beragam. Mulai dari warna langit yang tidak biasa, suara aneh yang terdengar tiba-tiba, atau bahkan perilaku satwa liar yang tidak biasa. Jika kamu bisa mengenali peringatan dari alam, maka kamu akan dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa peringatan dan tanda dari alam yang wajib kamu waspadai :

  1. Pohon berbentuk J

Sepetak pohon yang memiliki batang melengkung membentuk huruf ā€œJā€ adalah tanda-tanda tanah longsor. Pepohonan tumbuh dalam bentuk ini karena gerakan tanah yang merambat. Gerakan tanah yang lambat yang menunjukkan ketidakstabilan lereng. Ketika kamu menemui pepohonan seperti ini, tidak berarti kamu akan langsung menghadapi bencana tanah longsor, hanya saja tanah longsor pernah terjadi di daerah tersebut dan kemungkinan besar akan terjadi lagi.

Apa yang harus dilakukan?

Berhati-hatilah untuk mencegah terjangan batu atau gangguan serupa yang dapat memicu tanah longsor. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak tinggal di wilayah tersebut. 

  1. Langit berwarna hijau

Kamu mungkin pernah melihat langit berubah menjadi warna hijau yang mengerikan. Pemandangannya benar-benar apokaliptik, tetapi sebenarnya itu adalah tanda badai petir yang kuat. Badai petir umumnya terjadi pada malam hari, saat cahaya biru matahari, yang sering kita lihat pada siang hari, bercampur dengan cahaya merah, yang terlihat saat matahari terbenam. Hasilnya, ketika disaring melalui awan tebal, akan menimbulkan warna hijau di langit

Apa yang harus dilakukan? 

Masuklah ke dalam rumah secepat mungkin. Hindari menggunakan telepon rumah dan hindari menggunakan air mengalir. Sebisa mungkin, cabut perangkat elektronik.

  1. Gelombang laut berbentuk petak-petak

Saat kamu melihat pola gelombang persegi yang aneh di laut, kemungkinan besar ada arus sobek yang mengintai di bawah permukaan air. Dan arus ini sangat berbahaya. Arus sobek menyebabkan kematian lebih dari 100 orang setiap tahun di Amerika Serkat. Pola ini terjadi ketika 2 sistem arus bertemu satu sama lain – atau ketika angin mendorong gelombang ke satu arah dan arus bawah air mendorongnya ke arah yang lain.

Apa yang harus dilakukan?

Jauhi air! Arus sobek cukup kuat untuk menarik seseorang ke laut dan menenggelamkannya. Jika kamu pernah terjebak dalam salah satunya, berenanglah sejajar dengan pantai untuk keluar dari pola tersebut.

  1. Hewan liar berperilaku aneh

Jika sekumpulan hewan tiba-tiba pergi ke jalan, ini bisa menjadi sinyal akan adanya gempa bumi. Hewan mungkin juga menunjukkan perilaku aneh dan gelisah. Semakin dekat mereka dengan pusat seismik, semakin awal mereka memahami bahwa ada sesuatu yang salah. Ada beberapa teori tentang bagaimana hewan dapat merasakan gempa yang akan datang, yang mungkin termasuk ionisasi udara atau bau gas yang dilepaskan sebelum letusan gunung.

Apa yang harus dilakukan?

Jangan bergerak dan tetaplah berada di mana pun kamu berada, baik di dalam mobil, di dalam ruangan, atau di luar ruangan. Jika kamu berada di luar ruangan, hindari bangunan dan benda tinggi lainnya agar tidak menimpa kamu. Jika kamu berada di dalam ruangan, berlutut, berlindung, dan berpegangan pada sesuatu.

  1. Bentuk nyala api di matahari

Sesekali, orang mungkin melihat suar yang tidak rata di sepanjang kontur matahari. Sinar matahari sering kali disertai dengan aurora yang kuat di seluruh dunia dan merupakan tanda badai matahari. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada medan magnet matahari yaitu semburan radiasi dan gas di permukaan matahari yang sangat besar sehingga dapat mencapai kita di bumi.

Apa yang harus dilakukan?

Badai matahari bisa mengganggu kinerja listrik dan menyebabkan listrik padam. Jadi, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah pergi keluar rumah dan mengagumi fenomena alam ini, tapi jangan lupa gunakan pelindung mata.

Baca Juga :

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Manfaat Masker Pisang Yang Fenomenal

Manfaat Ajaib dari Chia Seed yang Fenomenal

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Menahan Kentut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Tips Untuk Menjaga Agar Makanan Tetap Segar Lebih Lama

Semua orang menginginkan makanan terbaik yang masih segar