Leher adalah bagian tubuh yang sering kali dilupakan orang, padahal leher merupakan bagian yang sensitif dan cenderung selalu terbuka, seperti halnya wajah. Kelalaian dalam merawat kulit leher sering menyebabkan timbulnya kerutan halus di bagian leher. Garis-garis halus di leher memang normal, apalagi ketika kamu bertambah usia. 

Namun, ada kalanya garis-garis di leher membuat kita menjadi tidak percaya diri. Nah, untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menghilangkan garis leher secara alami. Lakukan kiat-kiat berikut ini dan lihat perbedaan yang akan terjadi di leher kamu :

  1. Gunakan gadget dengan benar

Apakah kamu pernah menghitung berapa jam yang kamu habiskan di depan gadget? Tanpa sadar, kamu duduk menatap layar komputer atau layar smartphone seharian, berjam-jam lamanya. Nah, kebiasaan ini mengakibatkan sakit punggung dan juga menimbulkan kerutan pada leher. Untuk mencegah garis leher, atur komputer dan gadget lain tepat di depan kamu dan usahakan lurus ke depan sejajar dengan pandangan mata. 

  1. Gunakan aplikasi khusus untuk mengontrol kepala dan leher

Tahukah kamu bahwa ada aplikasi khusus untuk mengatur postur tubuh kamu dalam menggunakan gadget? Yap, kamu bisa mengunduh aplikasi khusus ini untuk mengingatkan kamu ketika kamu menggunakan gadget dengan posisi yang keliru. Meski tampak sepele, aplikasi ini akan membantu kamu mengontrol posisi kepala dan leher. Dengan cara ini, kamu memiliki kesempatan untuk mencegah garis halus di leher.

  1. Jangan lupa membersihkan leher setiap hari

Seperti halnya kamu rajin membersihkan wajah, kamu juga sebaiknya rajin membersihkan leher. Setiap kali kamu mencuci wajah, usahakan kamu juga membersihkan leher kamu. 

Hapus bekas riasan apa pun dari wajah kamu, termasuk seluruh area leher kamu. Gunakan pembersih yang sesuai untuk jenis kulit kamu. Oleskan pelembab ke wajah kamu, termasuk leher. Jika rutin melakukan perawatan, kulit leher kamu pun akan sehat dan mulus. 

  1. Eksfoliasi kulit leher dan dada

Kulit leher dan bagian dada memang sangat sensitif, tapi bukan berarti kamu boleh mengabaikannya. Kulit leher perlu perhatian khusus agar terbebas dari kotoran dan sel kulit mati. Lakukanlah eksfoliasi setidaknya sekali dalam seminggu. Tapi ingat, jangan lakukan prosedur ini secara agresif, tetapi lakukanlah dengan sangat lembut, agar tidak merusak kulit. 

  1. Oleskan krim retinoid

Krim retinoid adalah cara tepat untuk melawan penuaan dan kerutan. Para ahli merekomendasikan mengoleskan krim ini dalam jumlah yang sangat kecil setiap 2 hari sekali. Jangan menggunakannya terlalu banyak karena dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kering.

  1. Lakukan yoga wajah

Apakah kamu pernah mendengar istilah “Yoga Wajah” sebelumnya?

Spesialis merekomendasikan melakukan agar kita melakukan yoga wajah selama 30 menit setiap hari, selama setidaknya 5 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut beberapa latihan yoga wajah yang bisa mengencangkan leher kamu :

Yoga dengan Menonjolkan Dagu

  • Duduklah dalam posisi yang nyaman.
  • Mulailah menonjolkan dagu kamu.
  • Sekarang, coba tersenyum dan tahan posisi ini selama 5 detik.
  • Rasakan ketegangan pada otot-otot di leher kamu.
  • Ulangi gerakan sebanyak 3 kali.
  • Lakukan latihan ini 1 – 2 kali sehari.

Yoga dengan Gerakan Mencium Langit-langit

  • Jaga bahu kamu tetap di bawah dan rileks.
  • Mulailah mengangkat dagu kamu ke langit-langit. 
  • Rasakan regangan di leher atas dan dagu.
  • Ekspresikan duck face, dan julurkan lidah kamu pada saat bersamaan.
  • Tahan posisi ini selama 5 detik. Ulangi 3 kali.
  • Lakukan latihan ini 1 – 2 kali sehari.

Baca Juga :

8 Cara Menyembuhkan Kaku di Leher

6 Olahraga Mudah untuk Leher dan Bahu yang Ramping

6 Cara Efektif untuk Membuat Leher Kamu Terlihat Lebih Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di