Apakah kamu tahu apa perbedaan antara harga diri dan kepercayaan diri?

Harga diri dan kepercayaan diri adalah hal yang berbeda. Kita bisa menjadi sangat percaya diri namun bisa memiliki harga diri yang sangat rendah, seperti misalnya banyak selebriti atau figur publik yang kerap tampil di hadapan ribuan penonton tetapi kemudian merusak citra diri mereka sendiri dengan terlibat kasus narkoba misalnya.

Dalam suatu hubungan, harga diri kita dapat dipengaruhi oleh pasangan kita, dan terkadang pasangan kita dapat menghancurkan harga diri kita tanpa kita sadari. Ketika hal ini berlarut-larut, kamu akan mulai merasa tidak nyaman tinggal bersama pasangan dan pada akhirnya hubungan kamu akan rusak.

Berikut adalah tanda-tanda pasangan kamu menyakiti harga diri kamu tanpa kamu sadari :

  1. Pasangan kamu selalu mengambil keputusan sendiri tanpa mempertimbangkan pendapat kamu

Di dalam sebuah hubungan, kedua belah pihak seharusnya ikut serta dalam memilih sesuatu atau mengambil keputusan. Jika pasangan kamu selalu memutuskan sendiri, ada kemungkinan bahwa menganggap kamu tidak cukup tahu tentang hal tertentu atau mereka merasa pendapat kamu tidak penting. 

Hal ini bisa terjadi ketika pasangan kamu memilih dekorasi ruang tamu, memilih almari, atau mungkin memutuskan ke mana kalian akan pergi berlibur. Pasangan kamu  selalu memilih sendiri. Inilah yang melukai harga diri kamu.

  1. Memilih foto untuk diposting di media sosial tanpa menanyakan pendapatmu

Lucu rasanya ketika pasangan kamu mengatakan bahwa mereka menyukai penampilan kamu saat kamu lelah, saat kamu tidur atau saat kamu bertingkah konyol.  Tetapi jika pasangan kamu mengunggah foto kamu di media sosial, akan lain ceritanya. Bisa jadi kamu tidak berkenan jika foto kamu dipublikasi di media sosial, tapi pasangan kamu telah mengunggahnya tanpa menanyakan pendapat kamu. Hal ini bisa melukai harga diri kamu. 

  1. Menginterupsi kamu saat kamu sedang berbicara

Menginterupsi dalam bentuk apa pun adalah tindakan yang tidak sopan. Pada kebanyakan kasus, menyela seseorang membuat orang itu merasa tidak didengarkan, tidak diperhatikan dan tidak penting. Jika pasangan kamu sering menginterupsi ketika kamu sedang berbicara, tentu saja harga diri kamu akan terluka. Hal ini bisa membuat kamu menjadi tidak lagi nyaman untuk bercerita dengan pasangan kamu. 

  1. Meragukan setiap keputusan yang kamu buat

Apakah kamu merasa pasangan kamu selalu meragukan keputusan kamu? Misal kamu bercerita padanya bahwa kamu ingin berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Lalu pasangan kamu mengatakan, “Pasti ini hanya keinginan sesaat saja. Sudahlah, pekerjaanmu sekarang sudah bagus”. 

Pada mulanya, saran seperti terdengar biasa saja. Tetapi ketika pasangan kamu selalu meragukan apa pun keputusan kamu, mungkin dia masih menganggap kamu belum dewasa dan belum mampu mengambil keputusan secara bijaksana. Kebiasaan ini dapat membunuh kemampuan kamu dalam mengambil keputusan atas diri kamu sendiri. 

  1. Pasangan kamu malas melakukan hal-hal yang berarti bagi kamu

Dalam suatu hubungan, pasangan terkadang perlu berusaha untuk bersikap suportif. Ketika kamu menyukai sesuatu, misalnya kamu menyukai film tertentu dan ingin menonton film yang kamu tunggu-tunggu di bioskop, tetapi pasangan kamu menolak dan lebih memilih berdiam di rumah daripada menemani kamu, tentu saja kamu akan terluka. 

Hal itu dapat mengindikasikan bahwa pasangan kamu tidak memedulikan sesuatu yang berarti bagi kamu. Ketika hal ini terjadi, kamu akan merasa tidak penting dan merasa diabaikan. Orang yang dengan tulus mencintai kamu tidak akan membuat kamu merasa sedih atau melukai harga diri kamu. 

Baca Juga :

6 Tips Menghukum Anak Tanpa Merusak Harga Diri Mereka

Apa yang Bakal Kamu Lakukan Jika Mantan Kamu Mendekati Sahabat Kamu? Jangan Sampai Kehilangan Harga Diri

Rendah Hati dan Rendah Diri Itu Beda Tipis Lho. Kalau Kamu Selalu Minta Maaf Karena Hal-Hal Sepele Ini, Bisa Jadi Harga Dirimu Diinjak Orang Lain

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

11 Jenis Pelukan dan Apa Artinya Tentang Hubungan Kamu

Menurut para ilmuwan, pelukan membawa banyak manfaat seperti