Sekolah-sekolah formal hingga kini masih ditutup akibat pandemi COVID-19 di awal tahun 2020. Semua anak belajar dari rumah dan membuat para orang tua kewalahan dan kebingungan menghadapi anak mereka. Tapi, kamu tidak perlu kewalahan dan khawatir jika kamu tahu bagaimana tips membantu anak belajar di rumah.

Para peneliti menyebutkan bahwa pekerjaan rumah adalah sarana untuk dapat meningkatkan disiplin diri dan keterampilan pemecahan masalah anak. Jadi, pekerjaan rumah akan sangat membantu anak kamu mengembangkan diri. Pada saat yang sama, penting untuk menciptakan lingkungan yang tepat bagi anak untuk belajar di rumah guna memaksimalkan hasil belajar mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak belajar di rumah dengan nyaman dan menyenangkan  :

  1. Biarkan anak mendengarkan musik favorit mereka selama belajar

Mungkin kamu berpikir bahwa musik akan menjadi faktor yang mengganggu belajar anak, tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa prediksi kamu belum tentu benar. Beberapa anak dapat mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik ketika mereka mendengar musik favorit mereka. Musik membuat proses belajar tidak terlalu menjemukan dan bahkan dapat memotivasi anak. Tentu, itu semua tergantung pada jenis musik dan volumenya ya.

  1. Ciptakan area khusus untuk anak belajar

Ruangan atau area khusus untuk belajar sangat dibutuhkan oleh anak. Kamu bisa memanfaatkan dapur, ruang makan, atau kamar tidur untuk menyiapkan area khusus belajar. Sebagai catatan, TV harus dimatikan karena TV akan mengganggu anak dalam belajar. Dalam hal ini, kamu bisa membiarkan anak mendengarkan musik, tapi tidak untuk TV. 

Semua peralatan yang diperlukan anak untuk belajar harus ada di atas meja, sehingga anak tidak akan terganggu setiap kali mereka membutuhkan pena tertentu atau alat tertentu. Kamu juga bisa menyiapkan minuman dan snack untuk anak kamu, sehingga dia tidak harus bolak-balik meninggalkan ruangan hanya untuk minum. 

  1. Sepakati waktu tertentu untuk belajar

Kamu harus menetapkan rutinitas umum untuk anak belajar. Sepakati jadwal belajar dengan anak kamu. Misalnya, anak kamu dapat mengerjakan PR dan belajar di kamar setelah makan malam, atau kamu juga bisa mengatur jam seperti saat mereka sekolah, yaitu di pagi hari setelah sarapan.

Waktu belajar efektif untuk anak adalah sekitar 5 menit untuk anak berusia 2 tahun, kemudian  sekitar 20 menit untuk anak yang lebih besar dan orang dewasa. Jadi, setelah waktu efektif berlalu, izinkanlah anak kamu untuk mengambil waktu istirahat sebagai penghargaan untuk mereka.

  1. Sepakati aturan khusus tentang penggunaan ponsel selama jam belajar

Menurut penelitian, anak-anak yang menggunakan perangkat media digital dalam waktu 2 hingga 4 jam sehari. Menggunakan ponsel saat belajar harus diizinkan, terutama saat anak mengambil kelas online atau perlu menelepon teman sekolah dan mendiskusikan pekerjaan rumah yang sulit. Mereka mungkin juga membutuhkan aplikasi tertentu untuk apa pun yang sedang mereka kerjakan. Jadi kamu dan anak kamu harus menyepakati aturan penggunaan telepon saat sedang belajar, supaya anak tetap fokus belajar dan tidak membuka hal lain seperti media sosial, misalnya.

  1. Jangan membantu anak mengerjakan PR! Lakukanlah hanya jika anak kamu benar-benar tidak bisa sendiri 

Sebenarnya tidak salah untuk membantu anak kamu mengerjakan pekerjaan rumah, tetapi kamu hanya perlu melakukannya jika masalahnya memang tidak dapat diselesaikan oleh anak kamu. Jika anak kamu mampu melakukannya sendiri, kamu tidak boleh membantu mereka. Biarkan mereka melakukan pekerjaannya dengan mandiri.

Penting juga bahwa kamu harus tetap tenang dan ceria saat membantu anak belajar. Menghakimi mereka, apalagi dengan berteriak dan marah-marah, justru  dapat memperburuk situasi. Berikan komentar positif! Jangan mencoba menyelesaikan tugas mereka, tetapi mintalah anak kamu untuk membacanya lagi dan kemudian menjelaskannya dengan kata-kata mereka sendiri. Ajak anak kamu untuk berdiskusi dan selesaikan masalah bersama-sama. Anak harus tetap terlibat, bahkan saat kamu membantu mereka.

Baca Juga :

Belajar Di Rumah Membuat Anak Jadi Malas Bangun Pagi? Simak Tips Membangunkan Anak Berikut Ini

11 Kebenaran yang Wajib Diketahui Anak Perempuan Kamu Sebelum Mereka Beranjak Dewasa

5 Hal Ini Sering Dikatakan Orang Tua Pada Anak dan Ternyata Dapat Melukai Anak Secara Emosional

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Tips Untuk Menjaga Agar Makanan Tetap Segar Lebih Lama

Semua orang menginginkan makanan terbaik yang masih segar