Kangkung dan brokoli, duduk santai, ada makanan super baru di kota! Butuh peningkatan kesehatan? Serai adalah penyelamat baru Anda untuk kesehatan pikiran dan tubuh. Apa itu serai, Anda bertanya? Merupakan ramuan kuliner dengan aroma zesty lemony yang dihasilkan dari batang tanaman serai (Cymbopogon Citratus). Tanaman tropis ini paling banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Serai dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, mungkin akan mengejutkan saat mengetahui bahwa tanaman ini bermanfaat dalam menghilangkan stres, membuat tidur nyenyak sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut adalah lima manfaat kesehatan utama yang dimiliki serai.

1. Tindakan Pencernaan

Serai telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok sejak zaman kuno untuk mengobati ketidaknyamanan yang berhubungan dengan perut seperti sembelit, kembung atau gangguan pencernaan. Tanaman ini memiliki elemen pendingin yang membantu menenangkan perut yang teriritasi sekaligus menjaga fungsi pencernaan Anda tetap terkendali. Komponen utama serai disebut citral yang membantu proses pencernaan, tambahnya. Yang terbaik adalah menyajikan serai sebagai bahan minuman panas setelah makan agar dapat bekerja dengan baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak yang diekstrak dari serai membantu mengendurkan otot. Itulah mengapa masuk akal untuk menggunakannya untuk gejala PMS umum seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta kram. Karena ini adalah makanan sehat kaya antioksidan dengan sifat anti-inflamasi, penggunaan tanaman ini secara teratur juga akan meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Selamat Tinggal Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang berkembang ketika darah Anda kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat. Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda merasa lemah atau lelah secara berkala karena kurangnya sel darah merah sehat yang membawa cukup pasokan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, kata Garima. Beberapa penelitian menunjukkan efek positif teh serai dalam meningkatkan proses eritropoiesis (produksi sel darah merah dalam tubuh). Efek serai ini kemungkinan disebabkan oleh adanya nutrisi seperti asam folat, tembaga, tiamin, besi, seng, dll.) karena juga memiliki sifat antioksidan dan farmakologis. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Medical News, penelitian menunjukkan bahwa meminum infus teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. 

3. Ramuan Penurun Berat Badan

Anda biasanya akan menemukan teh serai digunakan sebagai teh detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Jika Anda bertanya-tanya apakah bahan super ini bisa menjadi mitra penurunan berat badan yang hebat, jawabannya adalah ya! Serai merangsang laju metabolisme tubuh, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, ia juga bertindak sebagai diuretik alami (ini adalah senyawa yang membantu Anda membuang retensi cairan berlebihan dan kembung) yang merangsang penurunan berat badan dan menempatkan Anda selangkah lebih dekat ke sasaran berat badan yang Anda inginkan. Namun, ada pro dan kontra dalam segala hal. Jangan rutin mengkonsumsinya hanya demi menurunkan berat badan, sering mengkonsumsinya juga bisa menimbulkan efek samping.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Serai dianggap sebagai formula utama alam untuk mengurangi atau bisa dikatakan, menjinakkan tekanan darah tinggi. Kekayaan potasium dalam makanan super meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tubuh. Selain meningkatkan sirkulasi darah, serai juga membantu membersihkan hati, membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Rambut Mengkilap Dan Kulit Bercahaya

Apakah Anda selalu mendambakan kulit bercahaya bebas noda dan rambut halus berkilau? Inilah tanaman ajaib, sekali lagi untuk menyelamatkan Anda. Serai bersifat antibakteri dan antijamur dan bekerja paling baik sebagai bahan pembersih, terutama sebagai toner. Jadi, jika lain kali Anda kehabisan botol toner, Anda tahu apa yang harus dilakukan! Ada sejumlah besar nutrisi yang tersimpan di daun pucat itu. Serai merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik, yang merupakan rahasia memiliki rambut dan kulit indah.

Untuk rambut Anda, fungsinya adalah memperkuat folikel rambut, meredakan iritasi dan gatal pada kulit kepala karena sifat antijamurnya. Cara kerja tanaman ini adalah melancarkan peredaran darah seperti yang disebutkan di atas. Ini membantu memperjelas kulit Anda dengan merawat bagian kulit yang berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi kulit yang mengganggu seperti jerawat, jerawat, dan eksim.

Baca Juga :

Diet Tinggi Serat Dapat Menyebabkan Masalah Perut

Alasan Sebenarnya Shampo Anda Tidak Harus Mengandung Paraben & Sulfat

<strong>6 Alasan Anda Harus Menambahkan Oat Ke Produk Kecantikan Anda</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Manfaat Carb Cycling Untuk Diet Anda

Makan, atau tidak, itulah dilema dengan karbohidrat –