Salah satu hal pertama yang Anda buru-buru ambil ketika berhadapan dengan kulit kepala yang gatal adalah perawatan ketombe. Tapi ada yang lebih gatal dari sekedar ketombe; kulit kepala yang kering dan terkelupas dapat memiliki banyak faktor yang berkontribusi. Jika Anda berurusan dengan kulit kepala rambut kering, bersisik dan gatal, penting untuk mengetahui alasan pasti di baliknya dan menggunakan pengobatan rumahan untuk kulit kepala gatal. Ini akan memastikan bahwa Anda memperlakukannya dengan cara yang benar tanpa membuang waktu atau usaha.

Berikut adalah 4 alasan utama kulit kepala gatal dan cara menghilangkan ketombe dan kulit kepala gatal.

1. Dermatitis Seboroik atau Ketombe

Dermatitis seboroik adalah nama lain untuk ketombe dan muncul di tubuh di mana ada banyak kelenjar penghasil minyak (sebaceous) dan terutama muncul di kulit kepala Anda yang menyebabkan kekeringan dan pengelupasan. Sementara penyebab pastinya tidak diketahui, dikatakan bahwa gen dan hormon memainkan peran utama.

FYI: Tidak ada obat permanen untuk ketombe, tetapi ada cara untuk mengendalikannya dan mengurangi ketombe. Cara termudah adalah mendapatkan sampo anti ketombe yang bagus. Lakukan pemeriksaan label dan pilih opsi yang mengandung zinc pyrithione atau selenium sulfide untuk hasil terbaik. Oleskan hanya pada kulit kepala Anda dan cobalah untuk membiarkan sampo selama beberapa menit untuk melakukan keajaibannya. Jika kondisinya semakin tidak terkendali, bicarakan dengan dokter kulit Anda. Anda juga dapat membeli krim hidrokortison yang dijual bebas (1%) dan mengoleskannya dua kali sehari selama seminggu.

2. Pola makan

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa apa yang Anda makan muncul di kulit dan rambut Anda. Diet kaya makanan tinggi karbohidrat seperti roti, kentang dan susu dapat menyebabkan peningkatan ragi di kulit kepala Anda. Hal ini menyebabkan kondisi kulit kepala kering, bersisik dan gatal.

Kami tidak menyarankan untuk mengurangi karbohidrat sama sekali, tetapi jika Anda telah lama berjuang melawan ketombe, cobalah untuk menguranginya. Suplemen kesehatan rambut Anda dengan makanan kaya asam lemak omega-3, suplemen minyak ikan, dan diet kaya seng dan vitamin A, B, dan C dari buah-buahan dan sayuran. Juga, menjaga kulit kepala kering Anda terhidrasi dengan minum banyak air.

3. Tata rambut dan rutinitas perawatan rambut

Penumpukan produk dari gel, krim, balsem, pomade, dan semprotan menyebabkan kulit kepala terkelupas dan gatal. Sejumlah bahan keras yang terkandung dalam produk ini – terutama pewarna rambut dan semprotan pelindung – dapat menyebabkan alergi pada kulit kepala Anda. Selalu lakukan uji tempel untuk setiap produk baru yang Anda rencanakan untuk digunakan. Anda juga dapat menjadwalkan janji temu dengan dokter kulit Anda untuk melakukan uji coba lengkap tentang bahan-bahan yang membuat kulit Anda bertindak. Gunakan informasi ini untuk melakukan semua pembelian Anda di masa depan!

Kekeringan pada kulit kepala Anda dapat diperburuk oleh kebiasaan perawatan rambut Anda juga. Tergantung pada seberapa sering Anda mencuci rambut, kondisi terkelupas dan gatal dapat terjadi. Keramas terlalu sering mengeringkan kulit kepala Anda, dan di sisi lain, keramas yang jarang dapat menyebabkan penumpukan minyak. Periksa kembali kebiasaan mencuci rambut Anda dan pertimbangkan untuk menambahkan sampo kering ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Gunakan sampo yang lembut jika Anda tidak dapat memperpanjang siklus mencuci rambut Anda.

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit umum yang menyebabkan bercak merah dan bersisik yang mengakibatkan gatal. Jika Anda berurusan dengan psoriasis di tubuh Anda. Kemungkinan Anda mungkin mendapatkannya di kulit kepala Anda juga. Masalah ini membutuhkan perhatian dari para profesional karena Anda tidak dapat menanganinya sendiri. Perawatan biasa untuk kulit kepala terkelupas dan gatal akibat psoriasis adalah mencuci rambut dengan asam salisilat atau minyak mineral di dalamnya. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan profesional untuk menjawab pertanyaan tentang produk yang tepat yang tidak akan membebani rambut Anda!

Baca Juga :

Tips Praktis dan Murah Atasi Kulit Kepala Gatal

Ini 5 Alasan Mengapa Kulit Kepala Kamu Gatal-gatal

Rahasia Dapatkan Kulit Kepala Anti Gatal dan Rambut Halus, Cukup Dengan Gula!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Apakah itu tingkat kelembaban dan hujan yang tinggi