Disebut-sebut sebagai obat rumah yang lengkap dan manfaat mulai dari masalah kulit, masalah kesehatan dan bahkan masalah pembersihan rumah, cuka sari apel adalah pahlawan dalam setiap skenario. Dan para ahli juga menyarankan menambahkan cuka sari apel (ACV) ke rutinitas perawatan rambut Anda. Cuka sari apel bermanfaat untuk rambut dengan membersihkan kulit kepala, mengembalikan tingkat pH rambut dan menambah kilau pada rambut. Cuka sari apel juga mendapatkan popularitas di antara komunitas rambut keriting alami, yang bersumpah dengan memasukkannya sebagai bilas ACV DIY. Pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda berbagai potensi manfaat cuka sari apel untuk rambut, cara menggunakan cuka sari apel untuk rambut dan jika ada efek sampingnya.

Cuka Sari Apel untuk Perawatan Rambut – Dasar-dasar

Cuka sari apel dibuat dengan menghancurkan apel dan menambahkan bakteri dan ragi ke dalam jus untuk memulai proses fermentasi alkohol. Alkohol kemudian diubah menjadi cuka. Meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang konkret tentang manfaat cuka sari apel untuk rambut rontok, sifat asam cuka apel dikatakan menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan rambut, sehingga meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Rambut memiliki tingkat pH ideal antara 4 dan 5, tetapi sampo dapat mengganggu ini dan alkalinitas tinggi di dalamnya dapat menyebabkan gesekan, kerusakan, dan kekeringan rambut. Karena cuka sari apel bersifat asam, dapat membuat rambut lebih berkilau dan kuat dengan menjaga tingkat pH kulit kepala dan rambut. Jika Anda masih bertanya-tanya, apakah cuka sari apel baik untuk rambut, maka teruslah membaca artikel untuk mengetahui berbagai manfaat yang dimilikinya untuk Anda.

Manfaat menggunakan Cuka Sari Apel dalam Rutinitas Perawatan Rambut Anda

1. Mengurangi Kerusakan Rambut

Bisakah Anda menggunakan cuka sari apel untuk pertumbuhan rambut? Dengan potensi kemampuannya untuk menyeimbangkan tingkat pH rambut, cuka apel membantu membersihkan folikel rambut dari kotoran dan penumpukan produk. Ini menutup kutikula rambut yang membantu mencegah kerusakan dan ujung bercabang, dan karenanya, secara tidak langsung dapat bermanfaat dalam pertumbuhan rambut dan menumbuhkan rambut lebih tebal. Menggunakan cuka apel sesekali akan mengembalikan keasaman folikel rambut dan menghaluskan kutikula, membuatnya kurang lemah.

2. Kontrol Frizz

Bilas cuka apel sangat populer di kalangan jenis rambut keriting dan bertekstur alami. Rambut keriting pada dasarnya adalah keriting dan kering, kehilangan kelembapan dan mudah kusut. Cuka apel dapat membantu menghaluskan rambut dan mencegah rambut kusut, dan bukti anekdotal menunjukkan bahwa cuka apel dapat menghilangkan kusut dan kusut. Alasan rambut menjadi rapuh dan keriting adalah karena kandungan alkali yang tinggi di dalamnya. Keasaman cuka mengembalikan keseimbangan alami rambut. Asam asetat dalam cuka apel mengurangi kekeringan, membuatnya tidak terlalu kusut. Oleh karena itu, cuka sari apel untuk rambut keriting dapat bekerja dengan sangat baik dan harus dicoba untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda.

3. Menambah Kilau

Cuka apel mengandung beberapa vitamin dan mineral yang menambah kilau dan membuat mereka ternutrisi dan sehat. Alat dan produk penata rambut dapat membuat kutikula rambut menjadi kasar dan membuat helaian rambut menjadi kusam dan mudah kusut. Cuka Sari Apel melapisi kutikula membuat rambut Anda lembut, berkilau, dan lebih mudah diatur. 

4. Menjernihkan Kulit Kepala

Cuka apel efektif dalam menyingkirkan produk yang menumpuk di kulit kepala dan membersihkan serta memperjelas rambut. Produk penataan rambut seringkali meninggalkan residu dan mengganggu keseimbangan pH rambut. Cuka apel adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu pengelupasan kulit. Kulit kepala kita secara alami bersifat asam dan begitu juga cuka apel. Kutikula rambut kita halus ketika sedikit asam. Dan produk penataan rambut membuka kutikula membuat rambut kita lebih basa. Dengan menggunakan cuka apel, keasaman normal rambut dipulihkan dan masalah penumpukan produk teratasi.

5. Membantu Mengatasi Gatal dan Iritasi

Sifat penyembuhan seperti sifat anti-bakteri dan anti-jamur di cuka apel dapat membantu melawan bakteri dan jamur yang menyebabkan ketombe yang menyebabkan gatal dan iritasi. Terlalu banyak ragi yang ada di area kulit yang berminyak memicu peradangan yang menyebabkan pengelupasan. Cuka sari apel mengandung asam malat yang membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala. Menggunakan cuka sari apel untuk ketombe rambut bermanfaat untuk kulit kepala yang sehat.

Baca Juga :

Mau Tahu Manfaat Cuka Apel? Yuk Kita Lihat

Ternyata Keramas Dengan Cuka Apel Bermanfaat Banyak Untuk Rambut Kamu!

Manfaat Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Manfaat Menggunakan Masker Rambut Semalam

Mari kita hadapi itu-kita menetapkan tujuan menjadi lebih