Saat tiba di rumah sepulang kerja, biasanya orang akan melepas sepatu dan bersantai dengan bertelanjang kaki. Banyak anggapan bahwa bertelanjang kaki baik untuk kesehatan karena membuat kaki lebih rileks. Namun, ternyata ada juga dampak kesehatan yang kurang menyenangkan jika kamu selalu bertelanjang kaki.

Berikut adalah beberapa alasan untuk tidak bertelanjang kaki bahkan saat sedang di dalam rumah sekalipun :

  1. Kaki akan lebih rentan terkena bakteri

Bahkan ketika kamu baru saja mengepel lantai, bukan berarti lantai kamu bebas kuman dan bakteri. Mungkin lantai memang terlihat bersih, tapi kamu tidak pernah tahu jika ternyata masih ada debu rumah yang mengandung banyak bakteri dan jamur berbahaya. 

Jika kamu berjalan-jalan dengan kaki telanjang, itu sama saja kamu sedang mengekspos diri kamu untuk mikroorganisme yang dapat menginfeksi kulit kaki. Jika dibiarkan terus-menerus, kamu akan berisiko mengalami infeksi kuku kaki, membuatnya menguning dan rapuh. 

  1. Permukaan yang keras tidak baik untuk kaki kamu

Sesekali berjalan tanpa alas kaki di atas rumput memang terasa menyenangkan dan menyegarkan. Kebiasaan bertelanjang kaki di atas rumput juga dapat membantu kamu menghilangkan stres. Namun, jika kamu bertelanjang kaki di dalam rumah dengan lantai yang keras, akan lain ceritanya. Hal ini bisa merusak kaki kamu. 

Sebab, kaki membutuhkan permukaan yang lebih lembut agar memungkinkan kaki “tenggelam” secara alami dan menopang bagian dalam kaki. Karena sebagian besar lantai terlalu keras, berjalan tanpa alas kaki yang lembut akan menyebabkan stres dan rasa sakit pada tumit dan lutut kamu.

  1. Meningkatkan risiko cedera

Membiarkan kaki bernapas dengan melepas alas kaki usai beraktivitas di luar rumah memang sangat menyenangkan. Namun, berjalan di sekitar rumah tanpa alas kaki dapat menyebabkan jatuh dan cedera. Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang bertelanjang kaki atau memakai kaus kaki tanpa sepatu, maka ia memiliki risiko jatuh dan otot terkilir. 

  1. Memicu risiko sakit punggung

Pernahkah kamu merasa kaki sangat pegal setelah berjalan tanpa alas kaki? Nah, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk hal ini. Berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang keras dapat menyebabkan distribusi berat yang tidak merata di seluruh kaki kamu. 

Ketidakseimbangan ini dapat memperburuk kelainan bentuk kaki jika kamu memiliki bentuk kaki yang tidak normal. Bahkan, kebiasaan bertelanjang kaki di permukaan keras juga dapat mempengaruhi bagian atas tubuh kamu, dan menyebabkan lutut serta punggung terasa sakit.

  1. Menyebabkan bau kaki

Berjalan dengan kaki telanjang, selain membuat kaki dan punggung jadi sakit, juga dapat menyebabkan bau kaki yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena kamu tidak memakai sepatu yang mampu melindungi kaki dari bakteri, entah itu bakteri di lantai, di kamar mandi, atau saat di tempat umum. 

Dengan berjalan tanpa alas kaki, maka bakteri akan mudah menginfeksi kaki kamu, inilah yang membuat kaki mudah berbau. 

Tidak hanya itu, jika kamu rajin memakai sepatu tetapi tidak mencucinya secara berkala, bakteri juga akan tinggal di dalam sepatu kamu dan menginfeksi kaki kamu. Tetaplah menjaga kebersihan kaki dan alas kaki untuk membebaskan diri dari bakteri berbahaya.

Baca Juga :

Ingin Kaki Terlihat Lebih Kecil? Coba 4 Jenis Sepatu Ini

Ini 6 Aturan Pakai Kaus Kaki agar Tetap Fungsional dan Stylish

8 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan