Selain baik untuk kesehatan tubuh dan lezat saat dijadikan pelengkap makanan dan minuman, madu juga sangat baik untuk kulit. Itulah mengapa banyak yang memanfaatkan madu untuk perawatan kecantikan. Ingin tahu perawatan apa saja yang bisa dilakukan dengan madu? Simak penjelasan berikut.

Nutrisi Madu dan Manfaatnya untuk Kulit

Madu yang kaya antioksidan memberikan banyak manfaat untuk perawatan kesehatan dan penyembuhan masalah kulit. Madu memiliki sifat anti mikroba, sifat melembabkan, dan menghidrasi, sehingga mampu menenangkan kulit yang meradang. 

Selain itu, madu juga kaya akan sifat anti jamur dan antibakteri, sehingga akan membantu membersihkan pori-pori kulit, membunuh bakteri, dan mengobati jerawat. Menarik, bukan?

Madu memiliki kemampuan menyerap air dan menghidrasi kulit secara mendalam tanpa meninggalkan rasa berminyak. Jadi, madu menjadi bahan perawatan kulit yang ideal untuk jenis kulit berjerawat. Bahkan, madu juga cocok untuk mereka yang mengalami masalah kulit kronis seperti eksim atau rosacea

Selain merawat kulit kering dan kulit reaktif dengan efek menenangkannya, madu pun mengandung hidrogen peroksida yang dapat membantu memudarkan bekas luka pada kulit. Madu juga merupakan sumber antioksidan dan polifenol yang bagus untuk kulit. Perawatan dengan madu akan membantu meminimalkan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Memilih Madu dengan Bijak

Jika kamu ingin mendapatkan segudang manfaat dari madu, maka kamu harus bijak dala memilih produk madu. Jangan sembarangan menggunakan madu kemasan yang dijual di pasaran. Untuk menambahkan mau ke dalam rutinitas perawatan kulit, kamu harus mencari madu mentah atau madu yang benar-benar murni. 

Karena, jenis madu lainnya, biasanya sudah dipanaskan dan disaring demi umur simpan yang lebih lama, alias demi mengawetkan produk madu. Padahal hal itu dapat mengurangi sifat kaya enzim pada madu. 

Meskipun madu murni atau madu mentah harganya jauh lebih mahal, tetapi madu tersebut adalah pilihan terbaik bagi perawatan kecantikan kamu. Trik cepat dan mudah untuk memilih madu murni adalah memilih madu yang lebih gelap.

Membuat Masker Madu

Ada banyak sekali resep masker madu yang beredar di internet. Namun, jika ingin efeknya maksimal, kamu bisa mencoba dua resep masker madu berikut :

  1. Masker Madu dan Alpukat

Bahan yang kamu butuhkan adalah madu dan buah alpukat. Cara membuatnya, campurkan setengah buah alpukat dan dua sendok makan madu, buat kedua bahan tersebut menjadi pasta, kemudian oleskan pada kulit. Tunggu beberapa menit, sampai masker meresap, kemudian bilas sampai bersih. 

  1. Masker Madu dan Gula

Resep masker yang satu ini ditujukan untuk mencerahkan bibir. Bahan yang kamu perlukan hanya madu dan gula. 

Cara membuat maskernya, cukup campurkan satu sendok teh madu dengan dua sendok teh gula, oleskan pasta madu dan gula pada bibir, pijar dengan memberikan sedikit tekanan untuk melonggarkan sel-sel kulit mati. Pastikan untuk membilas bibir setelah mengoleskan pasta madu dan gula. 

Dengan perawatan rutin, kulit bibir kamu akan lebih halus dan lebih cerah. Hal ini terjadi karena madu melembabkan bibir kamu dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. 

Baca Juga :

Keinginan Menjalani Hubungan yang Manis seperti Bulan Madu Justru Berbahaya untuk Hubungan kamu

Madu Bisa Hilangkan Flek Hitam, Benarkah Demikian?

Biar Beda, Ini Cara Bulan Madu Unik Untuk Kamu Dan Pasangan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,