Tak hanya Indonesia saja, namun beberapa negara lain pun juga memiliki olahan nasinya sendiri. Sebut saja onigiri dari Jepang yang dibuat menggunakan campuran rumput laut, nasi briyani, dan beragam hidangan lain. Nasi adalah makanan pokok yang mengenyangkan, bergizi, dan murah yang dapat diolah dengan mudah. Nasi juga memiliki kandungan gizi yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.

Walaupun nasi adalah makanan yang sehat, ia tinggi karbohidrat, sehingga beberapa orang cenderung menahan diri untuk tidak makan nasi. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, maka dipercaya jumlah kalori harian juga akan berkurang sehingga berat badan pun akan turun. Sebenarnya diet tidak menjadi alasan untuk tidak mendapatkan karbohidrat, karena ada beberapa alternatif pengganti nasi yang dapat dicoba, diantaranya :

Quinoa

Quinoa adalah biji yang telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Akhir-akhir ini Quinoa sangat populer karena kandungan dan nutrisi dan manfaat kesehatan. Quinoa memiliki biji yang kecil dan bebas gluten serta memiliki kandungan protein lebih banyak jika dibandingkan nasi. 

Millet Finger

Millet finger atau jewawut adalah tanaman biji-bijian yang memiliki bentuk kurang menarik dan tumbuh di area gersang, namun millet memiliki kandungan baik untuk tubuh. Ia memiliki sifat antioksidan dan antidiabetes yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Selain baik untuk tubuh, millet juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang sangat baik untuk kulit. Ia juga memiliki kandungan asam amino yang membantu pembentukan kolagen tubuh, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga dan tetap sehat.

Gandum Bulgur

Dilansir The Spruce Eats, bulgur sendiri sebenarnya berasal dari gandum retak yang telah direbus dan dikeringkan sebelum dikemas. Bulgur adalah jenis gandum yang dapat dimasak dan matang dalam waktu singkat. Cocok bagi Anda yang terburu-buru di pagi hari.

 Gandum bulgur bisa siap hanya dalam waktu kurang dari 15 menit saja. Cukup dimasak menggunakan panci hingga empuk dan mendidih, lalu haluskan menggunakan garpu setelah ditiriskan sebelumnya. Bulgur memiliki citarasa manis dengan aroma ringan. 

Bulgur memiliki beberapa jenis tekstur, dari halus, sedang, hingga besar. Semakin halus butirannya, maka semakin singkat juga waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Bulgur bertekstur halus digunakan untuk beberapa resep salad, sedangkan burgul bertekstur sedang bisa digunakan untuk campuran sereal, bubur, hingga burger untuk vegetarian. Burgul kasar biasa dicampurkan dalam semur, sup, hingga bakso. 

Bulgur dapat disimpan dalam wadah kedap udara yang terlindung dari kelembaban, cahaya, dan panas. Jika disimpan dalam tempat tersebut, bulgur bisa awet hingga 24 bulan. Bahkan, kalau bulgur disimpan dalam freezer umur simpannya bisa bertahan lebih lama. Sisa bulgur atau sisa makanan yang mengandung bulgur bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau lemari es dan tahan selama tiga hari.

Nasi Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Masukkan kembang kol ke dalam nasi Anda agar porsi nasi Anda bisa berkurang. Lama-lama Anda bisa mengganti nasi dengan kembang kol . Kembang kol sendiri tinggi gizi dan sarat folat, vitamin K, hingga serat. Kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang mudah disiapkan.

Baca Juga :

Pengganti Karbo yang Tidak Kalah Lezatnya dengan Nasi

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu dan 4 Makanan Penggantinya

Ini 6 Sumber Protein Nabati Bergizi Pengganti Daging Buat Kamu Si Vegetarian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik