Ketika kamu memiliki sistem imun yang tidak baik, perubahan cuaca yang tak tentu saat ini bisa membuat hidung kamu meler, tenggorokan gatal, dan membuat kamu bersin tanpa henti. Inilah pertanda bahwa kamu sedang mengalami flu yang mengganggu aktivitas harianmu. Di saat seperti ini kamu mungkin tidak suka makan karena terasa pahit, tetapi kamu masih harus makan sesuatu.

Makanan yang tepat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan kamu dan memperbaiki gejala flu lebih cepat. Tapi sebaliknya, makanan yang salah dapat membuat gejala yang kamu alami menjadi lebih buruk.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan saat kamu sedang Flu :

Makanan yang harus dihindari

  • Stroberi

Kamu mungkin mengira makanan super ini adalah jackpot ketika kamu sedang pilek, karena rasanya yang segar, tetapi efeknya justru sebaliknya. Stroberi adalah pelepas histamin tinggi yang bisa menjadi mimpi buruk untuk gejala pilek, terutama pada hidung tersumbat.

  • Permen

Umumnya, permen mengandung banyak gula dan makan gula ketika sedang flu dapat menekan sistem kekebalan dan mengendurkan kemampuan sel darah putih kamu untuk melawan kuman yang membuat kamu sakit. Karena itu, kamu harus mencoba mengendalikan keinginan makan gula, kecuali jika kamu ingin memperburuk gejala yang kamu alami.

  • Makanan olahan

Tidak semua makanan olahan itu pilihan yang buruk, tetapi beberapa di antaranya mungkin mengandung garam, gula, dan lemak tingkat tinggi yang tidak baik untuk kamu. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan peradangan dan dapat menunda proses penyembuhan tubuh kamu. Dengan mengingat hal itu, camilan gurih, minuman ringan, sereal sarapan, bacon, atau sosis harus harus dihindari setidaknya sampai kamu merasa lebih baik.

  • Acar

Acar memang sangat nikmat saat dinikmati bersama nasi goreng, mie goreng, steak atau makanan lainnya. Tetapi cobalah menghindari acar jika kamu  sedang sakit. Makanan ini mengandung cuka atau garam, yang merupakan bahan yang dapat meningkatkan peradangan pada tenggorokan. Jadi, jika kamu tidak ingin radangmu semakin parah, jangan makan acar dulu, ya!

  • Camilan

Jika kamu batuk atau sakit tenggorokan, makan camilan renyah seperti kerupuk, nacho, keripik kentang, atau pretzel mungkin terasa seperti amplas di tenggorokan kamu. Makanan ini bisa sangat mengiritasi tenggorokan, yang berarti akan memperpanjang penderitaan kamu selama flu.

Makanan yang boleh dimakan

  • Sup ayam

Semangkuk sup ayam adalah suatu keharusan ketika kamu sedang flu. Sup akan membuat kamu tetap terhidrasi, dan mendapatkan gizi. Sup juga akan menenangkan kamu. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa sup memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu gejala pilek kamu.

  • Cabai rawit

Mungkin kamu bisa mencampurkan cabai rawit jika ingin sedikit membumbui makanan kamu. Cabai memiliki sesuatu yang disebut capsaicin, yaitu bahan yang dapat meredakan gejala flu. Ini bekerja seperti dekongestan dan ekspektoran, yang dapat memecah lendir dan meredakan batuk dan hidung tersumbat. Nah, buat kamu yang doyan makan pedas, kamu boleh makan pedas saat flu untuk meredakan gejala.

  • Jahe

Secangkir teh jahe hangat bisa menjadi sahabat kamu saat kamu sedang demam dan flu. Akar yang kuat ini memiliki efek analgesik dan anti-inflamasi yang membantu melawan virus. Jahe menghilangkan hidung tersumbat, menekan batuk, dan menenangkan tenggorokan kamu – jadi, kamu bisa menikmati teh jahe atau jahe hangat saat sedang tidak enak badan.

  • Jamur

Tidak hanya enak, jamur juga memiliki khasiat kesehatan yang baik, loh. Jamur adalah penguat kekebalan tubuh dan merupakan makanan yang kaya akan selenium, magnesium, dan seng. Sifat anti virus yang kuat pada jamur menjadikannya makanan penangkal dingin dan flu yang luar biasa.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tidak-ingin-terkena-flu-6-tips-ini-akan-membantu-kamu-menghindari-flu/

https://www.tampilcantik.com/inilah-7-hal-yang-dapat-kamu-lakukan-untuk-mencegah-flu/

https://www.tampilcantik.com/amankan-dirimu-musim-hujan-ini-dengan-mengikuti-tips-mencegah-flu-berdasarkan-ayurveda-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang