Musim panas sudah dekat. Biasanya, saat musim panas sudah di depan mata, orang akan mulai rajin menggunakan sunscreen. Umumnya, orang akan mengoleskan sunscreen pada bagian wajah, tangan, lengan, leher, bahkan punggung.

Tetapi, tanpa mereka sadar, ada beberapa bagian tubuh penting yang justru luput dari sunscreen. Padahal, bagian tubuh ini juga membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Kira-kira bagian tubuh mana yang sering dilupakan orang saat menggunakan sunscreen? Simak daftar berikut ini, ya.

  1. Rambut dan kulit kepala

Kamu mungkin berpikir bahwa kulit kepala kamu tidak membutuhkan perlindungan tambahan dari sinar UV karena ada rambut yang menutupi dan melindunginya dari sinar matahari. 

Namun, matahari dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan kulit kepala, loh. Apalagi saat kamu sedang berenang di kolam renang outdoor atau sedang berlibur di pantai. Keadaan bisa menjadi lebih buruk karenanya. 

Saat berenang, rambut kamu menjadi kering karena efek klorin dan garam. Plus, warna rambut kamu bisa berubah karena sinar matahari.

Untuk melindungi rambut dari sinar UV, kamu bisa mengaplikasikan masker rambut dan selalu menggunakan topi di cuaca terik.

  1. Bibir

Saat menggunakan tabir surya alias sunscreen, kamu tidak boleh melupakan bagian bibir. Karena, paparan sinar matahari terjadi terus-menerus dapat menyebabkan beberapa masalah yang berhubungan dengan bibir. Tanpa perlindungan ekstra, bibir bagian bawah kamu memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami masalah akibat sinar matahari. 

Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah perubahan warna bibir dan bibir kering. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencari nutrisi pelindung bibir dari sinar UV.

  1. Kaki

Mungkin kamu sudah sadar bahwa bagian kaki harus diberi losion atau sunscreen agar tidak belang saat berjemur di bawah sinar matahari. Tapi, hal yang banyak dilupakan adalah bagian telapak kaki. Memang tidak masalah jika kamu memakai sepatu yang menutupi seluruh kaki kamu. Tapi, jika kamu sedang berjemur, berbaring, atau tengkurap, tentu saja kamu harus mengoleskan tabir surya ke bagian telapak kaki juga.

Faktanya, kulit di bagian bawah kaki adalah kulit yang sangat sensitif dan akan terbakar sinar matahari dengan sangat cepat. Selain itu, perlu dicatat bahwa orang dengan kulit lebih gelap cenderung rentan terhadap melanoma, yang biasanya muncul di bagian bawah kaki.

Jadi, jika kamu sedang menggunakan sunscreen, oleskan juga sunscreen kamu di bagian telapak kaki untuk melindunginya.

  1. Mata

Area bawah mata adalah bagian yang sangat rentan terhadap penggelapan dan kemerahan akibat paparan sinar matahari. Jadi, penting untuk merawat area ini saat kamu tengah berjemur di bawah sinar matahari atau sedang bepergian di cuaca terik.

Selain itu, sinar matahari juga berpotensi memperjelas kerutan di sekitar mata kamu. Mengapa demikian? Karena saat kamu melihat pemandangan di depan mata dengan cahaya matahari yang begitu terik, kamu akan refleks menyipitkan mata. Inilah yang akan membuat kerutan kamu semakin terlihat.

Jika tak ingin hal itu terjadi, mulailah menggunakan kacamata gelap pelindung sinar UV saat berada di luar ruangan. 

  1. Telinga

Kamu juga harus melindungi telinga kamu dari paparan sinar matahari dengan mengaplikasikan sunscreen di area daun telinga dan belakang telinga, terutama jika rambut kamu diikat ke belakang. 

Tentu kamu tidak ingin warna telinga kamu jadi berbeda dengan warna wajah, bukan? Pastinya kamu tidak ingin daun telinga kamu terbakar sinar matahari. Jadi, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen di daun telinga juga ya.

Baca Juga L:

Wanita Kulit Gelap Tidak Memakai Sunscreen? Awas, Bahaya!

Lawan Terik Matahari dengan Rangkaian Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sunscreen Aman Di Kulit Akan Bisa Kamu Dapatkan Dengan Tips Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sebenarnya Perlu Mandi Berapa Kali Sih Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan