Kulit kusam menjadikan penampilan wajah kita kurang menarik dan kurang cerah. Biasanya seseorang yang memiliki kulit kusam juga memiliki tingkat kekenyalan yang rendah. Kerap kali kulit kusam menjadi salah satu penyebab seseorang merasa kurang percaya diri dengan tampilannya.

Terdapat beberapa penyebab bagaimana kulit Anda bisa berubah menjadi kusam. Bisa karena faktor dari internal, seperti kurangnya asupan air atau vitamin. Bisa juga disebabkan karena faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi atau penggunaan make up yang tidak sesuai.

Kulit kusam dapat diatasi dengan berbagai hal. Pertama, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi. Selain itu terdapat beberapa cara mengatasi kulit kusam yang dapat Anda lakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan make up yang tepat

Make up yang tepat dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Untuk mengatasi kulit kusam, pilih alas seperti BB cream yang dibuat dengan pelembab untuk meningkatkan kelembaban. Untuk cakupan yang lebih banyak, gunakan alas bedak dengan pigmen pemantul cahaya karena ia dapat memantulkan cahaya dari kulit sehingga terlihat lebih merata.

2. Gunakan masker

Selain rangkaian skincare seperti cleanser, toner dan serum, Anda juga bisa menggunakan masker secara rutin agar dapat mengembalikan rona wajah alami. Masker untuk mengatasi kulit kusam dapat ditemukan di toko-toko kosmetik ataupun drugstore. Jika tidak ingin menggunakan masker instan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengembalikan wajah cerah Anda. Gunakan masker tomat atau lemon untuk membantu mencerakan wajah.

3. Aplikasikan sunscreen

Anda tidak perlu pindah dan bersembunyi di gua untuk menjaga kulit Anda tetap halus dan rata. Pertahankan kelembaban wajah dengan menggunakan sunscreen minimal SPF 30 yang memiliki fitur broad specturm. Sunscreen juga melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat membuat kulit semakin kusam. Selalu aplikasikan suncreen setiap hari, baik di dalam maupun luar ruangan. Baik saat cuaca panas maupun mendung. 

4. Gaya hidup sehat

Anda dapat mengembalikan cahaya di wajah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Contohnya seperti memperhatikan gizi dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi makan makanan yang mengandung banyak minyak dan gula. Makanan yang banyak mengandung minyak dapat meningkatkan produksi minyak dalam kulit sehingga membuat wajah menjadi kusam.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki jadwal tidur yang layak. Usahakan untuk mendapat waktu tidur dengan durasi tujuh sampai delapan jam. Dapatkan tidur yang berkualitas sehingga kulit kusam dan tanpa penuaan bisa dihindari.

5. Gunakan moisturizer secara rutin

Mengaplikasikan pelembab setiap pagi dan sore mengisi celah tersebut dengan lipid, yang meniru lemak alami kulit, menciptakan permukaan yang halus dan reflektif. Carilah pelembab dengan bahan-bahan seperti ceramide untuk membantu memperbaiki fungsi penghalang kulit dan meningkatkan retensi air, dan asam hialuronat, yang membuat sel-sel kulit menjadi lebih padat dengan menarik air.

Ketika mengaplikasikan moisturizer juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Gunakan pelembab dengan gerakan ke atas untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sel sehingga mereka dapat membawa oksigen ke permukaan kulit, membuatnya tampak ternutrisi dan sehat.

Baca Juga :

8 Penyebab Kulit Kusam Yang Harus Diketahui

10 Penyebab Kulit Kusam Yang Wajib Diketahui – Bagian 2

10 Penyebab Kulit Kusam Yang Wajib Diketahui – Bagian 1

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dengan Hair Spa di Rumah

Hair spa merupakan salah satu perawatan yang difavoritkan