Masa pandemi belum usai. Kehati-hatian akan covid 19 masih harus terus ditingkatkan. Meski demikian tidak bisa dipungkiri bahwa kemungkinan untuk terjangkit covid masih sangat tinggi. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan guna mencegah penularan virus ini.

Akan tetapi, bagaimana jika terlanjur terjangkit dan harus isolasi mandiri? Tentunya perlu banyak hal yang dipikirkan oleh para ibu jika dalam satu keluarga terpaksa harus isolasi mandiri. Salah satunya adalah bagaimana menghibur si kecil agar tidak bosan saaat isolasi mandiri.

1. Bergerak

Berjalan, lari, bermain skuter atau sepeda di sekitar halaman rumah bisa dijadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil. Tidak hanya udara segar yang baik untuk jiwa, kegiatan ini adalah kesempatan besar bagi mereka untuk menikmati lingkungan sekitar dan berolahraga yang sangat dibutuhkan untuk membakar energi. Jika halaman rumah tidak memungkinkan untuk bermain skuter atau sepeda, Anda bisa menggunakan trampolin untuk membantu si kecil bergerak sambil bersenang-senang.

  1. Membuat kue

Memasak atau membuat kue bersama anak-anak Anda adalah kegiatan yang sempurna bagi mereka untuk belajar dan bermain. Untuk balita, biarkan mereka terlibat – cobalah menikmati kekacauan saat mereka dilumuri tepung dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tantang anak Anda yang lebih besar untuk membuat kue. Pikirkan tentang membuat sesuatu untuk tetangga atau pekerja penting juga. Mempelajari karunia memberi sangat berharga, berapa pun usianya.

  1. Membuat mainan sendiri

Terkadang hal-hal sederhana yang bisa membawa kebahagiaan terbesar. Buat adonan mainan dalam jumlah besar, atau cobalah membekukan mainan kecil dalam wadah besar berisi air – ini bisa menjadi berjam-jam menyenangkan karena mereka mencoba menggalinya saat es mencair. Selain membantu anak menghadapi rasa bosan, hal ini juga dapat meningkatkan kreativitas anak.

4. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman

Meski isolasi mandiri, anak tetap memiliki kebutuhan untuk bersosialisi. Bantu anak untuk memenuhi kebutuhan ini dengan tetap memberi ruang pada anak untuk terhubung dengan teman atau keluarga lain seperti kakek dan nenek. Luangkan waktu sejenak untuk menghubungi keluarga atau teman sehingga anak tetap dapat bersosialisasi.

5. Jadilah kreatif

Cobalah eksperimen seperti gunung berapi soda kue – meskipun eksperimen 30 detik mungkin membutuhkan waktu 30 menit untuk membersihkannya. Membuat slime, membuat lintasan mobil balap di lantai menggunakan pita listrik, atau membangun benteng. Masuk ke dapur Anda dan biarkan mereka menggunakan barang kadaluarsa untuk membuat ramuan yang berbeda. Bermain-main dengan tekstur dan bahan yang berbeda bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk petualangan si kecil.

  1. Membaca

Salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan anak kecil adalah dengan membacakan untuk mereka – tidak ada kesenangan yang lebih besar daripada berbagi buku bersama (bahkan jika itu adalah buku yang sama untuk ke-100 kalinya). Jika anak sudah lebih besar, sarankan membaca dalam hati selama 30 menit setiap hari atau sediakan buku audio untuk mereka. Hal ini selain untuk mendapatkan pengetahuan baru untuk anak, imaginasi si kecil juga akan semakin terstimulus.

Baca Juga :

7 Tips Parenting Supaya Anak Tidak Ngeyel atau Keras Kepala

7 Kesalahan Parenting yang Dapat Merusak Masa Depan Anak

Tips Parenting Jaman Kakek-Nenek Ini Dibilang Sudah “Ketinggalan Jaman”. Anak 80-90an Pasti Dididik Seperti Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Yang Perlu Diketahui Semua Ibu Pertama Kali Tentang Memandikan Bayi Baru Lahirnya

Menjadi ibu pertama kalinya bisa menjadi urusan yang