Camilan adalah makanan wajib yang harus ada di rumah. Entah itu chips atau cookies. Apalagi saat sedang dalam masa self isolation dan social distancing. Tentu kamu tidak tahun untuk tidak membeli camilan di supermarket, kan?

Tapi bagaimana jika kamu sedang dalam program diet? Tentu kamu harus berhenti makan camilan untuk membuat dietmu jadi sukses. Nah, bagaimana caranya? Berikut adalah tips untuk kamu yang sulit berhenti makan camilan :

  • Gunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil
Mangkok Makanan Cemilan Multifungsi Sangat Praktis | Shopee Indonesia

Kamu cenderung ingin memakan sesuatu yang ada di depan mata. Jadi, jika kamu mengisi mangkuk besar dengan camilan, kamu mungkin akan berpikir bahwa kamu harus menghabiskan semuanya. Di sisi lain, jika kamu mengisi mangkuk yang lebih kecil dengan camilan favoritmu, itu akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu sudah mengambil banyak camilan.

  • Temukan cara sehat untuk memuaskan hasrat kamu

Jika kamu menyukai makanan ringan seperti keripik karena garam atau kerenyahannya, pertimbangkan untuk memilih sesuatu yang yang lebih baik untuk tubuhmu, tapi tetap menawarkan pengalaman yang sama. Misalnya, cobalah batang wortel dengan selai kacang, atau makanlah segenggam almond. Dengan cara ini, jika kamu terlalu banyak ngemil, setidaknya kamu makan makanan camilan yang bergizi.

  • Jauhkan makanan favorit kamu dari pandangan
Ramadan 2019: Kiat Berbuka Puasa Sehat dengan Perhatikan Pola ...

Jika kamu memiliki camilan yang selalu kamu makan dengan lahap hingga membabi-buta, letakkan camilan itu jauh dari hadapanmu. Letakkan di tempat yang susah dijangkau, hingga saat kamu ingin mengambilnya, kamu memiliki kesempatan untuk berpikir, “Apakah aku benar-benar menginginkan camilan ini?”. Kedengarannya sederhana, tetapi cara ini akan berhasil.

  • Makan pelan-pelan

Kamu pasti pernah mendengar ini sebelumnya : Makan lebih lambat dapat membuat kamu makan lebih sedikit. Jadi, semakin lambat kamu makan, semakin banyak waktu untuk perut kamu memberi tahu otak bahwa kamu kenyang. Untuk memperlambat kecepatan ngemil, cobalah makan dengan tangan yang tidak dominan. Misal kamu biasa beraktivitas dengan tangan kanan, maka saat ngemil, gunakanlah tangan kiri, begitu pula sebaliknya.  

  • Jangan multitasking sambil ngemil

Saat kamu ngemil, simpanlah dan jauhkan handphone, komputer,  TV atau buku kamu. Sebaiknya kamu habiskan waktu hanya untuk ngemil saja. Berkonsentrasilah dengan kegiatanmu mengunyah dan menikmati camilan. Ini akan membantu kamu merasa lebih puas dan juga sadar akan seberapa banyak camilan yang kamu makan.

Ada banyak penelitian tentang hal ini dan semuanya menunjukkan bahwa kamu akan makan lebih sedikit ketika kamu benar-benar fokus makan (tidak multitasking). Satu meta-analisis dari 24 studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa “makan dengan serius dan penuh perhatian” dapat membantu menurunkan berat badan tanpa repot menghitung kalori.

Jika kamu makan dan ngemil sambil melakukan aktivitas seperti menonton televisi, atau bermain handphone, besar kemungkinan kamu tidak akan sadar seberapa banyak makanan yang sudah kamu makan. Kamu juga akan merasa kurang puas, sehingga sebanyak apa pun camilan yang kamu siapkan, rasanya tidak akan pernah cukup, karena kamu makan sambil melakukan hal lain.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/asal-tahu-aturannya-pas-diet-boleh-makan-cemilan-koq/

http://www.tampilcantik.com/cemilan-malam-sehat-yang-disetujui-oleh-ahli-nutrisi/

http://www.tampilcantik.com/yang-manis-belum-tentu-bikin-gendut-cemilan-manis-ini-bisa-membantu-menurunkan-berat-badan-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Virus COVID-19 Menular Lewat Udara? Berikut Penjelasan WHO

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 29