Tetap sehat adalah pilihan gaya hidup yang memerlukan komitmen. Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa keanggotaan gym yang mahal dan makanan diet yang mahal membutuhkan banyak uang, sebenarnya tidak demikian. Anda benar-benar bisa menjadi bugar tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Jadi jika Anda sedang mencari cara untuk tetap sehat tanpa mengeluarkan banyak uang, berikut beberapa tips yang akan berguna.

  1. Carilah olahraga gratis

Meskipun bergabung dengan gym atau kelas yoga merupakan langkah menuju hidup sehat, Anda tidak selalu harus mendaftar ke gym atau kelas yoga untuk menjadi bugar. Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Misalnya, jalan kaki atau lari di taman dekat rumah atau kantor adalah salah satu cara berolahraga gratis. Anda juga dapat mencari lokakarya dan kelas gratis di kota Anda. Banyak di antaranya terjadi di taman, atau kadang-kadang, di sekolah atau di pusat pendidikan. Temukan ini dengan memperhatikan aktivitas yang terjadi di daerah Anda.

  1. Manfaatkan aplikasi dan saluran kebugaran

Dengan dunia yang semakin digital, ada banyak cara untuk berolahraga bahkan tanpa harus keluar rumah. Anda dapat berolahraga di ruang tamu Anda secara gratis, dengan instruksi dari profesional kebugaran terlatih. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasi kebugaran di ponsel Anda atau berlangganan saluran tersebut di YouTube. Carilah saluran yang memiliki rating bagus atau saluran populer dan terverifikasi sehingga Anda mendapatkan penawaran terbaik. Meskipun membutuhkan dedikasi untuk mendorong diri sendiri dan meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur, bagian baiknya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang.

  1. Makan makanan lokal

Meskipun makanan sehat eksotik seperti alpukat, kangkung, acai berry mudah didapat di supermarket, namun harganya lebih mahal dibandingkan makanan lokal yang memiliki nilai gizi serupa. Sebab, produk tersebut tidak ditanam di dalam negeri dan harus diimpor. Namun Anda tidak perlu membeli makanan mahal tersebut untuk makan sehat. Sebaliknya, carilah pilihan yang lebih murah dan ditanam di rumah seperti sayuran hijau, buah-buahan musiman, dan biji-bijian yang ditanam di India. Ragi, jowar dan bajra kaya akan nutrisi dan juga terjangkau.

  1. Masak sendiri di rumah, bukan memesan makanan

Memesan makanan atau makan di luar selalu lebih mahal daripada memasak. Jika Anda tidak banyak memasak, mulailah dengan resep mudah yang sehat dan cepat dibuat, seperti salad atau sandwich. Anda bisa mencoba memanggang atau memanggang, yang merupakan pilihan yang lebih sehat, daripada menggoreng. Jika Anda kekurangan waktu, carilah cara untuk mendapatkan makanan rumahan daripada makan di luar setiap hari karena hal itu tidak akan memberikan manfaat bagi tujuan kebugaran Anda.

  1. Hindari alkohol

Ini mungkin tidak mudah, terutama jika Anda suka berpesta dan minum setiap akhir pekan, tetapi hal ini memerlukan biaya dan tidak memberikan manfaat apa pun pada tingkat kebugaran Anda. Mengurangi asupan atau berhenti minum alkohol tidak hanya akan membantu Anda menghemat uang, tetapi juga lebih baik bagi kesehatan Anda. Minuman beralkohol mengandung kalori kosong dan Anda benar-benar perlu berolahraga lebih banyak untuk membakarnya. Fakta bahwa minuman tidak terlalu murah juga merupakan alasan lain untuk berhenti.

Baca Juga :

Camilan Sehat Saat Pesta Menonton Bersama Pasangan Anda

12 Manfaat Kesehatan Quinoa Berbasis Bukti

Diet Tanpa Gula: Manfaat Kesehatan, Daftar Makanan, dan Risiko

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Vitamin Untuk Kesehatan Hati

Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan