Setiap negara negara memiliki aturan masyarakat yang bisa jadi tidak sama dari negara lainnya. Nah, di Jerman, ada juga beberapa aturan unik yang berbeda dari Indonesia. Mungkin para imigran dan wisatawan harus beradaptasi dengan berbagai aturan berikut ini :

  1. Selalu berjalan dengan alas kaki

Orang Jerman selalu berjalan dengan alas kaki, bahkan saat di rumah. Berbeda dari orang Indonesia yang selalu melepas alas kaki sebelum masuk rumah. Alasan orang Jerman menerapkan kebiasaan memakai alas kaki di rumah adalah karena lantai di dalam rumah mereka selalu sangat dingin. 

Suhu lantai yang dingin dapat membuat seseorang mudah sakit, itulah sebabnya seseorang tidak boleh berjalan telanjang kaki di rumah. 

  1. Administrasi negara bisa menolak pendaftaran nama bayi jika orang tua memberikan nama yang aneh 

Untuk mendaftarkan bayi yang baru lahir ke pencatatan sipil, orang tua harus mengajukan aplikasi ke kantor pendaftaran lokal bernama Standesamt dan menunjukkan nama bayi mereka. 

Jika nama bayi terdengar aneh atau tidak lazim aplikasi pendaftaran bayi dapat ditolak. Karena prosedur pengajuan ulang aplikasi pendaftaran bayi sangat mahal, maka orang Jerman lebih memilih untuk memberikan nama yang biasa-biasa saja, atau nama tradisional untuk anak mereka. 

  1. Dilarang mencuci mobil di dekat rumah

Di sebagian besar wilayah Jerman, kamu dilarang mencuci mobil di tempat yang tidak dilengkapi peralatan, misalnya mencuci mobil di sekitar rumah. Hal ini karena air kotor dari pencucian mobil bisa masuk ke dalam tanah dan berdampak negatif terhadap alam di sekitarnya. Itulah alasan mengapa jasa pencucian mobil sangat terkenal di Jerman. 

Tempat pencucian mobil di Jerman mengolah air yang digunakan agar tidak langsung berakhir masuk ke dalam tanah, tapi dikumpulkan, disaring, dan bahkan bisa diolah untuk digunakan lagi. 

  1. Ada aturan tentang memiliki rumah di pedesaan

Orang Jerman yang memiliki rumah di daerah pedesaan hanyalah mereka yang merupakan bagian dari mitra hortikultura yang menetapkan aturan khusus. Salah satu aturannya adalah dilarang membangun rumah besar ala kastel. Rumah pedesaan harus terlihat sederhana dan memiliki aturan luas tertentu. Selain itu, rumah harus memiliki semua fasilitas yang diperlukan untuk tinggal dengan nyaman. Untuk alasan keamanan, bahkan ada larangan berada di rumah area pedesaan setelah pukul 10-11 malam.

  1. Seseorang bisa didenda besar karena menghina orang lain

Tahukah kamu, hukuman bagi orang yang menghina sesama, telah diabadikan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Jerman. Tergantung pada jenis pelanggarannya, denda atas kejahatan “menghina orang lain” bisa berupa denda uang atau hukuman penjara hingga satu tahun. 

Denda bisa dikenakan kepada orang yang menghina melalui gerakan dan pernyataan yang memalukan. Misalnya, jika kamu menjulurkan lidah untuk menghina orang, maka kamu harus siap membayar denda sebesar 150 Euro atau setara kurang lebih Rp 2.541.605. Denda yang cukup besar, bukan?

Bagaimana menurut kamu?

Apakah aturan di Jerman akan baik juga jika diberlakukan di Indonesia?

Baca Juga :

5 Tanda Kamu Menjadi Korban Gaslighting

Cek! Apakah Doi Tipe yang Setia atau Tukang Selingkuh Berdasarkan Zodiak

7 Emosi Tersembunyi di Balik Senyuman Orang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran