Terkadang kita ingin membeli pakaian dan langsung memilih begitu saja, tapi tanpa kita sadari, ternyata pakaian tersebut terlalu ketat dan pada akhirnya hanya dipakai sekali lalu tidak dipakai lagi. 

Nah, untuk menghindari kesalahan pemilihan ukuran pakaian, coba perhatikan tips berikut ini agar kamu bisa cepat memilih pakaian dengan ukuran yang pas : 

  1. Bra

Ukuran adalah hal terpenting saat memilih bra, tetapi sayangnya tidak semua orang tahu cara memilih ukuran yang paling pas saat membeli bra. Sebenarnya saat mendatangi toko, kamu bisa memilih dalam beberapa menit saja, loh. Bahkan kamu bisa menentukan ukuran sebelum pergi ke toko.

Cara mengukur ukuran bra dengan benar adalah berdiri tegak dan ukur lingkar di bawah payudara kamu, lalu ukur juga lingkar dada kamu di titik yang paling cembung. Ingat, pita pengukur harus pas berada di tubuh kamu, tidak lebih dan tidak kurang, namun jangan ditekan dengan kuat ke tubuh, ya. 

Angka yang dihasilkan dari pengukuran tersebut akan menentukan ukuran cup bra kamu. Pengukuran juga wajib dilakukan jika kamu membeli bra secara online. Sesuaikan angka dari pengukuran kamu dengan size chart dari produk bra yang akan kamu beli. 

  1. Kaos

T-shirt atau kaos adalah item pakaian yang paling umum dibeli orang, sehingga kita cenderung hanya melihat ukuran berdasarkan labelnya saja, entah itu S, M, L,. XL, atau XXL. Padahal, untuk mendapatkan ukuran yang pas dengan bentuk tubuh, kamu perlu mempertimbangkan pula panjang lengan kaos. Idealnya, panjang lengan kaos harus mencapai tengah bahu, tidak kurang dan tidak lebih. Kecuali jika kamu memang menginginkan oversized style. 

  1. Jaket

Cara termudah untuk mengetahui apakah jaket yang ingin kamu beli cocok dan pas untuk kamu adalah dengan memeluk tubuh kamu saat mencoba jaket di ruang pas. Pastikan jaket tidak membatasi gerakan kamu dan kamu dapat dengan mudah meraih siku kamu saat mengenakan jaket. 

Jika kamu membeli jaket di toko online, sebaiknya pilih satu ukuran lebih besar dari ukuranmu yang sebenarnya. Karena, jaket yang oversized masih cocok untuk digunakan, sadangkan jaket yang terlalu kecil tidak akan bisa kamu pakai. 

  1. Gaun

Saat membeli gaun, perhatikan jahitan pada bagian bahu. Jahitan di bahu harus berbaring rata dan kain tidak boleh kusut. Jika ada kerutan di bagian depan, maka gaun itu terlalu kecil untuk kamu. Kain gaun akan melar dan membuatmu tidak nyaman saat memakainya. 

Selain itu, ikat pinggang pada gaun Empire-waist harus berada di bawah payudara kamu. Jika naik sedikit, maka gaun itu terlalu kecil untukmu. Lalu untuk gaun klasik, ikat pinggang harus harus sesuai dengan lingkar pinggang alami kamu.

  1. Blus

Saat memilih blus, fokuskan pada bagian tubuh yang paling lebar, seperti bahu, dada, atau pinggang. Kain di antara kancing tidak boleh melebar atau terbuka. Jika terbuka, walaupun hanya sedikit saja, maka blus itu terlalu kecil untuk kamu. Jangan memaksakan diri membelinya. Seperti pada T-shirt, jahitan bahu juga tidak boleh berada di bawah bahu kamu dan harus pas dengan tubuh. Selain itu, pastikan jahitan samping tegak lurus. 

  1. Rok

Untuk menentukan ukuran rok, coba perhatikan belahannya. Jika belahan rok terbuka saat kamu hanya berdiri, maka rok itu tidak cocok untuk kamu lantaran terlalu kecil. Pilihlah rok dengan belahan yang rapat ketika kamu berdiri, karena jika kamu menggunakan rok untuk duduk atau berjalan, belahan rok pasti akan terbuka. Apabila belahan rok sudah terbuka bahkan ketika kamu hanya berdiri, maka dipastikan rok kamu akan sobek saat digunakan beraktivitas. 

Baca Juga :

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

6 Aturan Pakai Pakaian Dalam yang Sering Dilanggar

6 Tips Memilih Pakaian Anak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kesalahan Pakaian yang Bisa Membuatmu Menderita

Kesalahan dalam berpakaian, bisa membuat kita menjadi tidak