Kebanyakan, orang tua modern terlampau percaya diri, karena mereka yakin bahwa mereka tahu segalanya tentang pakaian anak-anak mereka. Padahal, di luar sana banyak item pakaian yang tampak menarik dan berkualitas baik, tapi sebenarnya berisiko berbahaya atau tidak nyaman saat digunakan anak-anak.

Untuk menghindari hal itu, berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakaian anak yang terbaik:

  1. Jangan pilih pakaian dengan kancing dekoratif, payet, dan manik-manik

Pakaian anak-anak tidak boleh memiliki banyak elemen dekoratif. Kancing dekoratif, payet, dan manik-manik dapat membuat anak-anak penasaran dan merobeknya. Atau lebih parahnya lagi, anak-anak bisa memasukkan manik-manik ke hidung, telinga, atau mulutnya.

  1. Syal panjang

Syal anak-anak pada awalnya memang terlihat lucu saat dikenakan, tapi sebenarnya syal yang panjang dapat berpotensi menjadi ancaman bagi anak-anak. Mengapa demikian? Karena syal panjang dapat dengan mudah tersangkut di tempat-tempat tak terduga, seperti di jalan, di taman bermain, bahkan di sepeda. 

Sangat sulit untuk menghindari risiko kecelakaan ini. Bahkan, beberapa negara melarang penggunaan syal panjang atau kerudung pada anak-anak saat sekolah.

  1. Turtlenecks dengan bagian leher yang terlalu ketat

Turtleneck adalah pakaian universal yang praktis, tetapi juga memiliki kekurangan. Jika bagian leher terlalu ketat atau sempit, turtleneck akan sangat tidak nyaman untuk digunakan, terutama oleh anak-anak. Bagian leher hampir tidak bisa bergerak sehingga rawan terjadi iritasi. Hal ini bisa membuat anak kesal.

Selain itu, pakaian dengan bagian leher yang sempit dapat menyebabkan sakit kepala karena gangguan peredaran darah dan iritasi, terutama jika pakaian dibuat dengan bahan sintetis yang berkualitas rendah.

  1. Pakaian berwarna gelap 

Orang tua sering memilih pakaian berwarna gelap yang dapat membahayakan keselamatan anak-anak mereka. Mengapa berbahaya? Karena, jika anak menggunakan pakaian berwarna gelap tanpa elemen yang berkilau atau elemen warna mencolok lainnya, maka orang tua bisa kehilangan anak mereka di tengah keramaian. Selain itu, ada kemungkinan pengemudi di jalan raya tidak bisa melihat anak-anak, apalagi saat kondisi sedang gelap. 

Itulah mengapa, sebaiknya orang tua memilihkan baju dengan warna-warna mencolok untuk anak-anak. Jika memilih baju dengan warna gelap, usahakan tetap ada aksen atau elemen warna yang berkilau sehingga anak tetap mudah dilihat.

  1. Sepatu dengan sol yang tebal 

Sepatu yang terlihat trendi dan keren, bisa jadi tidak nyaman untuk digunakan anak. Apalagi jika jenis sepatu tersebut memiliki sol yang tebal dan berat. Bayangkan saja, pasti anak-anak akan kesulitan untuk bergerak saat bermain. Jika memilih sepatu anak, utamakanlah keamanan, kenyamanan, dan pilih sepatu yang sesuai dengan anatomi kaki anak. 

  1. Pakaian untuk orang dewasa

Meski pakaian dengan gaya seperti orang dewasa terlihat keren dan mencolok, tapi percayalah, anak-anak sungguh tidak nyaman saat memakainya. Pakaian yang terlalu ketat atau terlalu besar, membuat anak lebih sulit bergerak, sehingga mereka tidak bisa berlari, meloncat, dan melakukan aktivitas yang mereka suka. Sebaiknya, pilih style pakaian yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak-anak.

Baca Juga :

6 Alasan Mengapa Anak Tidak Merasa Dekat dengan Orang Tua

Udah Gak Sabar Merencanakan Liburan? Buat Kamu Yang Mau Ke Pantai, Wajib Mempersiapkan Pakaian Ini.

5 Cara Membantu Anak Melawan Ketakutan pada Gelap

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Aturan Pakai Pakaian Dalam yang Sering Dilanggar

Pilihan pakaian dalam tidak kalah pentingnya dengan pakaian