Terdapat banyak fakta menarik tentang bagian tubuh manusia, bahkan hingga kini  hal tersebut masih menarik untuk diteliti. Berdasarkan beberapa penelitian, ada beberapa bagian dalam film fiksi yang ternyata memang benar-benar terjadi dalam tubuh manusia. Contohnya adalah efek pinokio yang hidungnya memanjang saat ia berbohong.

Tapi, tentu saja hidung manusia tidak serta-merta berubah jadi panjang saat berbohong. Meski demikian, ada beberapa hal yang benar-benar terjadi pada hidung. Penasaran bagaimana detailnya? Simak daftar fakta menarik pada tubuh manusia berikut ini. 

  1. Hidung Pinokio

Siapa sangka, ternyata tokoh terkenal ini didasarkan pada beberapa bukti nyata. Penelitian menunjukkan, ketika kita berbohong, hal itu benar-benar tercermin di wajah kita. Suhu pada bagian hidung dan area sekitar mata kita akan meningkat, dan area tersebut bisa benar-benar memanas.

  1. Tertawa dapat menyembuhkan rasa sakit

Meskipun secara umum banyak orang yang yakin bahwa tertawa itu baik untuk kesehatan, namun baru belakangan ini hal itu benar-benar dipelajari para peneliti. Ternyata, penelitian membuktikan bahwa tertawa melepaskan bahan kimia otak yang membuat kita merasa nyaman dan bisa menghilangkan rasa sakit.

  1. Cairan telinga sebenarnya berfungsi sebagai pembersih

Banyak dari kita selalu berpikir bahwa cairan telinga harus dibersihkan setiap hari. Namun, sains membuktikan bahwa faktanya justru berbanding terbaik. Cairan di telinga dapat membersihkan saluran telinga kita dan melindunginya dari infeksi. Justru ketika kita membersihkannya, kita dapat memiliki risiko bahaya. Jadi, mulai sekarang, tidak perlu membersihkan telinga sampai dalam ya. Cukup bersihkan bagian luar saja.

  1. Rambut kita tahu kapan kita tidur

Folikel rambut kita sebenarnya bisa memberi tahu banyak hal tentang kebiasaan tidur kita. Mereka dapat melacak dan mengatur kebiasaan tidur kita. Saat ini, dengan hanya menggunakan sel-sel folikel saja, tenaga kesehatan modern sudah tahu bahwa pasien mengalami gangguan tidur. 

  1. Tubuh kita cenderung ingin tidur setelah makan siang

Ingin tidur setelah makan siang, sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan makanan yang kita makan. Alasan tersembunyi tentang keinginan untuk tidur setelah makan siang, ada di dalam jam tidur tubuh kita. Ritme kita mengirimkan sinyal peringatan tertentu, sekitar 7 hingga 9 jam setelah kita bangun, dan sinyal ini lah yang membuat kita merasa mengantuk.

  1. Fakta tentang berkedip

Tahukah kamu? Rata-rata waktu memejamkan mata akibat berkedip bisa memakan 44 menit dalam sehari. Ternyata, berkedip juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Berkedip tidak hanya menjaga mata tetap terhidrasi dan melindungi dari benda asing, tetapi juga membantu kita beristirahat. 

  1. Perut kita melindungi sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan kita sangat penting untuk kesehatan dan membantu kita melawan semua ancaman eksternal. Namun, sistem imun juga membutuhkan bantuan tambahan. Nah, di sinilah fungsi perut kita. Asam lambung dapat menghentikan sebagian besar kuman yang masuk ke tubuh melalui makanan yang kita makan.

  1. Mata kita memiliki otot tercepat di seluruh tubuh

Otot yang bergerak paling cepat di tubuh kita adalah orbicularis oculi yang terletak di mata kita. Otot ini sangat cepat sehingga berhasil masuk ke Rekor Dunia Guinness. Otot ini bekerja untuk mengontrol penutupan kelopak mata. Jika sebuah benda mencoba menyentuh mata kita, otot ini akan menutup mata dalam waktu kurang dari 0,1 detik.

Bca Juga :

7 Fakta Tentang Tubuh Pria! Wah, Ternyata….

Mencukur Bikin Bulu Tubuh Makin Lebat, Mitos atau Fakta ?

Ternyata 5 Hal Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Setelah Kamu Putus Cinta

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menangani Pertanyaan Orang yang Menyebalkan

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang mengajukan pertanyaan