Tahukah kamu? Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pola makan kamu, pemilihan sabun, pemilihan produk kosmetik, dan kebiasaan sehari-hari kamu bisa berpengaruh pada munculnya kerutan di wajah kamu. Tentu saja kamu tidak ingin kulit wajah kamu menjadi keriput, kan? Nah, untuk itu, kamu perlu mengetahui makanan mana yang harus dihindari, bagaimana cara memilih sabun pencuci wajah, dan bagaimana mengubah rutinitas kamu agar  kamu tetap awet muda seiring bertambahnya usia.

Berikut 5 faktor yang dapa memicu munculnya keriput di wajah kamu dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya :

  • Kurang tidur

Menurut penelitian ini, kuang tidur dapat menyebabkan dehidrasi kulit. Jadi, jika kamu kurang tidur selama satu malam saja atau bahkan kamu terus-menerus kurang tidur (kamu hanya tidur selama < 5 jam sehari) maka hal itu dapat menyebabkan kulir kamu kehilangan air. Dehidrasi kulit bisa memicu munculnya keriput di wajah kamu.

Istirahat yang cukup dan berkualitas tidak hanya baik bagi kesehatan mental dan fisik kamu secara keseluruhan, tapi juga sangat baik bagi proses peremajaan kulit dan pertumbuhan sel-sel baru. Jadi jika usahakan untuk istirahat yang cukup agar kamu tetap awet muda dan jauh dari keriput.

  • Kekurangan antioksidan
Antioksidan, apa gunanya untuk kesehatan tubuh?

Kerutan akan muncul pada kulit ketika tubuh kamu kekurangan antioksidan. Vitamin A, C, E, dan kalium sangat penting untuk kesehatan kulit. Sebaiknya kamu makan lebih banyak sayuran, terutama wortel, labu, tomat, dan sayuran berdaun hijau untuk memenuhi nutrisi harian yang penting bagi kulit.  

  • Terlalu banyak mengonsumsi daging merah

Ada sebuah penelitian di Belanda yang menunjukkan bahwa wanita yang banyak makan daging merah cenderung memiliki lebih banyak kerutan daripada wanita lainnya. Selain itu, terlalu banyak makan daging yang dimasak dengan suhu tinggi dan minyak juga dapat menyebabkan diabetes.

Tetapi sebenarnya hal ini dapat dicegah jika kamu mengontrol porsi makan kamu. Akan lebih baik lagi jika kamu menghindari daging panggang dan memilih daging yang dimasak kuah seperti sup atau semur. Jangan lupa kamu juga harus memasukkan lebih banyak buah dan sayur ke dalam menu makan harian kamu.

  • Terlalu lama mandi air panas

Mandi air panas, apalagi berendam dengan air panas dan sabun dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Sabun dan air panas dapat mengubah pH kulit dan menyebabkan iritasi serta kekeringan. Hal ini dapat mengikis pelindung kulit dan memicu penuaan dini. Jika kamu menggunakan sabun batangan yang keras, maka aktivitas mandimu hanya akan memperburuk situasi. Lebih baik kamu mengganti sabun di rumah dengan produk sabun yang lebih sehat, misanya sabun organik.

  • Diet mono

Diet mono adalah program penurunan berat badan di mana kamu hanya boleh makan satu jenis makanan saja. Gaya diet ini banyak diminati karena prosesnya yang cepat tetapi di sisi lain, diet ini berdampak pada proses penuaan kulit. Diet mono dapat menyebabkan ketidakseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat, yang menurunkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-hal-yang-akan-terjadi-pada-kulit-kamu-setelah-berhenti-menggunakan-make-up-selama-1-bulan/

https://www.tampilcantik.com/wanita-kulit-gelap-tidak-memakai-sunscreen-awas-bahaya/

https://www.tampilcantik.com/kulit-kendur-padahal-masih-muda-mungkin-ini-beberapa-penyebabnya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Kita Harus Berhenti Bawa HP ke Toilet?

Banyak orang telah  kecanduan smartphone dan bahkan tidak