Pernahkah kamu mengidam makanan tertentu tanpa alasan? Misalnya tiba-tiba kamu ingin makan makanan pedas, atau tiba-tiba kamu ingin mengunyah es batu? Mengidam bisa dialami siapa saja, bukan hanya ibu hamil. Bisa jadi di malam hari kamu tidak bisa tidur karena memikirkan sepotong coklat dan sangat ingin makan coklat. Mengidam yang tiba-tiba seperti ini dapat menandakan bahwa kamu sedang stres, tetapi menurut beberapa penelitian, mengidam juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin kekurangan nutrisi tertentu.

Berikut daftar mengidam makanan dan petunjuk tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kamu :

  • Mengidam Makanan Pedas

Makanan pedas memang memiliki beberapa manfaat hebat, seperti mempercepat metabolisme kamu, misalnya. Komponen yang disebut capsaicin yang terdapat dalam makanan pedas dapat meredakan nyeri pada persendian dan otot kamu, bahkan dapat pula meredakan migrain yang kamu derita. Kita mungkin secara tidak sadar ingin sekali mengonsumsi makanan pedas dan tanpa sadar, ternyata setelah makan makanan pedas, tubuh kita menjadi lebih baik.

  • Mengidam Cokelat Hitam

Tahukah kamu? Beberapa cokelat hitam sebenarnya bisa mengandung lebih banyak kafein daripada sekaleng Cola. Kafein mampu meningkatkan kesadaran dan energi kamu karena kafein dapat merangsang sistem saraf pusat. Jadi, setiap kali merasa lelah dan mengantuk, wajar saja jika kamu tiba-tiba mengidam sebatang cokelat, karena dengan makan cokelat, kamu bisa menjadi lebih produktif.

  • Mengidam Selai Kacang

Secara umum, selai kacang kaya akan nutrisi. Selai kacang mengandung komponen yang digunakan untuk membuat obat. Umumnya komponen ini digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Nah, mengidam selai kacang bisa jadi adalah sebuah tanda bahwa kamu sedang kekurangan nutrisi. Selai kacang merupakan sumber protein, antioksidan, lemak, zat besi, magnesium, dan kalsium. Jadi, ketika kamu mulai mengidam selai kacang, maka makanlah selai kacang (tentu saja kamu tetap harus memerhatikan porsinya ya!)

  • Mengidam Es

Ketika kamu tiba-tiba ingin mengunyah es, bisa jadi itu adalah tanda bahwa tubuh kamu sedang kekurangan zat besi. Hal ini bisa terjadi dengan/tanpa anemia. Sebenarnya belum ada bukti yang cukup jelas, tetapi ada dugaan bahwa mengunyah es dapat meningkatkan kewaspadaan jika kamu mengalami kekurangan zat besi akibat anemia.

  • Mengidam Kue Kering

Kue kering sangat tinggi karbohidrat. Gampang sekali merasa kenyang setelah makan sepotong kue karena bayaknya kalori pada kue kering akan memberikan banyak energi juga untuk tubuh kamu. Penelitian telah menemukan bahwa “waktu mengidam karbohidrat secara universal” adalah antara pukul 15:30 dan 17:00 sore. Jadi, berhati-hatilah jika kamu tiba-tiba mengidam kue kering di jam tersebut.

Selain itu, saat tubuh kamu merasa lapar dan ingin memakan roti, kue, atau pasta, berarti tubuh kamu sedang memberi tanda bahwa ia kekurangan kromium atau nitrogen. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa keinginan makan karbohidrat (seperti kue kering dan roti) ternyata berkaitan dengan suasana hati yang buruk atau stres. Makan kue dapat melepaskan hormon serotonin yang mampu meningkatkan suasana hati.

  • Mengidam minuman soda

Suatu ketika, bisa jadi kamu lebih memilih minuman berkarbonasi atau minuman soda daripada air putih ketika kamu merasa haus. Tapi ternyata hal ini tidak bisa dibiarkan. Bukannya membawa manfaat, soda justru bisa memicu hal yang tidak diinginkan. Soda mengandung asam fosfat yang dapat melepaskan kalsium dan magnesium dari tulang kamu. Jika kamu terlalu banyak minum soda, bisa-bisa kamu akan kekurangan kalsium dan magnesium.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/mengapa-kamu-memiliki-kebiasaan-mengidam-makanan-pada-sat-menstrausi/

https://www.tampilcantik.com/setiap-wanita-pasti-mengidamkam-rambut-panjang-tapi-gimana-kalau-rambutmu-sulit-panjang/

https://www.tampilcantik.com/apa-yang-boleh-dan-tidak-boleh-diminum-saat-diet-puasa/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Kita Harus Berhenti Bawa HP ke Toilet?

Banyak orang telah  kecanduan smartphone dan bahkan tidak