Tantangan besar dalam program penurunan berat badan atau diet adalah mempertahankan motivasi kuat untuk serius dan konsisten menjalankannya. Setiap orang yang berhasil menurunkan berat badan memiliki motivasi kuat masing-masing yang mendorong mereka untuk berjuang menurunkan berat badan. Perjuangan konsisten itulah yang membawa mereka mencapai tujuan. 

Apakah kamu sudah menemukan motivasi kuat untuk diet? Jika belum, berikut daftar motivasi penting yang perlu diterapkan agar berhasil menurunkan berat badan : 

  1. Tetapkan tujuan yang smart 

Kamu tidak akan berhasil menurunkan berat badan jika tidak memiliki tujuan yang spesifik. Tujuan diet harus jelas dan smart. Artinya, kamu membutuhkan target untuk dicapai.

Target diet sebaiknya tidak muluk-muluk atau langsung besar. Namun, sedikit demi sedikit dan konsisten. Bagaimanapun, penurunan berat badan jangka panjang akan lebih baik dan lebih sehat daripada penurunan berat badan instan. 

Target juga harus jelas. Jangan hanya “Aku akan lebih sering olahraga”, tapi gantilah dengan “Aku akan berolahraga minimal 30 menit dalam sehari”. Target yang jelas dan spesifik akan membantu kamu lebih fokus dan lebih serius dalam menjalankan diet. 

Selain spesifik, target juga harus realistis. Jangan sampai kamu menargetkan turun berat badan 10 kilogram dalam seminggu, padahal kamu adalah orang sibuk yang sulit meluangkan waktu untuk olahraga. 

  1. Cari teman diet

Menurunkan berat badan akan lebih mudah dan menyenangkan jika kamu memiliki partner yang sama-sama sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Carilah teman yang dapat memotivasi kamu untuk konsisten menjalankan diet.

Kalian bisa berolahraga bersama, menentukan menu makan bersama, belanja bersama, dan saling mengingatkan ketika salah satu dari kalian melanggar aturan diet.

  1. Latih pikiran kamu

Melatih pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh dapat mempengaruhi tindakan kamu saat menjalankan diet. Bagaimana itu bisa terjadi? 

Sebagai contoh, ketika kamu melatih pikiran saat makan, kamu akan menikmati setiap suap yang kamu masukkan ke dalam mulutmu. Kamu akan merasakan dengan benar setiap tekstur makanan yang masuk ke dalam mulut. Hal ini otomatis membuat kamu makan lebih lambat, penuh perhatian, dan menghindari makan berlebihan. 

  1. Menyesuaikan gaya hidup sehat di rumah

Saat mulai berkomitmen untuk diet, kamu harus menyesuaikan gaya hidup sehatmu di rumah. Kamu bisa mulai dari mengisi lemari es kamu dengan buah-buahan segar, sayuran, dan protein tanpa lemak. 

Selanjutnya, kamu juga bisa meletakkan pakaian olahraga di dekat tempat tidur, di tempat yang mudah dilihat, agar kamu termotivasi untuk segera berolahraga setelah bangun tidur.

Pemilihan restoran atau jajanan saat berada di luar rumah juga perlu diperhatikan. Misalnya, kamu bisa memilih menu vegan atau vegetarian untuk menghindari lemak dan kolesterol. 

  1. Cari olahraga yang menyenangkan

Ketika berdiet, kamu tidak boleh membiarkan gaya hidup sehatmu, termasuk olahraga, menjadi kegiatan yang membebani. Olahraga harus menyenangkan, agar kamu bersemangat dan konsisten menjalaninya. Jika memungkinkan, buat olahraga kamu menyenangkan seperti hobi.

Misal, kamu sedang menyukai musik K-Pop, maka kamu bisa mulai aerobik dengan musik K-Pop favorit kamu. Atau mungkin ketika cuaca sedang mendukung, kamu ingin keluar mencari udara segar sambil berlari, maka kamu bisa mulai berlari. Ketika kamu ingin menyegarkan badan, kamu bisa berenang.

Baca Juga :

Setiap Kali Kamu Hilang Motivasi Diet, Lakukan Hal-Hal Ini

Aplikasi Terbaik yang Wajib Kamu Miliki untuk Mencapai Target Diet

Setiap Kali Kamu Hilang Motivasi Diet, Lakukan Hal-Hal Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan