Kita memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Namun, banyak orang masih merasa waktu tersebut tidak cukup untuk menjalankan aktivitas sehat, seperti berolahraga misalnya. Padahal, ada banyak kebiasaan baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan. Kebiasaan sehat ini bahkan hanya membutuhkan waktu 1 menit saja untuk menjalankannya.

Karena hanya butuh waktu yang sangat singkat, cobalah untuk membiasakan diri melakukan hal-hal baik ini agar tubuh lebih sehat :

  1. Minum air di pagi hari

Minumlah satu gelas besar air mineral setelah kamu bangun pagi. Jangan mulai pagi kamu dengan kopi atau teh, melainkan mulai hari dengan banyak air mineral. Kebiasaan baik yang hanya butuh waktu singkat ini akan menjaga tubuh kamu agar tetap terhidrasi.

Dengan membiasakan diri minum air setelah bangun tidur, kamu akan mengaktifkan otak, ginjal, dan usus kamu lebih cepat dari biasanya. Kebiasaan tidur kamu pun akan membaik jika membiasakan diri untuk minum air. 

  1. Sarapan cepat dan sehat

Dalam waktu satu atau dua menit, kamu bisa membuat sarapan sehat yang lezat. Campurkan buah, sayur, dan yoghurt ke dalam blender, lalu buatlah smoothie sehat untuk memulai hari kamu. Mengonsumsi makanan sehat di pagi hari akan membantu menjaga tingkat gula darah dan energi tetap stabil sepanjang hari. 

  1. Menyeduh teh hijau sebagai ganti kopi 

Morning coffee atau meminum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan jutaan orang di seluruh belahan dunia, mungkin termasuk kamu. Tapi, sebenarnya kamu bisa mengubah kebiasaan ini dengan cara mengonsumsi teh hijau untuk menggantikan kopi. 

Teh hijau adalah salah satu jenis teh terbaik yang bisa kamu pilih untuk memulai hari kamu (tentu saja setelah minum air putih, ya). Hal ini karena teh hijau memberikan manfaat seperti merendahkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

  1. Meredupkan atau mematikan lampu 

Ketika kamu sudah selesai bekerja pada sore atau malam hari, dan sudah bersiap untuk istirahat, maka coba manfaatkan waktu singkat kamu untuk meredupkan atau mematikan lampu kamar. 

Beristirahat atau bersantai dengan lampu redup atau lampu mati, akan membantu meningkatkan produksi hormon melatonin, yang memiliki efek menenangkan. Dengan demikian, kamu bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. 

  1. Berlari minimal satu menit 

Berlari setidaknya satu menit sehari, ternyata memiliki manfaat besar bagi tubuh. Dengan berlari, bahkan dalam waktu singkat saja, kesehatan tulang akan meningkat. Hal ini penting, terutama bagi seorang wanita yang sudah menopause. Sebab, setelah menopause, tingkat kepadatan mineral tulang akan berkurang. Coba biasakan diri untuk jogging setidaknya satu menit setiap hari.

Jika tidak ingin jogging di luar rumah, kamu bisa memanfaatkan tangga di rumah. Cobalah melangkah cepat dengan naik turun tangga selama setidaknya satu menit. Dengan naik turun tangga, kebugaran kardio akan meningkat sekitar 5%.

  1. Merawat kulit dengan mengaplikasikan sun screen

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sun screen adalah produk perawatan kulit wajib yang tidak boleh dilewatkan. Dalam waktu satu menit, kamu bisa mengaplikasikan sun screen pada kulit wajah dan leher agar terhindar dari paparan sinar matahari yang berbahaya. 

Baca Juga :

3 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

9 Tanda Masalah Kesehatan di Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan

Tips Hidup Sehat Untuk Memperbaiki Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan