Terkadang, cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatianmu kepada orang tercinta adalah dengan memeluknya. Melalui pelukan, kamu akan memberikan kenyamanan, kehangatan, dan kasih sayang kepada orang yang kamu peluk.

Fakta menunjukkan, ternyata pelukan juga mempengaruhi tubuh manusia. Bahkan, tipe orang yang tidak suka berkontak secara fisik atau skinship pun membutuhkan pelukan setiap hari untuk bertahan hidup.

Seorang terapis keluarga bernama Virginia Satir mengatakan, dalam sehari seseorang butuh 4 kali pelukan untuk bisa bertahan hidup menghadapi dunia.

Kemudian, untuk merawat kesehatan jiwa dan raga, seseorang butuh setidaknya 8 pelukan dalam sehari. Nah, jika masih dalam masa pertumbuhan, seseorang butuh sekitar 12 pelukan dalam sehari. 

Intinya, kita selalu membutuhkan banyak pelukan setiap hari untuk dapat hidup dengan baik. 

Simak berbagai manfaat berpelukan berikut ini: 

  1. Mengobati rasa kesepian

Sentuhan seperti berpelukan, sebenarnya merupakan bentuk komunikasi yang paling intim dari manusia yang secara alami membawa manfaat untuk tubuh. 

Orang yang merasa kesepian sering kali merasa bahwa ada yang hilang dalam diri mereka. Hal ini bisa membuat mereka jadi tidak bersemangat, hilang nafsu makan, dan perasaan negatif lainnya.

Nah, menurut sebuah survei, berpelukan dapat memberikan hiburan, kehangatan, perasaan “diterima” dan “dicintai” sehingga akan membuat orang jadi tidak kesepian lagi. 

  1. Semakin lama pelukan semakin baik efeknya 

Banyak orang di luar sana yang memang sudah terbiasa dengan pelukan. Misalnya, memeluk teman saat pertama kali bertemu setelah sekian lama, memeluk orangtua sebelum pergi ke luar rumah, atau memeluk anak setiap pulang sekolah.

Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa durasi pelukan bisa memberikan efek yang lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan, pelukan yang dilakukan selama 1 detik saja dianggap tidak menyenangkan. Sedangkan, pelukan yang dilakukan selama 10 detik membuat orang merasa lebih baik dan lebih bahagia.

Apalagi, jika pelukan yang lama dilakukan dengan gestur cinta lainnya, seperti menepuk punggung, membelai rambut, dan sebagainya. 

  1. Mengurangi stres

Stres akibat rutinitas harian yang berat bisa dikurangi dengan cara berpelukan. Karena, pelukan mampu menghasilkan hormon oksitosin yang merupakan salah satu hormon kebahagiaan dalam tubuh. 

Semakin lama kamu memeluk atau dipeluk seseorang, semakin banyak pula hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh. Pada akhirnya, kamu dan orang yang berpelukan denganmu dapat mengurangi stres yang kalian rasakan. 

  1. Mengurangi rasa sakit fisik

Kamu kerap pusing atau nyeri pada berbagai bagian tubuh? Coba kamu lakukan terapi pelukan untuk mengurangi rasa sakit itu.

Menurut penelitian, sentuhan dari orang yang kita cintai dapat memberikan efek psikologis yang berdampak pada pengurangan rasa sakit fisik. Jadi, ketika kamu berpelukan dengan orang yang kamu cintai, maka rasa sakit fisikmu bisa berkurang. 

  1. Mencegah penyakit

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mendapat dukungan berupa pelukan cenderung terhindar dari berbagai penyakit seperti infeksi virus, misalnya. Dalam penelitian tersebut, ada sekitar 404 orang dewasa yang menjadi partisipan. Nah, setelah mereka menerima pelukan dari orang terayang, ternyata risiko paparan penyakit flu mengalami penurunan. 

Jadi, jika ingin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, kamu harus sering-sering berpelukan!

  1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Menurut penelitian, pelukan memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Bahkan, manfaatnya cukup signifikan.

Penelitian tersebut melibatkan 200 orang peserta yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mengharuskan pasangan untuk berpegangan tangan selama 10 menit sambil menonton video romantis, lalu berpelukan selama 20 detik. Sementara itu, kelompok kedua mengharuskan pasangan untuk duduk diam tanpa bersentuhan selama 10 menit 20 detik. 

Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa peserta dari kelompok pertama mengalami penurunan denyut jantung dan penurunan tekanan darah. 

Nah, jika kamu ingin umur panjang dengan jantung yang sehat, sering-seringlah berpelukan, ya!

Itulah enam alasan mengapa tubuh manusia butuh dipeluk setiap hari. Apakah kamu sudah memeluk seseorang hari ini?

Baca Juga :

Masih HTS? 8 Tipe Pelukan Ini Akan Menjelaskan Tentang Hubungan Kamu

11 Jenis Pelukan dan Apa Artinya Tentang Hubungan Kamu

7 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kaum Pria Harus Baca Ini, 9 Cara Membuat Pacar Merasa Dicintai Dan Istimewa

Orang spesial dalam hidup Anda memberi Anda kegembiraan