Dewasa ini, berbagai produk perawatan kulit atau skincare tak hanya digunakan wanita saja. Pria pun mulai sadar pentingnya merawat kulit. Namun, sering kali orang tidak paham bahwa ada beberapa aturan pemakaian produk  skincare yang perlu ditaati supaya produk tersebut  bisa memberikan manfaat maksimal bagi kulit.

Berikut adalah alasan mengapa produk skincare yang kamu gunakan tidak bekerja secara efektif :

  1. Kamu tidak memberikan kesempatan bagi produk skincare untuk bekerja

Umumnya, ketika sudah menggunakan produk selama beberapa hari atau beberapa minggu, kemudian tidak menemukan perbedaan atau efek yang berarti, orang akan membuang produk tersebut dan mencari produk yang baru. Akibatnya, kamu hanya membuang-buang uang untuk mencari produk yang cocok.

Nah, para ahli kecantikan mengatakan, kita memang harus segera mengganti produk skincare yang tidak cocok di kulit kita atau memberikan efek negatif seperti iritasi, misalnya. Namun, di sisi lain kita juga perlu bersabar untuk melihat hasil perawatan. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam pembaruan sel kulit adalah 28 hari, jadi, setidaknya kamu perlu waktu satu bulan untuk melihat dengan jelas efek produk skincare

  1. Kamu terlalu hemat saat pakai sun screen 

Tabir surya atau sun screen adalah produk skincare wajib yang harus ada di rumah kamu. Tetapi, jika kamu tidak menggunakannya dengan benar, maka perlindungannya tidak akan maksimal. Rata-rata orang menggunakan produk sun screen terlalu sedikit, atau hanya sekitar 25% samai 50% dari jumlah yang dibutuhkan kulit.

Padahal, untuk melindungi tubuh, kamu perlu mengoleskan sekitar 30 gram krim tabir surya. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa sun screen perlu dioleskan setidaknya 15 menit sebelum pergi ke luar ruangan. Disarankan juga untuk mengoleskan sun screen lagi setiap 2 jam jika kamu terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

  1. Kamu mengaplikasikan eye cream ke kelopak mata 

Banyak orang yang masih mengartikan segala sesuatu secara harfiah karena kurang literasi. Produk perawatan kulit yang diberi nama eye cream bukan untuk dioleskan pada kelopak mata. Produk ini digunakan untuk menutrisi kulit di bawah mata. Itu sebabnya, eye cream harus dioleskan pada zona tulang orbital di sekitar mata, bukan pada kelopak mata.

  1. Kamu mengoleskan skincare berbahan minyak saat kondisi kulit sedang kering 

Meskipun skincare berbahan dasar minyak memiliki banyak manfaat, tapi masih banyak orang di luar sana yang tidak suka menggunakan skincare yang berminyak karena produk tersebut bisa meninggalkan lapisan berminyak pada kulit yang membuat kita jadi kurang nyaman. Padahal, masalah ini tidak akan terjadi jika kamu mengoleskan produk skincare dalam kondisi kulit basah. 

Air pada kulit akan membantu minyak menembus ke lapisan atas epidermis. Selain itu, cara pengolesan produk skincare berbahan minyak pada kulit basah dapat menciptakan semacam “pertukaran” di mana minyak akan menahan air dan melembapkan kulit. 

  1. Kamu tidak memperhatikan waktu saat menggunakan deodoran

Kamu mungkin berpikir bahwa deodoran bisa digunakan kapan saja sepanjang hari. Padahal, jika kamu asal menggunakan tanpa memperhatikan waktu, deodoran tidak akan bekerja efisien. Sebaiknya, kamu memakai deodoran pada malam hari, sebelum tidur, atau pakai deodoran secepatnya setelah kamu mandi. 

Deodoran paling efektif ketika bersentuhan dengan kulit kering yang bersih setelah mandi di malam hari atau mandi di pagi hari. Karena saat itu, saluran keringat belum begitu aktif, sehingga deodoran akan maksimal. 

  1. Kamu mengoleskan produk skincare terlalu cepat 

Jangan terburu-buru menggunakan produk skincare. Tunggu selama 3 sampai 5 menit setelah memakai satu produk, sebelum kamu mengoleskan produk lainnya. Hal ini dilakukan supaya  kulit dapat menyerap semua elemen penting dari setiap produk skincare yang kamu pakai. Jika kamu terburu-buru, maka semua produk skincare yang kamu pakai tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Baca Juga :

Cara Mengatur Pengeluaran Bagi Pecinta Skin Care

Tips Skin Care ala Sara Ali Khan

Tips Skin Care ala Sara Ali Khan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri