Menjamu tamu di rumah adalah sesuatu yang menyenangkan, tetapi menjamu tamu bukanlah perkara mudah. Untuk membuat tamu nyaman dan senang di rumah kamu, maka kamu harus berusaha keras untuk memberikan layanan yang baik bagi mereka. Hal ini dilakukan agar mereka dapat membuat kenangan indah selama bertamu di rumah kamu.

Berikut adalah beberapa aturan dalam menyambut tamu yang akan membuat kamu menjadi tuan rumah yang baik :

  1. Menyediakan tempat duduk yang nyaman untuk para tamu

Idealnya, para tamu duduk di meja makan besar dengan kursi empuk yang sama seperti anggota keluarga tuan rumah. Tapi, dalam kehidupan nyata, tidak semua orang memiliki rumah yang cukup besar untuk memuat perabotan yang ditujukan bagi tamu yang datang. 

Jika tidak ada cukup ruang di meja makan, maka kamu bisa mencari tempat nyaman lainnya yang dapat digunakan bersama-sama. Seperti balkon atau teras, misalnya. Kamu juga bisa lesehan di ruang keluarga.

  1. Tidak memaksakan permainan papan atau board game

Permainan papan atau board game memang dapat membantu para tamu untuk lebih mengenal satu sama lain. Tetapi tidak semua orang menyukainya. Beberapa orang lebih suka berinteraksi dengan cara tradisional, seperti duduk bersama dan mengobrol sambil makan kudapan dan minuman yang disajikan. 

  1. Tidak meminta bantuan tamu untuk membantu bersih-bersih 

Mencuci alat makan, atau membereskan ruangan setelah ada teman bertamu, bukanlah tugas yang mudah, terutama jika tuan rumah sudah menghabiskan banyak waktu untuk memasak dan mempersiapkan segala sesuatu sebelumnya.

Meskipun begitu, kamu tidak disarankan untuk meminta tamu kamu membantu mencuci piring atau membereskan ruangan. Apalagi, jika kamu belum terlalu akrab dengan tamu itu. Namun, jika kamu sudah sangat akrab, di mana mereka sudah menganggap rumahmu seperti rumahnya sendiri, maka tidak masalah untuk berbagi tugas dan bersenang-senang bersama selama bersih-berish.

  1. Buang sampah sebelum tamu datang 

Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kamu ingin membuang sampah di rumah seseorang tapi tidak ada cukup ruang di tempat sampah karena tuan rumah belum membuang tumpukan sampah? Tentu hal ini sangat tidak nyaman, kan?

Untuk itu, sebelum tamu datang, usahakan untuk membersihkan sampah rumah tangga. Jangan sampai tidak ada ruang bagi tamu kamu untuk membuang sampah. Selain itu, menumpuk sampah juga mengakibatkan bau tak sedap yang akan merusak suasana bertamu.  

  1. Mencuci piring kotor

Tumpukan piring dan gelas kotor tidak akan terlihat indah. Jadi, pastikan kamu sudah mencuci semua piring kotor yang menumpuk, agar dapat digunakan kembali dan tidak mengacaukan pemandangan bagi tamu yang datang.

Selain itu, jangan mencuci piring saat tamu tiba, karena tidak baik bagi tuan rumah untuk meninggalkan tamu sendirian terlalu lama. Jika tamu kamu sudah seperti keluarga sendiri, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika tamu adalah seseorang yang belum begitu akrab dengan kamu, maka usahakan untuk bersihkan area wastafel sebelum dia datang. 

  1. Menyingkirkan barang tidak berguna di kamar mandi 

Singkirkan barang-barang tidak berguna atau barang pribadi dari kamar mandi sebelum tamu datang. Banyaknya handuk, botol, dan berbagai produk pribadi yang kamu gunakan dapat membuat tamu bingung dan pemandangan kamar mandi pun jadi tidak indah. 

Sediakan hanya produk yang dibutuhkan saja, yaitu satu sabun, satu sampo, dan satu handuk. Untuk berjaga-jaga jika tamu menginap, kamu juga bisa menyiapkan sikat gigi baru bagi tamu. Pastikan juga ada cukup tisu toilet yang tersedia di kamar mandi. 

Baca Juga :

Jangan Taruh 6 Benda Ini Sembarangan Jika Tidak Ingin Tamu yang Datang Jadi Canggung

Untuk Para Mama Muda, Inilah Inspirasi Gaya Busana Pasca Melahirkan

Make Up Artist Hollywood Di Met Gala 2019 Bagus Kan Girls? Check MUA nya Yuk!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Aneh Tapi Efektif untuk Menyimpan Makanan

Setiap orang pasti punya waktu tertentu untuk membeli