Ketika kita sudah akrab dengan seseorang, kita akan leluasa mengajaknya untuk singgah ke rumah, bahkan melakukan aktivitas bersama. “Santai saja, anggap seperti rumah sendiri”, itulah ungkapan populer yang kerap diucapkan ketika menyambut tamu.

Tapi, tahukah kamu?

Ada beberapa barang yang mungkin berserakan di rumah kamu dan bisa membuat tamu yang datang menjadi canggung, tidak peduli seberapa akrab kamu dengan dia.

Untuk menghindari that awkward moment, jangan taruh barang-barang berikut secara sembarangan:

  1. Buku khusus

Bisa jadi kamu memiliki hobi untuk mengoleksi buku supranatural, buku hipnotis, cerita psikopat, dll. Tentu saja kamu bebas membaca apa saja yang kamu inginkan. Mungkin saja kamu melakukannya untuk bersenang-senang. 

Tapi jika buku yang tidak wajar ini berserakan di sekitar rumah kamu, tamu yang datang bisa merasa canggung, bahkan bisa curiga terhadap kamu, terutama jika tamu kamu tidak mengenal kamu dengan baik. Sebaiknya, jika hendak menerima tamu, kamu singkirkan dulu hal-hal yang sangat pribadi seperti buku khusus kesukaanmu.

  1. Perlengkapan toilet tidak lengkap

Ketika seseorang bertamu, tentu saja akan ada momen di mana tamu menggunakan kamar mandi kamu. Untuk itu, pastikan semua peralatan di toilet lengkap, mulai dari sabun, sikat toilet, tisu, dan lainnya.

Karena, jika tamu harus mencari atau meminta alat-alat tersebut kepadamu, suasana akan menjadi sangat canggung dan tidak nyaman. 

  1. Suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin

Ketika suhu ruangan di kantor atau ruang publik terasa terlalu panas atau terlalu dingin, orang bisa dengan mudah mengadukan masalah tersebut dan meminta agar suhu disesuaikan dengan situasi yang ada. 

Tetapi, akan berbeda jika kita bertamu. Tentu saja akan terasa sangat canggung untuk meminta tuan rumah menurunkan atau menaikkan suhu di rumah mereka. Jadi, untuk menghindari kejadian yang canggung ini, sebaiknya kamu atur agar suhu ruangan nyaman. Jangan terlalu panas, juga jangan terlalu dingin.

  1. Mengenalkan tamu dengan hewan peliharaan

Perlu diketahui, tidak semua orang suka dengan binatang. Meskipun kamu ingin memamerkan kepada dunia bahwa kamu memiliki kucing, anjing, kelinci, atau hewan peliharaan lain yang lucu dan menggemaskan, tahanlah untuk tidak memaksa mengenalkan mereka pada tamu kamu.

Karena, beberapa orang pada umumnya takut pada binatang dan bisa menjadi stres atau panik saat bertemu dengan hewan peliharaan kamu. Atau, mereka ternyata mengalami alergi terhadap binatang. Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, jangan perkenalkan hewan peliharaan kamu, kecuali tamu kamu yang menanyakannya terlebih dahulu. 

  1. Barang pribadi berserakan di mana-mana

Hati-hati dengan barang pribadi kamu. Jangan sampai tamu kamu melihat pakaian dalam kamu, alat kontrasepsi, pembalut, sisir penuh rambut rontok atau barang-barang pribadi lainnya. Hal ini akan membuat suasana menjadi sangat canggung.

Jadi, sebelum terima tamu, sebaiknya kamu pastikan barang pribadi kamu ada di tempat yang aman dan tidak terlihat oleh para tamu yang datang. 

  1. Alat makan kamu bernoda atau masih kotor

Saat menyambut tamu, tentu kamu akan memberikan suguhan kepada tamu kamu, entah itu menawarkan minuman, makanan, atau bahkan memasak bersama. Untuk itu, akan terasa sangat canggung dan tidak nyaman ketika tamu mendapati ada alat makan kamu yang kotor, bernoda, atau berdebu. Jadi, pastikan alat makan di rumah kamu bersih dan rapi, demi kenyamanan bersama. 

Baca Juga :

Situasi Canggung yang Biasa Dihadapi Pasangan Baru! Jadi Waspadalah

Jomblo Moment Ini Benar-Benar Canggung dan Menyebalkan! Apa Kamu Masih Ngotot Juga Memilih Sendiri?

Canggung di Sosial Media? Ini Cara Praktis dan Cerdas Mengatasinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Wifi di Rumah Lemot? Coba 7 Tips Ini untuk Memperbaikinya

Satu tahun belakangan ini, pengguna internet meningkat pesat