Sakit perut adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling umum. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Entah itu perut nyeri akibat maag, asam lambung, sembelit, diare, bahkan usus buntu. Ada banyak alasan berbeda yang bisa menyebabkan rasa sakit di area perut. Itulah mengapa, kamu perlu mengidentifikasi organ tubuh mana yang bermasalah.

Berikut adalah beberapa anatomi singkat yang bisa menjelaskan organ mana yang bermasalah saat kamu mengalami sakit perut :

  1. Sakit perut bagian kanan atas 

Bagian kanan atas perut berisi kandung empedu dan organ hati. Jadi, jika kamu mengalami sakit atau nyeri perut di bagian kanan atas, kemungkinan penyebabnya berhubungan dengan organ empedu atau hati. 

Jika kamu tiba-tiba merasakan nyeri hebat yang menjalar sampai ke bahu kanan dan nyeri itu muncul setelah makan makanan berlemak yang berat, kamu memiliki risiko mengalami batu empedu.

Apabila nyeri tajam atau kram yang menyebar ke bahu kanan atau punggung itu berlangsung selama beberapa jam, maka gejala itu dapat mengindikasikan kolesistitis atau radang kandung empedu.

Rasa nyeri yang datang dan pergi biasanya menunjukkan bahwa kamu menderita hepatitis, atau kondisi peradangan hati.

  1. Sakit perut bagian tengah atas

Bagian perut kamu ini termasuk duodenum, yaitu bagian pertama dari usus kecil, dan sebagian besar pankreas kamu juga terletak di sini.

Jika kamu sering mengalami nyeri pada perut bagian tengah atas, yang menjalar ke nyeri punggung dan semakin parah saat makan, terutama makanan yang tinggi lemak, ini mungkin tanda pankreatitis.

Apabila nyeri hebat di area ini disertai mual, muntah, diare, dan pembengkakan perut, maka hal itu mungkin disebabkan oleh hernia epigastrik.

Jika kamu mengalami rasa terbakar di dada bersama dengan gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, rasa asam di mulut, gas berlebihan, mual, muntah, dan kembung, maka ini biasanya mengindikasikan mulas atau dispepsia.

Sementara itu, jika kamu menderita sakit maag yang semakin parah saat kamu membungkuk atau berbaring, ditambah dengan gejala nyeri dada dan sendawa, kamu mungkin mengalami hernia hiatus.

  1. Sakit perut bagian kiri atas

Bagian terbesar dari perut kamu berada di perut bagian kiri atas, jadi perasaan yang tidak biasa di area ini biasanya mengindikasikan masalah pada organ ini.

Nyeri hebat yang disertai mual atau muntah mungkin merupakan tanda gastritis atau radang perut kamu. Kemudian, nyeri dengan sensasi terbakar yang biasanya lebih parah saat kamu dalam kondisi perut kosong bisa jadi disebabkan oleh masalah lambung.

  1. Sakit perut bagian tengah, di sisi kiri dan kanan 

Ginjal kamu terletak di bagian kanan dan kiri perut kamu di setiap sisi tulang belakang. Tapi terkadang, rasa sakit di area ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada usus besar kamu.

Nyeri di perut bagian tengah, baik itu sisi kiri maupun sisi kanan, yang menjalar ke punggung dan disertai demam, menggigil, diare, dan mual, bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita infeksi ginjal.

Sedangkan, nyeri hebat yang menjalar ke perut bagian bawah dan muncul secara bergelombang, bisa menandakan adanya batu ginjal. Kamu mungkin juga mengalami mual, muntah, demam, buang air kecil terus-menerus, dan terdapat darah di urine kamu.

Jika kamu mengalami nyeri dengan atau tanpa kembung yang muncul bersamaan dengan feses yang keras dan kering,  itu mungkin merupakan gejala sembelit.

  1. Sakit perut bagian tengah

Perasaan tidak nyaman atau sakit di bagian tengah perut, memiliki hubungan erat dengan masalah di usus kecil dan usus besar kamu.

Sakit perut dan kram yang disertai diare parah, kelelahan, demam, dan penurunan berat badan menandakan penyakit radang usus.

Jika kamu mengalami nyeri bersamaan dengan muntah, diare, dan ketidakmampuan untuk buang angin atau buang air besar, itu mungkin merupakan tanda awal dari obstruksi usus kecil.

  1. Sakit perut bagian kanan bawah

Perut bagian kanan bawah memuat usus buntu, yaitu organ kecil yang menyimpan bakteri baik, mendorong pencernaan yang baik, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu mengalami nyeri hebat di area ini, disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam, maka ini adalah gejala paling umum dari radang usus buntu. Kamu membutuhkan perawatan medis segera, sebelum radang semakin parah.

  1. Sakit perut bagian tengah bawah

Kandung kemih dan organ reproduksi kamu terletak di bagian ini. Jadi, jika kamu mengalami kram di perut bagian tengah bawah, disertai dengan sensasi terbakar saat buang air kecil, dan terjadi perubahan warna urine, maka gejala ini bisa mengindikasikan infeksi kandung kemih.

Apabila kamu mengalami nyeri panggul yang datang secara tiba-tiba dan berlangsung berbulan-bulan, maka gejala ini bisa mengindikasikan masalah pada organ reproduksi kamu.

  1. Sakit perut bagian kiri bawah 

Sebagian besar usus besar kamu terletak di perut bagian kiri bawah. Itulah sebabnya jika kamu memiliki masalah dengan usus besar, maka kemungkinan kamu akan mengalami nyeri di perut bagian kiri bawah.

Sakit perut yang disertai kram, kembung, gas berlebih, diare atau sembelit, bisa jadi merupakan gejala sindrom iritasi usus besar.

Untuk diingat, informasi yang dilansir dari Bright Side ini hanyalah untuk tujuan informatif bagi pembaca. Jika kamu merasakan gejala-gejala yang ada di atas, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan perawatan medis yang optimal.

Baca Juga :

10 Tips Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

6 Olahraga Efektif Untuk Menurunkan Lemak Perut, Hanya 10 Menit Saja Loh!

6 Cara Menghentikan Perut yang Sering Berbunyi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang