Menstruasi adalah siklus bulanan wanita yang bisa jadi sangat menyebalkan dan menyakitkan. Hampir semua wanita pernah mengalami kram saat menstruasi, bahkan jika itu hanya sekali dalam seumur hidup. Memang ada wanita di luar sana yang beruntung dengan siklus normal yang tidak menyakitkan dan menyiksa, tapi banyak di luar sana yang harus menderita setiap bulan akibat kram saat menstruasi. 

Kram yang menyakitkan sering kali membuat para wanita ingin berganti tubuh dengan pria agar tidak mengalami rasa sakit setiap bulan.  Tapi, tenang, kamu tidak perlu buru-buru ingin menjadi pria hanya karena sakit menstruasi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu tentang cara menghindari kram menstruasi :

  1. Mandi air hangat

Suhu panas dapat membantu meredakan nyeri haid, loh. Selain itu mandi juga merupakan cara yang bagus untuk bisa bersantai baik secara fisik maupun mental. Isi bak mandi kamu dengan air panas, tambahkan garam mandi dan minyak esensial jika perlu, kemudian tuangkan 2-3 sendok makan jahe bubuk, nyalakan musik favorit kamu, buat sendiri secangkir teh, dan nikmati mandi air hangat untuk meredakan nyeri haid.

  1. Pijat perut kamu dengan minyak esensial

Studi membuktikan bahwa pijatan dengan minyak esensial dapat meredakan nyeri saat wanita sedang menstruasi. Berikut beberapa teknik pijat untuk membantu kamu bertahan dari kram menstruasi :

  • Letakkan telapak tangan kamu di tengah perut, dan mulailah mengusap perut dengan membuat lingkaran besar, dengan sedikit tekanan. 
  • Letakkan jari tengah dan telunjuk kedua tangan tepat di atas pusar kamu, lalu tekan perut kamu. Buatlah gerakan dengan bentuk hati, bergerak ke atas, ke samping, dan ke bawah, lalu selesaikan gerakan bentuk hati di bawah pusar kamu. 
  • Letakkan tangan kamu di punggung, di bawah tulang rusuk, lalu gerakkan tangan kamu ke bawah, berikan tekanan, sampai kamu mencapai tulang ekor kamu.
  • Gosok perut bagian bawah dengan kedua tangan kurang lebih 30 kali.
  1. Minum teh herbal

Teh herbal adalah sesuatu yang telah diminum orang selama berabad-abad, karena khasiat penyembuhan alaminya. Meskipun memanfaatkan teh untuk meredakan nyeri mungkin tampak aneh bagi sebagian orang, para ilmuwan telah membuktikan manfaat teh kamomil dalam menyembuhkan hal-hal seperti kram menstruasi. Teh mengandung glisin, yang meredakan kejang otot, sehingga akan membantu mengendurkan rahim. 

  1. Berhubungan seks

Menurut berbagai penelitian, seks mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meredakan sakit kepala, bahkan meningkatkan daya ingat. Kamu mungkin tahu bahwa orgasme dapat menyebabkan pelepasan noradrenalin, serotonin, endorfin, dan dopamin, yang membantu mengurangi persepsi rasa nyeri. Aliran darah ke alat kelamin dan stimulasi vagina dapat memiliki efek yang yang sama dengan mengendurkan otot. Terlebih lagi, seks juga dapat membuat tubuh kamu lebih cepat mengeluarkan darah menstruasi karena kontraksi yang kamu alami saat orgasme, sehingga memperpendek periode menstruasi kamu.

  1. Tidur nyenyak

Kita semua tahu bahwa tidur itu penting bagi kesehatan kita. Tapi, tidur selama menstruasi bisa menjadi sebuah perjuangan yang berat. Tentu semua itu karena kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati yang tidak tentu. Bantal favorit kamu tiba-tiba menjadi tidak nyaman, dan kasur kamu pun rasanya tidak nyaman. Kemudian di pagi hari, kamu merasa lemas dan selalu ingin marah bahkan karena hal sepele sekalipun.

Ternyata, ada tips supaya kamu bisa tidur nyenyak selama menstruasi. Para ahli merekomendasikan untuk tidur dalam posisi janin karena posisi ini dapat melemaskan otot-otot di sekitar perut dan mengurangi rasa sakit. 

  1. Jika tips di atas tidak membantu, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri

Ketika semua sudah kamu lakukan tetapi kamu masih saja nyeri, kamu boleh meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau aspirin. Obat ini akan membantu kamu meredakan nyeri dengan memblokir siklooksigenase. Ini akan mengurangi produksi prostaglandin, zat yang membuat kamu lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Namun, kamu harus ingat bahwa ketergantungan pada obat itu tidak baik. Jika kamu merasa sangat tergantung pada obat, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

6 Mitos Menstruasi yang Paling Populer

Ingin berenang tapi sedang menstruasi? Berikut adalah 9 Tampon yang Sangat Cocok untuk Berenang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Mempertahankan dan Menyelamatkan Hubungan

Kebahagiaan dan kepuasan dalam suatu hubungan bergantung pada