Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang siklus menstruasi. Wanita akan kehilangan mineral dan vitamin esensial ketika mengalami pendarahan. Untuk mengembalikan mineral dan vitamin yang hilang, para ahli merekomendasikan para wanita untuk menjalani pola makan seimbang. Produk makanan tertentu dapat membantu kamu mempertahankan nutrisi yang diperlukan tubuh dan dapat mengurangi masalah seperti kram, bengkak, sakit kepala, mual, dan kelelahan akibat menstruasi.

Berikut ini adalah makanan yang BAIK untuk dikonsumsi saat menstruasi :

  • Brokoli

Zat besi adalah mineral yang paling banyak hilang selama menstruasi. Nah, Brokoli akan membantu kamu dalam hal ini. Selain mengandung banyak zat besi, brokoli juga kaya akan serat, magnesium, dan kalium yang akan membantu mengurangi kembung, melancarkan proses pencernaan, dan mengendurkan otot jika kamu menderita kram selama menstruasi.

  • Pisang

Pisang bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk ngemil selama menstruasi. Buah ini kaya akan potasium, magnesium, dan serat. Ketiga nutrisi ini akan membantu kamu mengatasi masalah buang air besar yang tidak teratur, diare, dan mengidam camilan saat sedang menstruasi.

  • Dark Chocolate

Jika kamu membutuhkan alasan yang masuk akal untuk makan cokelat, inilah alasan yang tepat! Kamu boleh makan coklat selama menstruasi, tapi kamu harus makan dark chocolate ya! Dark chocolate mengandung banyak mineral sehat seperti zat besi, magnesium, antioksidan, dan flavanol. Coklat jenis ini dapat melancarkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

  • Salmon

Salmon harus dimasukkan dalam menu makan kamu karena mengandung asam lemak omega-3 yang sehat dan juga kaya akan sumber protein. Makan salmon selama menstruasi dapat mengurangi peradangan, meredakan kram, dan mengatur siklus menstruasi.

  • Jahe

Jahe sangat baik untuk mengatasi peradangan dan membantu kamu mengurangi nyeri haid. Tambahkan jahe segar ke dalam teh yang kamu minum di pagi atau sore hari jika kamu mengalami kram saat menstruasi.

  • Jeruk dan lemon

Kamu perlu makan lebih banyak buah untuk meningkatkan asupan vitamin dan mengurangi keinginan untuk makan gula selama menstruasi. Buah jeruk sangat baik untuk dikonsumsi. Selain mengandung vitamin, buah ini juga mengandung banyak serat dan air yang akan menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dan melancarkan pencernaan.

Meskipun kamu mungkin akan mengeluh akan hal ini, tapi inilah makanan dan minuman yang TIDAK BAIK dikonsumsi selama kamu menstruasi :

  • Susu

Sebisa mungkin, kamu harus menghindari produk susu jika kamu mengalami kram dan sakit perut selama menstruasi. Susu mengandung laktosa, sejenis gula tertentu yang sulit dicerna oleh sebagian orang. Laktosa dapat menyebabkan kembung, sakit perut, dan mual.

  • Permen dan camilan

Camilan favorit memang bisa meningkatkan mood kamu, apalagi saat mood tidak stabil akibat menstruasi. Tetapi, berita buruknya, camilan dan permen bisa menyebabkan kembung, gas, dan peradangan karena jumlah gula yang adal di dalamnya. Tubuh kamu sudah mengalami cukup banyak masalah, mulai dari kehilangan darah dan juga kehilangan mineral penting. Jadi, usahakan untuk menghindari gula buatan dan pilihlah gula alami yang bisa kamu dapatkan dari buah.

  • Kafein

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika kamu mengonsumsi kafein pada saat menstruasi, kamu bisa memperpanjang durasi menstruasi kamu dan pada beberapa kasus, kafein bahkan bisa menyebabkan amenorea, yaitu berhentinya menstruasi.

  • Makanan pedas

Mungkin kamu kerap ngidam makanan pedas saat menstruasi, benar kan? Tapi ternyata, makan makanan pedas dapat menambah tekanan pada perut kamu. Jika kamu masih sangat ingin makan makanan pedas, kamu bisa tetap makan makanan pedas tapi perhatikan tingkat kepedasan dan porsinya.

Jika kamu makan dengan bijak, beberapa bumbu pedas mungkin sebenarnya berguna untuk tubuh kamu selama masa menstruasi. Misalnya, cabai segar memiliki efek anti radang, dan kunyit dapat menyembuhkan gangguan sistem pencernaan.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/6-mitos-menstruasi-yang-paling-populer/

https://www.tampilcantik.com/ingin-berenang-tapi-sedang-menstruasi-berikut-adalah-9-tampon-yang-sangat-cocok-untuk-berenang/

https://www.tampilcantik.com/7-hal-mengejutkan-yang-seharusnya-tidak-pernah-kamu-lakukan-saat-menstruasi/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Jenis Tata Krama yang Wajib Diketahui Para Wanita Sejati

Tata krama atau aturan etiket bisa berbeda di