Senyuman dapat membuat kamu semakin cantik dan menarik, tapi juga dapat menghancurkan kamu. Faktanya, mayoritas orang mengatakan bahwa senyuman adalah hal pertama yang mereka nilai saat pertama kali bertemu seseorang. 

Meskipun kebanyakan dari kita bermimpi memiliki senyuman layaknya seleb Hollywood, banyak dari kita yang tidak berusaha atau tidak melakukan apa-apa untuk mendapatkannya. Alih-alih berusaha mempercantik gigi dan mulut, kita justru rajin minum kopi dan melakukan kebiasaan lain yang dapat menodai gigi tanpa kita sadari.

Berikut adalah daftar kebiasaan buruk yang bisa menodai gigi dan menghancurkan senyuman cantikmu:

  1. Kamu menambahkan selai atau buah beri segar saat memanggang kue

Meskipun buah beri segar dapat bermanfaat bagi kesehatan, tapi buah ini juga terkenal dapat menyebabkan noda pada gigi. Banyak orang yang sudah sadar bahwa memakan buah beri gelap dapat memengaruhi kecerahan gigi. Tapi tidak banyak yang sadar bahwa mengonsumsi buah beri yang sudah dipanggang, atau buah beri dalam kue, selai, dan jeli, juga dapat menyebabkan gigi terlihat kotor. 

Tapi tenang, hal ini tidak berlaku untuk stroberi. Jadi, bagi kamu yang suka stroberi, kamu tetap bisa memakan stroberi segar tanpa perlu khawatir. Karena stroberi justru memiliki efek yang dapat membersihkan dan merawat gigi.

  1. Kamu jarang minum es teh 

Es teh adalah minuman favorit sejuta umat di Indonesia. Ternyata bukan tanpa alasan, selain rasanya yang khas dan menyegarkan, es teh juga bermanfaat untuk merawat gigi dan mulut, loh. Alih-alih minum soda manis atau minuman ringan lain yang dapat merusak enamel gigi, memilih es teh justru akan mempertahankan warna gigi putih kamu. 

Mengapa demikian? Karena es teh mengandung asam malat, yaitu senyawa organik yang juga ditemukan dalam stroberi yang memiliki sifat pemutih yang kuat. Selain itu, es teh juga mampu meningkatkan produksi air liur, yang pada gilirannya dapat membantu melawan kerusakan gigi dan mencegah perubahan warna pada gigi.

  1. Kamu terlalu sering berenang

Jika kamu seorang atlet renang atau seseorang yang hobi berenang sampai menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, maka kemungkinan besar kamu akan menemukan tumpukan noda kecokelatan pada gigi.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Saat kamu berenang, kamu mungkin secara tidak sengaja membiarkan air masuk ke mulut kamu. Nah, bahan kimia yang terkandung dalam air kolam dapat menyebabkan noda pada gigi kamu.

Meskipun klorin membantu menghilangkan bakteri di dalam air, tapi bahan ini dapat mengubah gigi kamu menjadi kuning atau coklat. Klorin juga bisa melemahkan email, yang dapat membuat gigi kamu menjadi terlalu sensitif.

  1. Kamu rutin menggunakan obat kumur

Obat kumur digunakan untuk memberikan napas segar, tetapi sebaiknya periksa label komposisi obat kumur sebelum membelinya. Beberapa bahan dalam obat kumur dapat bereaksi dengan senyawa pewarna dalam makanan, dan hal itu dapat menyebabkan pengumpulan warna ada gigi putih kamu.

Jika kamu tidak dapat hidup tanpa obat kumur, maka kamu perlu memilih jenis obat kumur yang tidak mengandung bahan klorheksidin atau kayu putih. Kamu juga harus ingat untuk tidak terlalu sering berkumur dengan obat kumur. Kamu cukup berkumur sebelum tidur di malam hari saja. 

  1. Kamu menggunakan sikat gigi yang terlalu kuat

Menggunakan sikat gigi yang keras tidak akan membuat gigi kamu menjadi lebih putih. Sebaliknya, jika kamu menyikat gigi terlalu agresif dengan sikat gigi yang keras, kamu berisiko merusak enamel gigi kamu. Hal ini, pada akhirnya akan membuat gigi kamu lebih rentan terhadap noda dan kerusakan.  

Sebaiknya, kamu memilih sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut, terlebih jika kamu menderita gigi sensitif. Selain itu, jangan lupa untuk segera mengganti sikat gigi baru jika bulu-bulu di sikat gigi kamu sudah menyebar dan tak beraturan. 

  1. Stres

Tahukah kamu? Saat kita berada di bawah banyak tekanan atau stres, kita mungkin secara naluriah akan mengertakkan gigi untuk melepaskan stres. Nah, jika terlalu sering melakukan gertakan gigi, kita mungkin akan merusak gigi tanpa menyadarinya. Kebiasaan ini tidak hanya dapat melemahkan enamel gigi dan membuat gigi jadi kuning dan rapuh, tapi juga bisa membuat kita jadi sakit kepala atau bahkan sakit rahang. 

Baca Juga :

Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Gigi Putih dan Sehat

Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Mendapatkan Gigi Putih dengan Cara yang Instant

Dapatkan Gigi Putih Secara Alami Hanya Dengan Bahan Dapur Kamu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang