Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia ini karena manfaatnya yang luar biasa banyak, termasuk dalam bidang kesehatan. Pisang kaya akan magnesium yang dapat mencegah diabetes tipe 2. Pisang juga mengandung triptofan tingkat tinggi yang meningkatkan suasana hati dan membantu pengobatan depresi. Vitamin B6 juga membantu Anda tidur nyenyak. Kalium dalam pisang juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pada pria. Satu porsi pisang memiliki sekitar 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Secara alami bebas lemak, kolesterol, dan sodium. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa scroll ke bawah untuk mengetahui manfaat lain dari pisang dari segi kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah laporan dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa kadar potasium yang rendah dapat menyebabkan gangguan pada irama jantung. Pisang, yang kaya akan potasium, dapat membantu mengatasi masalah ini.

Jantung adalah otot polos yang bergantung pada kalium untuk kontraksi dan ekspansi yang tepat. Kadar kalium yang rendah, suatu kondisi yang disebut hipokalemia, dapat menyebabkan jantung berdebar-debar.

Penelitian baru menunjukkan bahwa satu pisang sehari dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga sepertiga. Ini juga dapat dikaitkan dengan kebiasaan gaya hidup sehat lainnya seperti tidak merokok dan olahraga teratur.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Pisang juga kaya akan vitamin B6, yang meningkatkan fungsi kognitif. Dalam satu studi oleh Tuft’s University, pria dengan konsentrasi vitamin B6 yang lebih tinggi tampil lebih baik dalam tes memori. Dan magnesium dalam pisang memfasilitasi aktivitas listrik antara sel-sel saraf di otak Anda.

Lebih penting lagi, sel-sel di otak Anda menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Karena otak kita tidak dapat menyimpan glukosa, kita harus menyediakannya secara teratur. Pisang (karena mengandung serat) melepaskan gulanya secara perlahan ke dalam aliran darah, dan tubuh Anda menggunakan gula ini lebih bertahap daripada gula rafinasi (kue kering dan permen, dll.) – ini memberikan pasokan glukosa yang stabil ke otak Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menurut National Osteoporosis Foundation, potasium dalam pisang baik untuk kesehatan tulang. Pisang juga merupakan sumber silikon yang baik, yang menurut studi pendahuluan tertentu, dapat berkontribusi pada kesehatan tulang. Dan magnesium dalam buah adalah nutrisi penting lainnya untuk struktur tulang.

Makanan kaya kalium juga menghasilkan alkali dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan asam basa. Hal ini penting untuk dicatat karena ketika tubuh bersifat asam, tulang mendapatkan sinyal untuk menetralkan asam – dan tulang cenderung mencapai hal ini dengan memecah untuk melepaskan alkali. Tetapi makanan kaya kalium dapat mencegah hal ini dan memungkinkan tulang untuk mempertahankan strukturnya. Dengan kata lain, konsumsi kalium dapat mencegah hilangnya kalsium dari tulang.

4. Membantu Mengobati Diare

Pisang membantu dalam pengobatan diare melalui penggantian elektrolit. Karena buah ini kaya akan potasium, buah ini dapat membantu menggantikan potasium yang hilang. Anda cukup makan pisang untuk mendapatkan sedikit kelegaan. Anda kemudian dapat menambahkan sejumput garam ke dalam air dan meminum campuran tersebut – ini akan membantu menggantikan natrium dan klorida yang hilang.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang membantu mengembalikan fungsi usus normal. Dan karena mereka kaya serat, itulah yang harus Anda cari untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kelancaran fungsi saluran pencernaan Anda tergantung pada ototnya – ia berkontraksi dalam pola seperti gelombang (proses yang disebut peristaltik). Dan kalium memainkan peran utama dalam fungsi otot, itulah sebabnya ia dapat membantu dalam proses ini.

Pisang kaya akan serat tidak larut dan serat larut. Yang pertama menambahkan jumlah besar ke makanan Anda dan membantu gerakannya yang mulus – ini juga membantu Anda merasa kenyang setelah makan. Serat larut meningkatkan kesehatan usus Anda. Ini juga memperlambat penyerapan lemak dan karbohidrat, menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang sehat.

6. Mengobati Mabuk

Kalium adalah salah satu mineral yang hilang setelah konsumsi alkohol, dan ini juga menyebabkan dehidrasi. Anda dapat menikmati milkshake pisang yang dimaniskan dengan madu – cara cepat mengatasi mabuk. Pisang menenangkan perut, dan madu mengisi kembali kadar gula yang habis. Dan susu menenangkan dan merehidrasi tubuh Anda.

Vitamin B1 dan B6 adalah dua nutrisi yang kadarnya turun setelah konsumsi alkohol – pisang kaya akan nutrisi ini dan dapat membantu memperbaiki gejala mabuk. Glukosa dan elektrolit dalam pisang juga membantu mengobati mabuk.

Baca Juga :

Jangan Dibuang! Inilah 8 Manfaat Tak Terduga dari Kulit Pisang

Inilah 7 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh, Jika Kamu Makan 2 Pisang Setiap Hari

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Manfaat Masker Pisang Yang Fenomenal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang