Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh manusia. Dan seiring dengan kesehatan secara keseluruhan, penglihatan kita juga dapat merosot seiring bertambahnya usia, kekurangan nutrisi, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan terlalu banyak terpapar cahaya terang dan gadget. Oleh karena itu, menjadi penting untuk menjaga kesehatan mata kita dengan beberapa nutrisi yang kuat.

Nutrisi berikut membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata Anda dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia:

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata, dan menjaga mata tetap kuat. Ini adalah vitamin yang bertanggung jawab untuk menerima cahaya di mata. Ini memperkuat sel fotoreseptor mata kita, yang berfungsi untuk menerima cahaya.

Vitamin A biasanya terdapat pada produk hewani seperti kuning telur, ayam dan produk susu. Namun, kita bisa mendapatkan vitamin A dari senyawa antioksidan yang disebut provitamin A karotenoid, seperti beta karoten, yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada kangkung, bayam dan wortel.

  1. Asam lemak Omega 3 dan Omega 6

Asam lemak Omega 3 yang dirantai panjang, EPA dan DHA sangat penting untuk kesehatan mata. DHA ditemukan di bagian mata kita yang disebut retina, yang membantu menjaga fungsi mata. DHA juga penting untuk kesehatan otak yang optimal, oleh karena itu penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Kekurangan EPA dapat menyebabkan kekeringan pada mata kita. Sumber makanan terbaik EPA dan DHA adalah ikan berminyak. Selain itu, suplemen omega-3 yang berasal dari ikan atau alga mikro tersedia secara luas.

  1. Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin berfungsi sebagai tabir surya alami. Mereka diasumsikan memainkan peran sentral dalam melindungi mata dari sinar biru dan sinar ultra violet yang berbahaya. Kedua vitamin ini sangat penting dalam menyembuhkan penyakit mata. Mereka biasanya terjadi bersama-sama dalam makanan. Bayam, kangkung, peterseli, pistachio, almond, dan kacang hijau adalah beberapa sumber terbaik.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan mata yang optimal karena memelihara humor berair mata. Mata membutuhkan diet kaya antioksidan yang optimal untuk mendukung kesehatan mata. Vitamin C dalam jumlah tinggi ditemukan di banyak buah dan sayuran, termasuk paprika, buah jeruk, jambu biji, lemon, limau, amla, gooseberry, kangkung, dan brokoli.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin esensial berikutnya untuk mendukung kesehatan mata dan kulit yang optimal. Konsumsi makanan kaya vitamin E secara optimal dapat mencegah katarak juga. Sumber makanan terbaik vitamin E termasuk almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati seperti minyak biji rami.

  1. Seng

Seng ditemukan terlibat dalam pembentukan pigmen visual di retina Anda. Untuk alasan ini, kekurangan seng dapat menyebabkan rabun senja. Oleh karena itu, diet kaya seng atau konsumsi suplemen seng mencegah rabun senja pada orang.

Sumber makanan alami seng termasuk daging, biji labu, dan kacang tanah.

Baca Juga :

Skincare dengan Bahan Aktif Hyaluronic Acid? Amankah?

8 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Minyak Ikan

Makan 2 Butir Telur Sehari: Baik atau Buruk?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Tips Efektif Menurunkan Lemak Perut

Jika Anda pernah terjebak dalam kerusuhan inci ekstra