Noda hitam, bintik hitam, atau flek hitam yang muncul pada kulit disebabkan karena beberapa faktor, termasuk paparan sinar matahari, peradangan, perubahan hormon, konsumsi obat kimia, dan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit hati, misalnya. Selain itu, penuaan juga bisa menjadi faktor munculnya flek hitam pada kulit wajah. 

Namun, kamu tidak perlu panik jika mendapati flek hitam bermunculan di kulit, karena ada perawatan alami yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan flek hitam. Berikut beberapa skincare alami yang bisa kamu coba di rumah : 

  1. Skincare dengan Kentang

Salah satu bahan alami yang bisa membantu memutihkan flek hitam pada kulit adalah kentang. Caranya, kamu perlu mengiris kentang menjadi tipis-tipis, atau membuat jus kentang, kemudian oleskan kentang pada area kulit yang mengalami flek hitam. 

Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas kulit kamu dengan air sampai bersih. Kamu akan melihat hasilnya jika rutin melakukan skincare ini setiap hari selama seminggu. 

  1. Skincare dengan Aloe Vera

Aloe Vera memiliki sifat anti-penuaan dan nutrisi bagi kulit sehingga menjadi obat yang luar biasa untuk mengatasi noda hitam. Cara perawatannya adalah potong daun lidah buaya menjadi dua bagian, kemudian oleskan gel Aloe Vera pada kulit yang mengalami bintik hitam. 

Biarkan beberapa menit sampai gel Aloe Vera mengering, kemudian bilas dengan air. Ulangi perawatan ini setiap hari sampai noda hitam di kulit kamu hilang. 

  1. Skincare dengan Kulit Jeruk 

Baik buah keruk maupun kulit jeruk, keduanya mengandung Vitamin C dalam jumlah besar. Nah, kulit jeruk menjadi pilihan sempurna yang dapat kamu gunakan untuk perawatan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam.

Cara perawatannya adalah mengeringkan kulit jeruk dan memblender kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Selanjutnya, campurkan 1 sendok makan (sdm) bubuk kulit jeruk dengan 3 sdm susu hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit wajah sebagai masker, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

  1. Skincare dengan Lemon

Sama seperti jeruk, Lemon juga kaya akan vitamin C sehingga memiliki sifat memutihkan yang kuat. Cara perawatan dengan lemon adalah membuat jus lemon, kemudian oleskan jus lemon segar dengan kapas ke area kulit yang memiliki bintik hitam. Biarkan beberapa menit sampai jus lemon mengering, lalu bilas dengan air. 

Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa menambahkan jus lemon dengan madu agar kulit lebih cerah dan ternutrisi. Lakukan perawatan ini setiap hari selama setidaknya 2 minggu. 

  1. Skincare dengan Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil atau minyak kepala murni adalah obat ajaib yang bisa membantu kamu menghilangkan flek hitam di kulit. Hal ini karena minyak kelapa mengandung nutrisi anti bakteri dan pelembab. 

Cara perawatannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang memiliki flek hitam. Biarkan kulit kamu menyerap minyak dengan membiarkannya selama beberapa menit.  

  1. Skincare dengan Nanas 

Nanas adalah buah dengan kandungan asam alami yang efektif untuk memutihkan kulit. Jika ingin memutihkan flek hitam, buatlah jus nanas, kemudian oleskan jus nanas pada kulit menggunakan kapas. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

Jika tidak ingin membuat jus nanas, kamu juga bisa memotong nanas menjadi potongan kecil-kecil lalu mengoleskannya atau menggosokkan nanas dengan lembut pada area kulit yang memiliki flek hitam. 

Baca Juga :

5 Penyebab Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Yuk, Ketahui Flek Hitam Secara Lebih Mendalam

Madu Bisa Hilangkan Flek Hitam, Benarkah Demikian?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat