Saat orang yang kita cintai sedang mengalami kesulitan, tentu kita ingin ada bersama mereka dan menemani mereka untuk membantu melalui masa sulit. Tapi, terkadang kita tidak sadar apakah dia sedang tidak baik-baik saja. Kita tahu, bahwa tidak semua orang menunjukkan perasaan mereka yang sebenarnya kepada orang lain. Bisa saja dia tertawa di depan kamu, tapi sebenarnya menyimpan banyak luka yang perlu diobati.

Untuk itu, perhatikan beberapa tanda yang menunjukkan seseorang tidak sedang baik-baik saja. Berikut tandanya :

  1. Terlalu banyak tidur atau tidak bisa tidur sama sekali

Tahukah kamu? Insomnia atau terlalu banyak tidur bisa menjadi tanda depresi. Jika kamu mendapat orang yang kamu cintai terus-menerus menguap, kelopak matanya terlihat berat, maka kemungkinan dia sedang mengalami gangguan tidur. Entah itu ingin tidur sepanjang hari, atau tidak bisa tidur sama sekali. 

  1. Emosi tiba-tiba meledak

Tentu semua orang perlu melampiaskan emosi. Tetapi kamu perlu memerhatikan karena ada perbedaan antara ekspresi yang sehat dan tidak sehat. Jika teman atau pasangan kamu mulai bereaksi berlebihan terhadap hal kecil, entah itu marah, sedih, atau terlalu bahagia, maka ini bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang tidak baik-baik saja. 

Meskipun sulit, tetapi jika kamu sudah mengenal dia dengan baik, kamu akan tahu kapan pelampiasan emosinya masuk kategori normal dan kapan tidak normal.

  1. Mengambil risiko atau berperilaku impulsif

Jika tiba-tiba dia mencoba aktivitas ekstrem, seperti bungee jumping misalnya, atau menjalani gaya hidup impulsif seperti tiba-tiba sering belanja yang tidak wajar, tiba-tiba ketagihan rokok maupun alkohol, maka saat itulah kamu perlu berbicara dengannya. Karena, ketika itu terjadi, kemungkinan besar dia sedang berjuang secara emosional.

  1. Penampilan berubah total

Salah satu perubahan yang paling mudah diperhatikan adalah penampilan. Bisa jadi orang yang kamu cintai tiba-tiba menjadi jauh lebih gemuk atau jauh lebih kurus. Selain itu, ada perubahan penampilan lain yang mungkin bisa menjadi tanda. Seperti misalnya, dia tidak lagi memerhatikan gaya rambut seperti biasanya, atau make up-nya berubah jadi berbeda dari biasanya.

  1. Enggan bersosialisasi

Semua orang membutuhkan waktu untuk sendiri, tetapi jika orang yang kamu cintai tiba-tiba enggan bersosialisasi, maka kamu perlu waspada. Satu kali dua kali menolak untuk bersosialisasi mungkin masih wajar, tetapi jika dia selalu menghindar saat akan bertemu orang, maka ini bisa jadi tanda bahwa dia sedang menutup diri. Perilaku anti sosial semacam ini dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang depresi. 

  1. Terlihat linglung

Ketika seseorang yang biasanya teliti, tiba-tiba menjadi linglung, maka ini bisa menjadi sinyal bahwa dia sedang tidak baik-baik saja. Misalnya, dia tampak kurang fokus dan merasa lupa menaruh kunci, padahal saat itu dua sedang memegang kunci. Kelinglungan yang tidak wajar seperti ini bisa menjadi tanda bahwa dia sedang berjuang menghadapi sesuatu yang tak dapat dikatakan kepada orang lain. 

Saat hal itu terjadi, kamu bisa mendekati dia dan menanyakan keadaannya. Mungkin dia membutuhkan tempat untuk menangis atau sekedar istirahat sejenak dari masalah yang dihadapinya.

Baca Juga :

Inilah 6 Kebiasaan yang Tidak Baik Bagi Kesehatan Gigi

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Walaupun Lezat, Tapi Makan Blueberry Berlebihan Juga Tidak Baik Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan