Sadarkah kamu bahwa rata-rata wanita menghabiskan waktu hampir 1 jam lamanya hanya untuk menyisir rambut dalam sehari? Menyisir rambut berantakan dan kusut serta mempersiapkannya untuk tampil rapi setiap hari memang bisa memakan banyak waktu.  Menghilangkan rambut kusut bisa sangat menyiksa dan membuat kamu frustrasi. 

Cobalah beberapa tips berikut ini agar kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk menyisir rambut kusut :

  1. Sisir rambut kamu dengan cara membagi rambut dalam beberapa bagian

Mengurai rambut adalah kegiatan yang sangat menyebalkan dan bahkan menyakitkan. Saat menangani rambut kusut dan berusaha melepaskan rambut kusut yang membandel, kuit kepala kamu sering kali tertarik dan rasa sakitnya bisa menyiksa, membuat kamu kesal di pagi hari. 

Nah, solusi mudahnya adalah dengan mengerjakan simpul kusut rambut dalam beberapa bagian. Trik ini mirip dengan memotong rambut atau mengecat rambut. Kamu hanya perlu membagi rambut kamu menjadi beberapa bagian kecil sebelum menyisirnya. Jika rambut kamu sangat kusut, coba gunakan jari terlebih dahulu kemudian baru kamu gunakan sisir bergigi jarang agar tidak terlalu sakit.

  1. Sisir rambut kamu dari bawah ke atas

Cara yang paling umum ketika orang-orang menyisir rambut adalah menyisir dari akar rambut di kepala kemudian turun ke ujung rambut. Tapi, tahukah kamu, cara ini ternyata keliru, terutama jika rambut kamu dalam kondisi kusut.

Dalam menangani rambut kusut, sebaiknya kamu mulai menyisir dari ujung rambut yang paling sering kusut, lalu lanjutkan ke bagian tengah rambut. Pegang rambut dengan satu tangan, sementara gunakan tangan lain untuk menyisir rambut supaya tidak terlalu sakit dan juga memudahkan kamu untuk menguraikan rambut yang kusut. 

Setelah semua kusut dihilangkan, kamu bisa melanjutkan dengan menyisir rambut dari akar ke ujung agar rambut kamu lebih rapi.

  1. Mencuci rambut di bagian kulit kepala

Saat keramas dengan sampo, sebaiknya kamu fokus hanya pada kulit kepala kamu saja. Gunakan ujung jari kamu untuk menggosok sampo, lalu bersihkan kulit kepala kamu dan akar rambut dengan lembut sambil memijat kulit kepala kamu. 

Cobalah untuk menghindari menggunakan sampo di bagian tengah atau ujung rambut karena sampo bisa menghilangkan minyak alami rambut kamu. Tanpa kamu fokus pada ujung atau tengah rambut pun, sisa sampo dari kulit kepala dan akar rambut akan membersihkan bagian ujung kok. Untuk hasil terbaik, cobalah sampo alami atau sampo organik yang bebas sulfat.

  1. Keringkan rambut kamu dengan lembut

Rambut kita sangat rentan dan mudah patah saat basah. Jadi, saat kamu mengeringkan rambut, kamu tidak boleh menggosok rambut dengan kasar atau  membungkusnya dengan handuk dengan kencang. Jika kamu melakukannya, maka akan semakin banyak simpul kusut di rambut kamu.

Untuk mencegah rambut patah dan kusut, kamu bisa meremas atau menepuk-nepuk rambut dengan lembut menggunakan handuk. Setelah itu, biarkan rambut kamu kering dengan sendirinya.

  1. Jangan menyisir rambut basah

Rambut akan berada di titik lemahnya saat dalam kondisi basah. Jadi, jangan sampai kamu menyakiti rambut kamu dengan menyisirnya dalam kondisi basah. Rambut kamu akan patah dan kusut jika kamu menyisirnya saat masih basah. Jika kamu perlu merapikan rambut basah kamu karena terburu-buru pergi, kamu bisa mengusap rambut dengan jari untuk menghilangkan kusut dan merapikannya. 

  1. Ikat rambut saat kamu aktif melakukan kegiatan 

Penting untuk diingat bahwa gerakan tubuh kamu dan hembusan angin yang dapat menyebabkan rambut jadi kusut. Jadi, jika kamu berencana untuk pergi keluar rumah, berolahraga, atau melakukan aktivitas fisik lainnya baik indoor maupun outdoor, maka ikatlah rambut kamu. Tapi ingat, jangan mengikat rambut terlalu kencang karena karet rambut bisa merusak rambut kamu dan membuat kamu jadi sakit kepala. 

Baca juga :

Rambut Keriting Kamu Sering Kusut? Segera Atasi Dengan Cara Ini Untuk Menghindari Rambut Kusut Kamu

Rambut Kamu Sering Kering Dan Kusut? Ini Dia Tips Alami Yang Dapat Membuat Rambut Kamu Sehat, Lembut Dan Indah

Jangan Menyisir Rambut dengan Cara Ini Jika Tidak Ingin Rambut Kamu Rusak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kondisi Bibir Ini Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Tahukah kamu? Bibir kita memiliki lebih dari 1.000.000